Otomotif
·
29 Oktober 2019 8:56

Motor Jadi Tempat Sarang Tikus, Simak Tips Pencegahannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Motor Jadi Tempat Sarang Tikus, Simak Tips Pencegahannya (202531)
Honda Scoopy kelir baru merah-putih Foto: dok. AHM
Sepeda motor yang diparkir terlalu lama dan hampir sering tak digunakan atau sekedar dipanasi, ternyata berpotensi untuk menjadi sarang tikus. Apalagi bisa lokasi kendaraan tersebut yang berada di luar rumah.
ADVERTISEMENT
Tentu saja selain menjijikkan ternyata juga bisa membahayakan. Pasalnya bila sudah bersarang, binatang pengerat tersebut bisa menggerogoti komponen kabel-kabel sepeda motor.
Menurut Susanto, Kepala Bengkel AHASS Beji, Depok, motor matik sering dimasuki tikus karena banyak rongga kosong pada mesin, terutama pada bagian dalam-bawah bodi motor.
"Iya di situ adalah lokasi yang biasanya menjadi tempat tikus-tikus bersarang pada motor matik," kata Susanto saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.
Susanto mengatakan, aroma bahan kabel pada motor baru juga sering memancing tikus karena berbau seperti permen. Tentu ini tak bisa dibiarkan, mengingat komponen kabel berkaitan dengan sistem kelistrikan seperti sensor mesin, lampu, dan starter.
"Dia (tikus) makan kabel terus korslet. Arus listrik juga dibutuhkan saat motor menyala, kalo arusnya putus, motor mati nggak bisa dinyalain," kata Susanto.
ADVERTISEMENT
Untuk mencegah tikus masuk ke dalam motor, Susanto menyarankan dua solusinya. Pertama, pastikan parkir motor di area yang jauh dari rerumputan. Lebih baik parkir motor di dalam rumah ketika akan ditinggalkan lama.
Kedua, pemilik motor bisa menaruh kamper atau kapur barus ke dalam bagian mesin atau bodi dalam motor. Menurutnya, cara ini cukup ampuh mencegah tikus masuk ke motor.
"Di situ kan motor matik banyak rongga ya, masukin aja kamper ke dalam bagian bawah motor, atau bisa pakai kamper gantung," jelas Susanto.
Untuk motor yang mogok akibat tikus bersarang, biasanya servis yang dilakukan yaitu menyambung kembali kabel yang putus.
"Servis kabel tergantung kerusakan, kabel itu kan banyak, istilahnya kita lihat pekerjaan cepet atau lama kita cari kerusakannya, kalau kasus digigit tikus sekitar Rp 50 ribu untuk penyambungan kabel dan pengecekan kelistrikan," pungkas Susanto.
ADVERTISEMENT