Otomotif
·
5 Juni 2020 7:56

Pengendara Ojol Taruh Hand Sanitizer di Dashboard Motor, Amankah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pengendara Ojol Taruh Hand Sanitizer di Dashboard Motor, Amankah? (1121897)
searchPerbesar
Ilustrasi Hand Sanitazer pada motor. Foto: dok. Muhammad Ikbal
Penyediaan hand sanitizer menjadi salah satu protokol kesehatan wajib yang dicanangkan oleh asosiasi pengemudi ojek online (Ojol), Garda Indonesia.
ADVERTISEMENT
Nantinya, setiap pengemudi ojek online yang ingin beroperasi mengangkut penumpang, diwajibkan memiliki hand sanitizer yang diletakkan pada sebuah dudukan di dashboard motor.
"Pasti nanti driver banyak dimodifikasi lebih bagus modelnya, sekarang kan masih sederhana. Ya, kita berharap partisi dan hand sanitizer ini jadi standar baru memasuki new normal bagi para driver," ucap Igun Wicaksono, Ketua Presidium Garda Indonesia.
Dengan meletakkan hand sanitizer di tempat terbuka seperti dashboard motor, otomatis akan membuatnya terjemur sinar matahari saat di siang hari. Hal itu tentu menimbulkan pertanyaan terkait keamanannya.
Pengendara Ojol Taruh Hand Sanitizer di Dashboard Motor, Amankah? (1121898)
searchPerbesar
Ilustrasi Ojek Online Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Pasalnya, hand sanitizer yang merupakan cairan kimia, dikhawatirkan akan rentan terbakar apabila terjemur sinar matahari.
Menanggapi hal itu, praktisi keselamatan berkendara Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan hal tersebut masih dapat ditoleransi karena tidak terlalu berbahaya.
ADVERTISEMENT
"Memang berdasarkan penelitian dari asosiasi kesehatan, hand sanitizer itu bisa memicu terjadinya reaksi kimia akibat suhu panas dan terburuknya memicu kebakaran. Akan tetapi, jika dia diletakkan di udara terbuka seperti di dashboard motor, potensi terbakarnya menjadi lebih kecil," ujar Jusri.
Berbeda kasusnya, kata Jusri, jika hand sanitizer tersebut diletakkan di dalam mobil dan terjemur matahari. Minimnya pasokan udara saat kabin mobil tertutup, serta banyaknya bahan yang bisa menyulut api seperti plastik atau kulit jok, memperbesar potensi terjadinya kebakaran.
Meletakkan hand sanitizer di dashboard motor seperti yang akan diterapkan ojol, dikatakan Jusri lebih aman jika dibandingkan menyimpannya di dalam bagasi motor yang terletak di bawah jok.
Lebih aman diluar karena udara terbuka, kalau diletakkan di dalam bagasi bawah jok, potensi dia tersulut api sangat besar, karena selain minim udara, juga sangat dekat dengan tangki bahan bakar," beber Jusri.
Pengendara Ojol Taruh Hand Sanitizer di Dashboard Motor, Amankah? (1121899)
searchPerbesar
Ilustrasi ojek online. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Jusri juga mengingatkan, dalam menaruh hand sanitizer di dashboard motor tersebut, jangan lupa juga perhatikan keamanan dan kekencangan pengaitnya. Pastikan, adanya hand sanitizer itu tidak akan mengganggu pengendara ojol saat mengendarai motor.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Saksikan video menarik di bawah ini: