kumparan
2 Desember 2019 10:31

Skema Cicilan Kia Big-Up, Angsuran Mulai Rp 5 Jutaan

Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Kia resmi membuka keran bisnisnya lagi di Indonesia, melalui PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek. Tak hanya di kendaraan penumpang, Kia juga menyasar segmen komersial lewat Big-Up, sebagai penantang Isuzu Traga dan Mitsubishi L300.
ADVERTISEMENT
Di Tanah Air, Big-Up pertama kali masuk pada tahun 2004 hanya saja memang tak begitu mulus eksistensinya. Namun kini, Big-Up kembali lagi dan ada kemungkinan akan diproduksi di dalam negeri, buat mendongkrak penjualan.
Mobil yang di negara asalnya Korea Selatan bernama K2700 ini, punya desain eksterior yang membulat dan terkesan tidak kaku. Dimensinya punya profil panjang 4,820 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 2.070 mm.
Kia Big-Up, Indomobil, Pickup, Mobil, Kia
Tampang belakang kaki-kaki dan rangka Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Selain itu, desain interior terkesan lebih modern dan mewah dibandingkan kendaraan niaga medium lainnya seperti sebut saja Isuzu Traga dan Mitsubishi L300. Konfigurasi jok dapat ditempati satu pengemudi dan dua penumpang.
Sistem kemudi sudah mengusung power steering dengan fitur assist and main mirror sighting pada kaca spion. Sementara itu, sistem pengereman dilengkapi jenis Disc dan Load Sensing Proportioning Valve.
Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Mengintip dapur pacu, Big-Up menggendong mesin J2 4 silinder segaris natural aspiration berkapasitas 2.665 cc. Mesin ini menjanjikan daya maksimum sebesar 78,9 daya kuda pada putaran 4.000 rpm dan torsi maksium sebesar 64,7 Nm pada putaran 2.400 rpm.
ADVERTISEMENT
Varian dan Harga
Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Kia Big-Up yang dijual di Indonesia meliputi dua varian, yaitu model pikap dan model boks. Menyoal harga, Big-Up Pikap dibanderol Rp 191, 3 juta, sedangkan Big-Up Box dijual Rp 204,2 juta.
Harga tersebut sudah termasuk biaya perawatan berkala hingga 4 tahun atau 50.000 km. Sementara untuk garansi dipatok hingga 5 tahun.
Nah, bagi yang ingin memiliki mobil niaga ini, bisa membelinya dengan dua pilihan pembayaran, yaitu kredit atau tunai. Untuk skema cicilan, Indomobil Finance menyediakan promo angsuran ringan dan uang muka murah.
Skema Cicilan Big-Up Pikap
KIA Big Up
Tampilan depan KIA Big Up Foto: dok. KIA
Untuk skema cicilan angsuran ringan, Anda harus menyiapkan biaya down payment sebesar Rp 28,7 juta dengan tenor hingga 48 bulan. Jika kredit selama satu tahun, pembeli harus membayar angsuran Rp 15,4 juta per bulan.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk tenor 24 bulan atau 2 tahun, angsuran yang harus dibayar Rp 8,5 juta. Pada tenor 36 bulan, cicilan yang harus disiapkan tiap bulan yaitu Rp 6,1 juta dan terakhir tenor selama 48 bulan dengan cicilan termurah Rp 5,06 juta.
Sedangkan skema angsuran ringan sebesar Rp 3,7 juta selama 47 bulan dengan uang muka Rp 68,7 juta. Bila menginginkan cicilan 35 bulan, angsuran yang harus ditebus yaitu Rp 4,7 juta dengan uang muka Rp 67,2 juta.
Cicilan yang lebih cepat yaitu selama 23 bulan, jangan lupa siapkan Rp 66, 4 juta untuk uang muka dan Rp 6,7 juta per bulan untuk angsuran. Atau, ambil cicilan lebih singkat selama 11 bulan dengan uang muka Rp 68,9 juta dan angsuran Rp 12,6 juta per bulan.
ADVERTISEMENT
Skema Cicilan Big-Up Box
KIA Big Up
Tampilan Interior KIA Big Up Foto: dok. KIA
Sementara untuk model yang satu ini, harus menyiapkan mahar lebih banyak lagi. Sebab, dari segi banderol lebih tinggi dibanding model pikap.
Contohnya, untuk uang muka murah, Anda harus membayar uang muka Rp 30,6 juta dengan cicilan Rp 5,3 juta per bulan selama 48 bulan. Lalu, kredit 36 bulan dipatok dengan angsuran Rp 6,1 juta per bulan.
Jika memiliki modal lebih banyak, bisa memilih skema uang muka murah dengan angsuran Rp 8,5 juta selama 24 bulan. Atau, pilih yang lebih singkat lagi selama 1 tahun dengan angsuran Rp 16,4 juta per bulan.
Lanjut ke skema kredit dengan angsuran ringan, yang terendah dengan uang muka Rp 73,1 juta dengan cicilan Rp 4,05 juta selama 47 bulan. Lalu, bisa juga memilih cicilan Rp 5,08 juta selama 35 bulan dengan uang muka Rp 71,5 juta.
ADVERTISEMENT
Adapun, angsuran lebih mahal selama 23 bulan sebesar Rp 7,1 juta dengan uang muka Rp 70,6 juta. Terakhir, cicilan 11 bulan sekitar Rp 12,6 juta dan jangan lupa siapkan mahar Rp 73,3 juta.
Sebagai catatan, angka cicilan Kia Big-Up ini tidak mengikat. Besarannya bisa berubah tergantung kesepakatan anda dengan tenaga penjual.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan