5 Tips Cara Usir Laron dari Rumah

18 Desember 2019 20:06
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi laron.  Foto: wikimedia,org
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi laron. Foto: wikimedia,org
ADVERTISEMENT
Kemunculan gerombolan laron di sejumlah hunian semasa musim hujan dianggap sebagai hama. Sebagai tamu tak diundang yang datang secara berkoloni, serangga bersayap ini kerap dianggap mengganggu.
ADVERTISEMENT
Menurut Dr. Cahyo Rahmadi, ahli biologi di Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kita tidak perlu khawatir dengan kawanan laron ini. Sebab, mereka sama sekali tidak berbahaya seperti yang dibayangkan.
“Kalau laron sebenarnya kita tidak perlu khawatir, cuma memang kurang nyaman saja karena jadi kotor. Tapi laron yang banyak tersebut tidak lama kejadiannya,” ujar Cahyo saat dihubungi kumparanSAINS melalui pesan singkat, Rabu (18/12).
Spesies ini memang tidak menggigit atau menyengat. Namun, ketika keberadaan mereka sudah mulai mengganggu kenyamanan, ada baiknya kamu melakukan beberapa tips untuk mengusir laron dari rumahmu. Berikut lima tips yang dibagikan Cahyo untuk mengusir laron dari rumah:
Laron ditempatkan di dalam baskom. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Laron ditempatkan di dalam baskom. Foto: pixabay
Matikan lampu atau sumber cahaya
Menurut Cahyo, cara paling praktis mengusir laron dari rumah adalah dengan mematikan lampu. Pada dasarnya, laron datang ke rumah karena ada sumber cahaya untuk mencari tempat hangat sebagai bagian dari ritual mencari pasangan.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, mematikan lampu atau sumber cahaya lain adalah cara paling ampuh untuk mengusir laron.
Simpan ember berisi air di bawah lampu
Cara ini juga bisa jadi alternatif untuk menangani laron yang berkerumun di halaman atau dalam rumah. Air di dalam ember atau baskom akan memantulkan cahaya dari lampu, yang kemudian memicu laron mendekati sumber air. Mereka akan terperangkap di dalamnya
Selain itu, langkah ini juga punya manfaat lain, yakni tubuh laron tidak akan berserakan seperti yang sering terjadi selama ini.
Semprot dengan pembasmi serangga
Cara lainnya mengusir laron adalah dengan menyemprotkan cairan pembasmi serangga yang sering digunakan untuk membunuh nyamuk atau kecoak. Racun yang terkandung di dalam cairan akan membuat laron mati sempoyongan.
ilustrasi makan cabai. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi makan cabai. Foto: pixabay
ADVERTISEMENT
Basmi sarang laron
Dengan membasmi langsung sarang laron, niscaya laron-laron tidak akan lagi mendatangi rumah. Perlu diketahui, ketika laron terbang, dia akan pergi tidak jauh dari sarangnya. Ini artinya, ketika laron di rumahmu terlampau banyak, tidak menutup kemungkinan ada sarang rayap di dekat rumahmu.
Cabai merah
Cabai merah ternyata juga bisa dijadikan alat untuk mengusir laron. Caranya cukup mudah, gantungkan cabai merah yang sudah diiris atau dibagi dua, kemudian gantungkan cabai tersebut di dekat lampu. Panas cahaya lampu akan membantu cabai untuk melepaskan ekstrak dan aroma yang tidak disukai laron.
Cahyo menegaskan, cara ini masih perlu dikaji lebih jauh. Meski begitu, tak ada salahnya kamu mencoba memasang cabai di dekat lampu.
ADVERTISEMENT
Itulah lima tips cara mengusir laron dari rumah. Semoga bermanfaat.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·