kumparan
5 November 2019 19:23

Solusi Masalah Pencernaan: Jalan Kaki

Saluran pencernaan tubuh manusia.
Saluran pencernaan tubuh manusia. Foto: Elionas2 via pixabay
Di Amerika Serikat tercatat ada 70 juta orang yang mengalami masalah pencernaan, menurut laporan Medical Daily. Hal ini tak mengherankan sebab jumlah penderita obesitas pun semakin meningkat.
ADVERTISEMENT
Sekitar 95 persen penduduk AS kekurangan serat sehingga penyakit-penyakit pencernaan, seperti perut kembung hingga iritasi usus, kerap menimpa mereka. Masalah pencernaan ini sebenarnya bisa dituntaskan dengan cara yang sangat sederhana, yakni berjalan kaki.
Ilustrasi Perempuan Jalan Kaki
Ilustrasi jalan kaki. Foto: Shutterstock/siam.pukkato
Jalan kaki bisa jadi pilihan alternatif olahraga yang mudah dilakukan, mengingat olahraga biasanya selalu dianggap melelahkan dan membuat orang yang melakukannya mengeluarkan keringat. Persis seperti ungkapan yang terkenal, no pain, no gain. Tak akan ada keuntungan yang diperoleh sebelum ada rasa sakit yang perlu dibayarkan.
Nah, jika jogging terlalu berat untuk dilakukan, kamu cukup berjalan kaki untuk menghindari masalah pencernaan. Kebiasaan ini bisa kamu latih setiap hari, karena jalan kaki sangat dekat dengan aktivitas manusia sehari-hari.
"Berjalan kaki adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk pencernaan," ujat Jaime Schehr, seorang praktisi kesehatan, sebagaimana diberitakan Medical News. "Olahraga teratur sebenarnya dapat membantu memperkuat saluran pencernaan Anda. Jumlah darah yang dialihkan dari sistem pencernaan Anda berkurang karena otot-otot Anda lebih efisien ketika Anda berolahraga."
ADVERTISEMENT
Ahli kesehatan, Marvin Singh menambahkan, berjalan kaki juga merupakan cara yang baik untuk membantu bakteri baik dalam mikrobiom kamu berkembang secara sempurna sehingga mereka dapat berkontribusi pada tubuhmu dalam berbagai cara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan