Tekno & Sains19 November 2019 16:39

Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat di Tengah Cuaca Panas

Konten Redaksi kumparan
Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat di Tengah Cuaca Panas (24087)
Seorang warga menggunakan payung guna terhindar dari panasnya matahari, Jakarta, pada Selasa (22/10/2019). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Cuaca panas yang cukup ekstrem kembali dikeluhkan warga DKI Jakarta. Selain bisa mengganggu aktivitas, cuaca panas yang menyengat juga berpotensi mengganggu kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa penyakit terkait cuaca panas yang bisa menyerang seseorang. Menurut laporan NWS Health, gangguan kesehatan yang bisa diterima tubuh akibat cuaca panas berlebih adalah dehidrasi, heat cramps atau kram otot akibat cuaca panas, heart exhaustation (rasa haus berlebih), hingga heat stroke atau sengatan panas.
Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat di Tengah Cuaca Panas (24088)
Seorang warga menggunakan payung guna terhindar dari panasnya matahari, Jakarta, pada Selasa (22/10/2019). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Cuaca panas, terlebih yang cukup ekstrem seperti yang terjadi di Jakarta belakangan ini, selain bisa mengganggu aktivitas juga berpotensi mengganggu kesehatan tubuh. Setidaknya ada beberapa penyakit terkait cuaca panas yang bisa menyerang seseorang seperti dilansir NWS Health, antara lain dehidrasi, heat cramps atau kram otot akibat cuaca panas, heart exhaustion (rasa haus berlebihan) hingga heatstroke atau sengatan panas.
Nah, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat di tengah cuaca panas sekaligus untuk mencegah terserang penyakit yang telah disebutkan tadi, berikut beberapa tips jitu yang bisa kamu lakukan.
ADVERTISEMENT
Perbanyak minum air putih
Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat di Tengah Cuaca Panas (24089)
Ilustrasi minum air putih. Foto: dok.shutterstock
Tak mesti ketika kamu merasa haus, minum banyak air putih bisa dilakukan setiap waktu ketika udara di luar sangat panas. Jangan lupa juga untuk mengecek warna urine. Warna pucat pada urine menandakan kamu sudah minum dengan cukup.
Jika di antara kamu ada yang membatasi cairan karena anjuran dari dokter, maka ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu soal kebutuhan cairan yang ideal untuk tubuhmu selama cuaca panas.
Hindari minum minuman beralkohol dan minuman yang ditambahkan gula seperti teh atau kopi. Keduanya justru bisa memperburuk dehidrasi.
Jika kamu menghabiskan aktivitas di luar rumah, pastikan untuk membekali diri dengan sebotol air. Simpan juga air di kulkas atau bisa juga mengonsumsinya dengan menambahkan es batu.
ADVERTISEMENT
Jaga kondisi tubuh dan ruangan tetap dingin
Minum minuman dingin dan makan makanan dingin, seperti salad dan buah. Kamu juga bisa kenakan pakaian longgar berwarna cerah yang terbuat dari bahan seperti katun.
Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Kamu juga bisa gunakan tabir surya saat hendak beraktivitas di luar ruangan, dan kenakan pula topi sebagai pelindung kepala.
Hindari berada di luar ruangan antara pukul 11.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Kamu bisa letakkan handuk yang telah dibasahi air dingin di bagian lengan, leher atau kaki, atau sekaliah mandi dengan air dingin.
Kurangi aktivitas fisik, lakukan semua pekerjaan rumah tangga di pagi hari saat cuaca sedang bersahabat.
Menutup jendela dan tirai saat menyalakan pendingin udara. Buka jendela di malam hari untuk membiarkan udara sejuk masuk ke dalam ruangan secara alami.
ADVERTISEMENT
Jika tidak ada AC, kamu bisa menghabiskan waktu di tempat yang dingin seperti perpustakaan, pusat perbelanjaan, atau bioskop yang sudah pasti memasang pendingin udara.
Berdiam diri beberapa saat di dalam ruangan yang menurut kamu paling dingin, misalnya bisa di kamar mandi. Jangan terlalu sering menggunakan kompor dan oven ketika berada di dalam rumah.
Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat di Tengah Cuaca Panas (24090)
matahari terik cuaca panas Foto: Shutterstock
Rencanakan segala sesuatu dengan matang untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk
Kamu bisa membuat daftar orang yang harus dihubungi ketika membutuhkan bantuan. Jangan gegabah, kamu yang mengalami kondisi medis tertentu harus selalu mengikuti saran dokter dalam situasi apa pun.
Jika sudah mulai merasakan kesehatan kamu bermasalah, segera mencari pertolongan medis dengan pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Dan pantau terus informasi ramalan cuaca.
ADVERTISEMENT
Apa yang harus dilakukan setelah cuaca panas berakhir?
Tetap perbanyak konsumsi air putih untuk membuat cairan tubuh kembali seimbang. Kamu juga bisa luangkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri karena mengatasi cuaca yang sangat panas bisa sangat melelahkan.
Segera pergi ke dokter jika kamu merasa tidak enak badan sepetah cuaca panas berlalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white