kumparan
13 Juni 2017 14:33

Calon Maba, Ini 8 Tips Bermanfaat Sebelum Jalani Masa Orientasi Kampus

Ilustrasi Universitas (Foto: Thinkstock)
Selamat bagi kalian yang telah lulus dari SMA dan kini sedang mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bagi kamu calon maba atau calon mahasiswa baru tentunya tahu benar jika langkah pertama dalam memasuki dunia perkuliahan adalah dengan mengikuti sebuah kegiatan universitas yang diwajibkan bagi seluruh calon maba.
ADVERTISEMENT
Ya, adalah masa orientasi. Di Indonesia, masa orientasi bagi calon maba ini disebut dengan Ospek atau singkatan dari orientasi studi dan pengenalan kampus. Mungkin dulunya ospek adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh maba, namun kini ospek hanya diterapkan di beberapa universitas saja.
Demi menjalankan ospek dengan baik dan lancar, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal yang tak akan membuat kamu terjerumus dalam masalah saat ospek berlangsung. Apa saja?
Dilansir Gurl, inilah delapan hal yang maba perlu ketahui untuk mempersiapkan diri menjalani ospek:
1. Hal yang Manusiawi Jika Kamu Merasa Gugup
Gugup saat ospek (Foto: Thinkstock)
Adalah hal yang lumrah jika kamu merasa gugup karena kamu akan memasuki dunia yang baru di mana kamu akan dibentuk menjadi manusia yang lebih mandiri. Namun, jangan terlalu berada dalam kegugupan ini karena bagaimanapun kamu harus bisa melewatinya. Cobalah untuk merileksasikan diri agar kamu lebih tenang dalam menghadapi ospek.
ADVERTISEMENT
2. Cari Tahu Tentang Kegiatan Ospek Universitas yang Kamu Masuki
Cari info soal ospek (Foto: Thinkstock)
Di setiap universitas pastinya memiliki jenis kegiatan ospek yang berbeda-beda. Sebelum memulai kegiatan ospek, alangkah baiknya jika kamu mencari info mengenai jenis kegiatan ospek universitas yang kamu pilih. Info ini bisa kamu dapatkan dengan mencarinya di situs internet atau bertanya langsung pada senior yang sedang berkuliah di sana. Hal ini akan membantu kamu dalam mengurangi rasa gugup.
3. Mengubah Penampilan
Penampilan baru saat ospek (Foto: Thinkstock)
Mungkin kamu adalah sosok yang kutu buku dan cenderung cuek dengan penampilanmu. Saat memasuki dunia perkuliahan, cobalah untuk merubah penampilanmu menjadi sosok yang mungkin lebih stylish atau menggunakan basic makeup.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan maba memanfaatkan tahun pertama mereka di universitas untuk merubah imej mereka. Imej baru yang melekat pada diri kamu semasa kuliah nanti akan membuat kamu menjadi orang yang lebih percaya diri.
4. Ramah Kepada Semua Orang
Ramah saat hari pertama kuliah (Foto: Thinkstock)
Jangan bersikap judgemental atau mudah menilai orang dari penampilannya saja, terutama saat menjalani masa orientasi. Untuk mendapatkan teman sebanyak-banyaknya saat kuliah atau bahkan saat sebelum ospek, jadilah pribadi yang menyenangkan dengan bersikap ramah ke semua orang. Hal ini akan mempermudah kamu mencari teman satu fakultas atau satu jurusan atau bahkan satu kelas pasca ospek berakhir.
5. Berkeliling Kampus
Berkeliling kampus (Foto: Thinkstock)
Sebelum memasuki masa orientasi, kamu bisa mengenal universitas yang kamu masuki terlebih dahulu dengan cara berkeliling kampus tersebut. Lakukan cara ini sendiri tanpa didampingi dengan orang tua ataupun kerabat. Cara ini akan membuat kamu lebih cepat beradaptasi dengan universitas tempat kamu akan mengenyam pendidikan selama kurang lebih 4 tahun lamanya.
ADVERTISEMENT
6. Bertanya Pada Senior Tentang Tips Ospek
Bertanya pada senior soal ospek (Foto: Thinkstock)
Jika kamu masih dilanda kebingungan dalam mempersiapkan diri menjalani ospek, cobalah untuk bertanya pada senior atau kerabat yang pernah atau sedang menempuh pendidikan di universitas tersebut. Tanyakan kepada mereka tentang tips untuk menjalani ospek dengan baik dan lancar, serta hal sulit apa saja yang harus kamu hadapi selama ospek berlangsung.
7. Meminta Kontak Teman Semasa Ospek
Meminta kontak teman semasa ospek (Foto: Thinkstock)
Saat ospek berlangsung, kamu akan bertemu dengan orang baru yang mungkin saja akan menjadi teman sekelas kamu nantinya. Mintalah kontak mereka agar kamu bisa menghubungi mereka setelah ospek selesai. Jangan hanya meminta nomor hp, tapi juga tanyakan media sosial atau email mereka untuk mempermudah kamu dalam menghubungi mereka.
ADVERTISEMENT
8. Jadikan Ospek Sebagai Pengalaman Terindah
Jadikan ospek sebagai pengalaman terindah (Foto: Thinkstock)
Jika kamu menjalaninya dengan senang hati, maka kamu tidak akan menemui kesulitan dalam menjalani ospek nantinya. Karena banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan selama mengikuti ospek, baik mendapatkan teman atau menjadi pribadi yang mandiri dan lebih percaya diri. Jadikan masa ospek ini menjadi pengalaman terindah yang tak akan kamu lupakan dalam hidup.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan