kumparan
25 Oktober 2019 18:57

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengunjungi Kroasia

Plitvice Lakes National Park
Tempat bersantai di Plitvice Lakes National Park, Kroasia. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Kroasia menjadi sorotan turis mancanegara akhir-akhir ini. Kegiatan pariwisata di negara Balkan tersebut mulai meningkat karena Kroasia mulai membuka diri pada dunia terutama setelah pecah dari rezim komunis Yugoslavia pada 1991 dan menjadi bagian Uni Eropa pada 2013.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, Kroasia masih belum menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Indonesia ketika ke Eropa. Padahal biaya liburan di negara ini relatif lebih murah dibandingkan negara-negara Eropa lain. Lalu apa ya yang membuat Kroasia ini begitu istimewa?
1. Laut dan pantai Mediterania
Kroasia
Kebanyakan pantai di Kroasia bukanlah pantai pasir putih, melainkan pantai yang dipenuhi dengan batu kerikil yang putih. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Dibandingkan dengan negara-negara bekas Yugoslavia lainnya, Kroasia memiliki garis pantai yang paling panjang di Laut Adriatik. Kebanyakan pantai di Kroasia bukanlah pantai pasir putih, melainkan pantai yang dipenuhi dengan batu kerikil yang putih. Batu-batuan tersebut juga terdapat di dasar laut sehingga dengan air laut yang jernih, kita bisa melihat sampai jauh ke dalam.
Air laut yang biru jernih dan dalam pun tidak terlalu jauh dari pantai sehingga ideal untuk berenang, snorkeling, dan menyelam. Karena pantai-pantai Kroasia pernah menjadi pelabuhan penting ribuan tahun yang lalu, di dasar laut banyak terdapat kapal karam yang dapat dijelajahi.
ADVERTISEMENT
Pemandangan dari laut ke daratan pun tidak kalah spektakuler. Dengan menggunakan perahu, turis dapat melihat perubahan secara dramatis pemandangan biru laut, pantai putih, kota tua, dan indahnya langit.
Selain itu, Kroasia, tepatnya kota Zadar juga diklaim sebagai pemilik sunset terindah di dunia. Menikmati sunset di kota ini terasa begitu spektakuler lengkap dengan alunan organ laut dan pertunjukan cahaya Greetings to the Sun.
2. Kota yang penuh sejarah
Kroasia
Ketika berjalan di tengah kota Kroasia, kamu akan merasa dibawa dengan mesin waktu kembali ke masa lampau. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Kroasia penuh dengan sejarah. Meskipun Kroasia sendiri baru terbentuk pada 1991, tapi peradaban di daerah ini sudah ada dari sebelum masehi.
Sebelum menjadi Kroasia yang sekarang, negara ini pernah diduduki oleh Kekaisaran Roma, Kekaisaran Austro-Hungarian, Republik Venesia, Kerajaan Italia, sampai Yugoslavia.
Beberapa situs bersejarah di Kroasia di antaranya Istana Doecletian di Split, Amphitheatre di Pula, Tembok Kota di Dubrovnik, dan Roman Forum di Zadar. Ketika berjalan di tengah kota, kamu akan merasa dibawa dengan mesin waktu kembali ke masa lampau.
ADVERTISEMENT
Bagi para pencinta Game of Thrones, Kroasia pastinya memiliki nilai tambah karena negara ini juga menjadi lokasi syuting serial tersebut.
3. Museum yang unik
Museum of Broken Relationship, Kroasia
Parasut dari kekasih yang tewas karena kecelakaan dipajang di Museum of Broken Relationship di Kroasia. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Sejujurnya, museum sejarah atau museum seni di Kroasia kalah jauh dengan museum-museum di negara Eropa lainnya. Sebut saja Museum Louvre di Paris atau Rijkmuseum di Amsterdam. Namun kalau berbicara tentang museum yang tidak biasa, Kroasia boleh diperhitungkan.
Salah satu museum yang paling populer dan otentik di Kroasia adalah Museum of Broken Relationship yang didedikasikan untuk semua hubungan percintaan yang harus kandas.
Museum ini memamerkan benda-benda milik pribadi yang mengingatkan kita akan mantan kekasih serta cerita di baliknya. Objek-objek yang dipamerkan dalam museum ini adalah donasi dari banyak orang di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Selain Museum of Broken Relationship, museum tidak biasa lainnya di Kroasia adalah Museum Jamur, Museum Ilusi, dan Museum Teknik Nikola Tesla.
4. Taman nasional yang indah
Plitvice Lakes National Park
Plitvice Lakes National Park, taman nasional di Kroasia yang memiliki 16 danau. Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Ada delapan taman nasional di Kroasia. Untuk negara yang berpenduduk hanya empat juta orang saja, jumlah ini tentu cukup banyak.
Kroasia juga sangat serius dalam menjaga taman nasionalnya. Tidak tanggung-tanggung, salah satu taman nasionalnya, Plitvice Lakes National Park sering masuk dalam daftar taman nasional terbaik di dunia. Taman nasional lainnya di antaranya Kornati. Krka, Sjeverni Velebit, Paklenica, Mljet, Brijuni, dan Risnjak.
5. Makanan yang khas
Ilustrasi minyak zaitun
Ilustrasi minyak zaitun. Foto: Shutterstock
Meskipun negara ini kecil, bukan berarti ragam makanan di Kroasia sedikit. Makanan di Kroasia tampak berbeda antara daerah pesisir dan daerah daratan.
ADVERTISEMENT
Makanan di daerah pesisir banyak terpengaruh dengan kuliner dari Italia dan Yunani yang menggunakan minyak zaitun, rosemary, sage, daun salam, oregano, marjoram, kayu manis, cengkeh, pala, dan kulit lemon dan jeruk.
Sementara makanan di daerah daratan terpengaruh dengan kuliner dari Hungaria dan Turki yang banyak menggunakan lemak babi, lada hitam, paprika, dan bawang putih.
Salah satu kuliner andalan Kroasia adalah fuži truffle yaitu pasta dari Istria yang dimasak dengan menggunakan jamur liar berwarna hitam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan