Food & Travel
·
25 September 2019 13:03

Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341889)
searchPerbesar
Paspor Indonesia Foto: Shutter Stock
Beberapa waktu lalu, Imigrasi mengumumkan bahwa jika paspor hilang, kamu berpotensi didenda sebesar Rp 1 juta. Aturan baru ini tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014 dan PP Nomor 28 Tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, dalam aturan baru ini, kamu juga bisa dikenakan penangguhan pembuatan paspor selama enam bulan hingga dua tahun, tergantung berita acara pemeriksaan (BAP).
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341890)
searchPerbesar
Aturan denda apabila paspor hilang. Foto: Dok. Istimewa
Tentunya, kamu tak ingin hal tersebut terjadi padamu, bukan? Sudah kehilangan paspor, masih harus didenda pula.
Nah, untuk menghindari hal ini, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Dilansir dari Insider, Rabu (25/9) berikut beberapa tips agar paspormu aman sentosa.
1. Selalu Waspada
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341891)
searchPerbesar
com-Ilustrasi Paspor Foto: Shutterstock
Paspor merupakan dokumen penting yang sangat berharga dan punya kekuatan hukum tersendiri, sehingga bisa juga dicuri dan disalahgunakan. Untuk itu, kamu harus selalu waspada ketika berpergian, jangan sampai paspormu dicolong orang. Perhatikan kondisi sekeliling, termasuk semua barang bawaan, seperti koper, tas, handphone, dompet, dan tentunya paspor.
ADVERTISEMENT
2. Tinggalkan Paspor di Hotel
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341892)
searchPerbesar
Ilustrasi konter paspor Foto: Shutter stock
Meskipun paspor adalah bentuk identitas, tetapi kamu tidak perlu membawanya ke mana-mana sepanjang hari, apalagi saat liburan. Salah satu hal paling aman yang dapat kamu lakukan adalah simpan paspor di dalam laci terkunci di rumah atau hotel. Perlakukan paspor seperti barang berharga lainnya.
Jika harus membawa identitas, bawalah jenis lain, seperti SIM, KTP, atau salinan paspor. Meninggalkan paspor di hotel juga akan meminimalisir paspor dari kerusakan, seperti basah karena kehujanan atau rusak tersiram air.
3. Simpan Beberapa Salinan Paspor
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341893)
searchPerbesar
com-Ilustrasi Traveling Foto: Pixabay
Memiliki beberapa salinan paspor bisa membantu kamu dalam keadaan darurat. Buatlah setidaknya dua salinan paspor yang memuat foto, tanggal lahir, dan informasi lain.
Ada baiknya, kamu memberikan satu salinan kepada seseorang yang dipercaya dan bisa dihubungi seandainya diperlukan, misalnya sahabat, keluarga atau asisten. Sedangkan, salinan lain bisa kamu simpan sendiri.
ADVERTISEMENT
4. Cek Sesering Mungkin
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341894)
searchPerbesar
Ilustrasi Cap untuk Paspor Foto: Flickr / Ryan Maple
Layaknya handphone, kamu pun harus sering memeriksa dan memastikan keberadaan paspor. Semakin sering kamu melakukannya, semakin mudah untuk melacaknya jika suatu saat kamu salah menaruhnya.
5. Menggunakan Tas Pinggang
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341895)
searchPerbesar
Ilustrasi Paspor Berwarna Hitam Foto: Shhuter Stock
Membawa paspor dalam tas pinggang sebenarnya adalah cara paling aman untuk bepergian. Sebab, tas ini berada persis di depan badan, sehingga kemungkinan diambil pencuri bisa diminimalisir.
6. Jangan Menitipkan Paspor Asli ke Orang Lain
Begini Tips Simpan Paspor agar Tak Hilang dan Kena Denda Rp 1 Juta (341896)
searchPerbesar
Paspor Berwarna Biru Foto: Shhuter Stock
Tak jarang banyak orang yang bepergian bersama rombongan dan terdapat koordinator yang bertanggung jawab mengurusi segalanya, termasuk paspor. Meskipun tujuan sebenarnya agar lebih praktis, tetapi hal tersebut sebenarnya tidak dianjurkan.
Sebab, jika satu orang tersebut dicopet, semua paspor milik rombongan akan hilang. Untuk itu perlu diingat bahwa setiap orang harus bertanggung jawab atas paspor mereka masing-masing.
ADVERTISEMENT
Selalu ingat untuk menyimpan baik-baik paspor kamu, ya!