Food & Travel
·
20 Juli 2021 15:38
·
waktu baca 2 menit

Catat! Penutupan Danau Kelimutu Akan Diperpanjang hingga 3 Agustus 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Catat! Penutupan Danau Kelimutu Akan Diperpanjang hingga 3 Agustus 2021 (38922)
searchPerbesar
Sunrise di Danau Kelimutu Foto: Shutter Stock
Balai Taman Nasional Kelimutu kembali memperpanjang masa penutupan sementara kawasan wisata Danau Kelimutu demi menekan penyebaran COVID-19. Kebijakan ini mengikuti perkembangan lonjakan kasus COVID-19 yang belum mereda akibat varian Delta.
ADVERTISEMENT
Rencananya, penutupan sementara kawasan wisata di Ende, Nusa Tenggara Timur, itu mulai berlaku pada 21 Juli hingga 3 Agustus 2021. Sebelumnya, penutupan tempat wisata ini sudah lebih dulu dilakukan sejak 10 hingga 20 Juli 2021.
''Sobat Kelimutu berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi terkait penanganan COVID-19 di Kabupaten Ende di mana kasus terkonfirmasi positif yang masih tinggi, maka TN Kelimutu melakukan PERPANJANGAN PENUTUPAN KEGIATAN WISATA DI TN Kelimutu selama 14 hari terhitung mulai tanggal 21 Juli-3 Agustus 2021, untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 dari aktivitas wisata di Kelimutu," tulis akun Instagram @btn_kelimutu.
Catat! Penutupan Danau Kelimutu Akan Diperpanjang hingga 3 Agustus 2021 (38923)
searchPerbesar
Wisatawan di Danau Kelimutu, Flores Foto: Shutter Stock
Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Hendrikus Rani Siga, mengatakan kebijakan dapat ditinjau kembali atau dapat diubah dengan melihat kondisi pandemi COVID-19 di daerah itu.
ADVERTISEMENT
Hendrikus mengatakan, penutupan sementara dilakukan juga untuk mencegah munculnya klaster corona baru di kawasan wisata Taman Nasional Kelimutu yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.
"Terkait penutupan ini juga kami mohon maaf. Kami berharap agar wisatawan dapat memaklumi situasi ini," ujar dia.
Catat! Penutupan Danau Kelimutu Akan Diperpanjang hingga 3 Agustus 2021 (38924)
searchPerbesar
Pesona Indahnya Danau Kelimutu Foto: Dok. Kementerian Pariwisata
Lebih lanjut, Hendrikus menyebut seluruh pelaku wisata di Taman Nasional Kelimutu saat ini telah menerima vaksinasi corona, baik dosis pertama dan kedua.
"Total semua pegawai ada 79 orang. Semuanya sudah divaksin COVID-19," kata Hendrikus.
Hingga saat ini, jumlah kasus pasien positif COVID-19 di kabupaten itu sudah mencapai 2.631 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 1.639 orang dinyatakan sembuh dan 39 orang meninggal dunia. Sementara yang sedang dirawat di Kabupaten Ende saat ini berjumlah 963 pasien.
ADVERTISEMENT
"Kita harapkan masyarakat tetap taat pada protokol kesehatan, sehingga angka kasus COVID-19 terus alami penurunan," ujar Hendrikus.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).