Food & Travel
·
9 Juni 2021 8:58
·
waktu baca 2 menit

Kemenparekraf Siapkan Paket Wisata Vaksin Dosis Lengkap untuk Wisatawan Domestik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kemenparekraf Siapkan Paket Wisata Vaksin Dosis Lengkap untuk Wisatawan Domestik (127909)
Menparekraf Sandiaga Uno Foto: Dok. Kemenparekraf
Program wisata vaksin saat ini tengah dilakukan sejumlah negara di dunia guna memikat wisatawan asing datang. Tak ketinggalan, Indonesia juga ikut melakukan tren pariwisata tersebut untuk mendorong kembali industri pariwisata.
ADVERTISEMENT
Namun, wisata vaksin yang digaungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) diperuntukkan khusus bagi wisatawan domestik. Saat ini, Kemenparekraf tengah mempersiapkan paket wisata vaksin COVID-19 dengan dosis lengkap bagi wisatawan yang ingin melancong ke berbagai destinasi di Indonesia.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan paket itu akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. Rencananya, vaksinasi yang dilakukan di sejumlah destinasi wisata ini akan diberikan secara gratis.
"Wisata vaksin ini jadi satu keniscayaan dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif. Yang kita pastikan vaksin untuk WNI gratis sebagai barang publik, yang kita tentukan paket wisatanya," kata Sandiaga, Selasa (8/6).
Kemenparekraf Siapkan Paket Wisata Vaksin Dosis Lengkap untuk Wisatawan Domestik (127910)
Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pantai Lampuuk, Aceh, Minggu (2/5). Foto: Dok. Istimewa
Sebelumnya, Sandiaga mengatakan bahwa potensi wisata berbasis vaksin ini dinilai memiliki peluang yang bagus. Sebab, selain mendorong wisatawan untuk berwisata, wisata berbasis vaksin tersebut dapat membantu percepatan program vaksinasi yang tengah dilakukan.
ADVERTISEMENT
Skema paket wisata vaksin COVID-19 bisa dimulai dengan vaksinasi dosis pertama sebelum keberangkatan ke destinasi wisata. Selanjutnya wisatawan akan menikmati liburan selama 14 hari di destinasi wisata tertentu, kemudian mendapatkan vaksinasi dosis kedua sebelum kembali pulang.
"Saya harap ini bisa meningkatkan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.
Kemenparekraf Siapkan Paket Wisata Vaksin Dosis Lengkap untuk Wisatawan Domestik (127911)
Menparekraf, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Bali. Foto: Kemenparekraf RI
Kemenparekraf nantinya akan memberikan beberapa alternatif paket wisata dengan destinasi tertentu untuk memperbanyak pilihan. Hal itu diharapkan bisa membuat masyarakat Indonesia berwisata di Indonesia ketimbang harus berlibur ke luar negeri.
Saat ini sejumlah negara mempromosikan wisatanya dengan paket vaksinasi COVID-19 untuk bisa meningkatkan ekonomi di sektor pariwisata. Dengan adanya wisata vaksin COVID-19 di Indonesia, diharapkan masyarakat lebih memilih wisata vaksin di dalam negeri sekaligus memulihkan ekonomi di sektor pariwisata.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, wisata vaksin ditawarkan oleh salah satu agen perjalanan, yaitu ATS Vacations. Dikutip dari akun Instagram resminya @atsvacations.id, agen perjalanan tersebut menjual paket wisata vaksin ke Amerika Serikat.
Paket wisata vaksin tersebut dijual mulai Rp 19,99 juta hingga Rp 29,9 juta. Sedangkan untuk paket wisata ke Now York, harga paket dijual dari Rp 21,9 juta sampai Rp 39,9 juta.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).