Food & Travel
·
9 Juni 2021 21:41
·
waktu baca 3 menit

Sandiaga Nilai Wisata Edukasi di Desa Denai Lama Mampu Sejahterakan Masyarakat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sandiaga Nilai Wisata Edukasi di Desa Denai Lama Mampu Sejahterakan Masyarakat (464078)
Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Denai Lama Rabu (9/6).  Foto: Dok. Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai pengembangan wisata edukasi di Desa Wisata Denai Lama dapat mensejahterakan masyarakat di pariwisata era baru.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut ia ungkapkan saat menyambangi desa wisata yang terletak di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara pada Rabu (9/6).
Sandiaga Nilai Wisata Edukasi di Desa Denai Lama Mampu Sejahterakan Masyarakat (464079)
Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Denai Lama Rabu (9/6).  Foto: Dok. Istimewa
"Hari ini saya sangat bersyukur bahwa di tengah-tengah pandemi dan melambatnya ekonomi, Desa Wisata Denai Lama hadir untuk menjadi salah satu opsi desa wisata yang berkeadilan, yang memberikan gerak ekonomi untuk masyarakat dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya," ungkap Sandiaga seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (9/6).
Sandiaga yang saat itu disambut langsung Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, mengaku antusias melihat semangat masyarakat Denai Lama yang menghadirkan wisata edukasi sebagai daya tarik utama.
Sandiaga Nilai Wisata Edukasi di Desa Denai Lama Mampu Sejahterakan Masyarakat (464080)
Ilustrasi Desa. Foto: Pixabay - @tpsdave
Berbekal kearifan lokal yang dikemas menarik, Sandiaga optimistis sisi edukasi yang ditawarkan masyarakat dapat menarik banyak wisatawan ke depannya.
ADVERTISEMENT
"Jadi desa wisata ini adalah program yang kami dukung, karena desa wisata seperti Denai Lama ini akan meningkatkan keterampilan masyarakat untuk menghadapi pariwisata era baru, pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," tambahnya.
Hal paling menarik dari desa wisata Denai Lama itu menurutnya adalah Kafe Baca serta beragam kearifan lokal yang kini tengah dikembangkan masyarakat.
Sandiaga Nilai Wisata Edukasi di Desa Denai Lama Mampu Sejahterakan Masyarakat (464081)
Ilustrasi Desa. Foto: Pixabay - @For_the_people
Lewat pengembangan wisata berbasis edukasi, dirinya meyakini perekonomian masyarakat dapat segera bangkit dan pulih setelah terpuruk imbas pandemi COVID-19.
Sandiaga pun berharap Desa Wisata Denai Lama dapat ikut serta dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kemenparekraf.
"Jadi saya sangat berterima kasih Pak Bupati, mudah-mudahan Indonesia bangkit, dengan kita mulai dari desa wisata dan harapannya agar kita sama-sama bergandengan tangan, karena pandemi ini tentunya menghadirkan satu kebersamaan kita," ungkap Sandiaga.
ADVERTISEMENT
"Terakhir saya ingin mengajak semua masyarakat lokal Desa Wisata Denai Lama untuk tampil di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang akan kita gelar dan mudah-mudahan akan mendapat hadiah total miliaran rupiah," jelasnya.
Hal senada disampaikan Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan.
Dirinya mewakili pemerintah dan masyarakat menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kunjungan, arahan dan dukungan Sandiaga Uno dalam memajukan desa wisata di Deli Serdang.
Lewat pengembangan potensi desa wisata yang tersebar di Kabupaten Deli Serdang, dirinya meyakini sektor pariwisata dapat secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat ke depannya.
"Pariwisata ini bisa memberikan peluang kepada masyarakat kami untuk bagaimana mereka bisa meningkatkan kesejahteraannya," ungkap Ashari.
Tak hanya beragam kearifan lokal, modal utama yang dimiliki Deli Serdang disampaikannya adalah lokasi yang sangat geografis.
ADVERTISEMENT
Deli Serdang yang menjadi gerbang masuk Indonesia bagian barat itu katanya menyambut para wisatawan yang tiba melalui Bandara Internasional Kualanamu.
"Mudah-mudahan pada saatnya wisatawan mancanegara datang ke Sumatera Utara, kami berharap kami yang di Deli Serdang juga memperoleh manfaatnya," ungkapnya.
Begitu juga dengan letak Deli Serang yang berbatasan langsung dengan Ibukota Provinsi Sumatera Utara, yakni Medan serta sejumlah kabupaten di Sumatera Utara lainnya.
Hal tersebut katanya merupakan  nilai tambah tersendiri, mengingat Deli Serdang dapat menjadi rujukan wisata bagi masyarakat Medan dan Kabupaten lainnya di Sumatera Utara.
"Ini akan menjadi peluang yang sangat besar, kami mohon dukungan dan arahan dari bapak. Terima kasih pak menteri, kunjungan bapak sungguh memotivasi kami dan menginspirasi kami untuk berbuat lebih baik lagi," ungkap Ashari.
ADVERTISEMENT
"Kami percaya bahwa dengan bapak menteri sebagai orang yang dipercayakan oleh bapak presiden untuk memanfaatkan seluruh potensi wisata di Indonesia ini wisata akan berkembang pesat, menjadi tulang punggung perekonomian bangsa, Insya Allah," tutupnya.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)