4 Kesalahan Membersihkan Makeup Mata yang Perlu Kamu Hindari

5 Agustus 2022 17:29
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Membersihkan makeup di area mata dengan perlahan. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Membersihkan makeup di area mata dengan perlahan. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Makeup mata memiliki peran penting karena dapat membuat penampilan terlihat lebih segar dan menunjang. Tak heran, banyak perempuan yang makin percaya diri saat memakai maskara, eyeliner, pensil alis, hingga eye shadow saat beraktivitas. Sayangnya, membersihkan makeup mata masih sering disepelekan. Padahal, kulit di sekitar mata tergolong tipis dan sensitif.
ADVERTISEMENT
Untuk itulah, kamu perlu menghindari cara membersihkan makeup mata yang kurang tepat. Pasalnya, hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti iritasi, keriput, garis halus, hingga kulit kering. Tak mau hal itu terjadi, Ladies? Kalau begitu, yuk simak empat kesalahan membersihkan makeup mata yang perlu kamu hindari berikut ini.

1. Tidak menggunakan produk eye makeup remover

Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Shutterstock
Produk makeup mata, seperti maskara dan eyeliner, biasanya diciptakan dengan formula waterproof. Jadi sebagai step awal, kamu memerlukan eye makeup remover, yang diciptakan khusus untuk membantu mengangkat makeup mata dengan lebih optimal. Setelah itu, barulah bilas dan bersihkan kembali area mata dengan sabun pembersih wajah yang lembut di kulit.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

2. Menggosok area mata terlalu kencang

Dengan harapan ingin menghapus serta membersihkan makeup mata dengan tuntas, kamu pun tak sadar menggosoknya dengan kencang. Sayangnya, hal ini bisa membuat kulit area mata jadi kering, mengelupas, bahkan keriput. Sebaiknya, tuangkan eye makeup remover ke kapas, lalu bersihkan area mata dengan mengusapnya perlahan ke arah bawah mata, tanpa menekan atau menggosoknya kencang. Untuk pulasan makeup mata yang tebal, kamu juga bisa mendiamkan kapas selama satu menit agar eye makeup remover dapat menyerap makeup dengan baik.
ADVERTISEMENT

3. Gerakan membersihkan makeup mata yang salah

Minyak kelapa bersihkan makeup. Foto: thinkstockphotos
zoom-in-whitePerbesar
Minyak kelapa bersihkan makeup. Foto: thinkstockphotos
Kamu juga perlu mengetahui gerakan membersihkan makeup mata yang tepat. Usahakan gerakannya satu arah dan hindari gerakan bolak-balik karena hal ini dapat membuat kulit menjadi iritasi. Untuk menghapus maskara, kamu bisa membersihkannya dengan gerakan dari atas lalu ke arah bawah agar bulu mata tak jadi rontok.

4. Menggunakan sisi kapas yang sama berulang kali

Alih-alih untuk irit, kamu pun jadi membersihkan makeup mata secara berulang dengan sisi kapas yang sama. Sayangnya, kapas yang telah dipenuhi oleh kotoran ini bisa saja berpindah ke kulitmu jika digunakan kembali. Sebaiknya, selalu gunakan sisi kapas yang masih bersih untuk membersihkan sisa makeup agar lebih steril dan tidak membuat sel kulit mati jadi menumpuk di kulitmu ya, Ladies.