kumparan
8 November 2019 20:12

5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Mencegah Timbulnya Jerawat

Ilustrasi jerawat
Ilustrasi jerawat. Foto: Shutterstock
Salah satu masalah kulit wajah yang paling banyak ditakuti perempuan adalah jerawat. Jerawat umumnya disebabkan oleh pori-pori wajah yang tersumbat minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran. Kemunculan jerawat juga biasanya dipicu oleh peradangan pada jaringan kulit atau karena ketidakseimbangan hormon.
ADVERTISEMENT
Banyak orang merasa tidak percaya diri saat berjerawat. Apalagi jerawat seringkali muncul silih berganti. Oleh karena itu, berbagai macam cara pun dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat; seperti memakai produk skin care hingga melakukan perawatan di dokter kecantikan.
Selain cara-cara tersebut, ternyata ada ada cara lain yang bisa mencegah timbulnya jerawat. Sadar atau tidak, cara itu berasal dari kebiasaan sederhana yang Anda lakukan setiap hari. Kebiasaan sederhana apa sajakah itu? Melansir Times of India, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda:
1. Membersihkan wajah
ILUSTRASI CUCI MUKA
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Kebiasaan paling sederhana untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan rutin membersihkan wajah. Kebiasaan ini sangat penting dilakukan, apalagi jika Anda sering memakai makeup. Pemakaian makeup sendiri bisa menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat.
ADVERTISEMENT
Untuk itulah, biasakan double cleansing setelah Anda mengenakan makeup. Double cleansing tersebut bisa Anda mulai dengan membersihkan riasan menggunakan cleanser, lalu dilanjut dengan mencuci muka menggunakan sabun wajah dan air bersih.
Pastikan untuk tidak perlu membersihkan wajah terlalu sering ya, Ladies. Pasalnya, hal itu bisa membuat wajah Anda terasa kering. Anda hanya disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, pada pagi dan malam hari setelah beraktivitas. Anda juga bisa menggunakan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit untuk hasil yang lebih maksimal.
2. Kurangi frekuensi menyentuh wajah dengan tangan
Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi perempuan sedang menyentuh wajah. Foto: Shutterstock
Tangan kita dihinggapi oleh ratusan, hingga mungkin ribuan kuman. Oleh karena itu, kurangi frekuensi menyentuh wajah dengan tangan karena bisa berisiko terjadinya perpindahan kuman atau kotoran dari tangan ke wajah.
ADVERTISEMENT
Apabila Anda ingin mengaplikasikan produk skin care atau makeup menggunakan tangan kosong, pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu.
3. Perhatikan kebersihan rambut
keramas
ilustrasi wanita keramas Foto: shutterstock
Ladies, rambut kotor dan berminyak juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat yang membandel. Oleh karena itu, pastikan membersihkan rambut secara berkala agar kotorannya tidak sampai ke wajah dan menyebabkan jerawat.
Tidak hanya itu, setiap kali keramas atau pakai kondisioner, pastikan Anda benar-benar membilas rambut sampai bersih. Pasalnya, sisa-sisa sampo, kondisioner, dan produk rambut lainnya yang menempel di rambut bisa memicu timbulnya jerawat di kepala dan pinggiran wajah.
4. Jaga kebersihan ponsel dan sarung bantal
perempuan dengan ponsel
ilustrasi perempuan julid Foto: Shutterstock
Menjaga kebersihan layar ponsel dan sarung bantal penting dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat. Alasannya, karena kedua benda ini bisa menjadi sarana penyebaran kuman apalagi sering berkontak langsung kulit wajah.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, rutinlah membersihkan ponsel beberapa hari sekali, dan rutin juga membersihkan sarung bantal serta guling setiap seminggu sekali.
5. Banyak istirahat dan hindari stres
Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur. Foto: Shutterstock
Tidak banyak yang sadar bahwa kedua kebiasaan ini bisa memengaruhi kesehatan kulit wajah. Alasannya, karena kedua kebiasaan ini bisa meningkatkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh. Jika hormon ini berlebih, maka bisa memicu peradangan dalam tubuh (salah satu efeknya adalah kerusakan struktur dan fungsi kulit).
Maka dari itu, istirahatlah dengan cukup setiap malam dan hindari stres sampai berlarut untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengurangi stres; seperti meditasi, relaksasi, hingga jalan-jalan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan