kumparan
11 Desember 2019 11:12

Benarkah Pasta Gigi Ampuh Kempiskan Jerawat?

Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi perempuan sedang memperhatikan bekas jerawat. Foto: Shutterstock
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat, mulai dari cara tradisional, modern hingga instan. Salah satu cara yang paling sering kita dengar adalah mengatasi jerawat dengan mengoleskan pasta gigi pada jerawat yang tengah 'matang'. Banyak yang percaya, cara ini ampuh untuk mengempiskan jerawat dalam semalam.
ADVERTISEMENT
Benarkah demikian?
Dituturkan oleh dermatologis dari Yale University, Mona Gohara, MD, cara ini sebenarnya tidak disarankan karena akan membuat kulit iritasi.
"Pasta gigi memiliki kandungan yang mengeringkan seperti alkohol. Inilah sebabnya orang-orang memiliki ide untuk mengoleskannya di jerawat agar cepat kering," tutur Gohara seperti dikutip dari Cosmopolitan.
sikat dan pasta gigi
sikat dan pasta gigi Foto: Shutterstock
Gohara melanjutkan, pasta gigi sangat berpotensi membuat kulit iritasi. Pada umumnya, pasta gigi mengandung bahan-bahan seperti menthol alkohol, baking soda dan hidrogen peroksida yang memang bermanfaat untuk memberikan efek membersihkan dan mengeringkan.
"Pasta gigi mungkin memang bisa mengempiskan jerawat, tetapi secara bersamaan hal itu akan membuat permukaan kulit iritasi. Jika sudah iritasi, efeknya kulit akan memproduksi minyak berlebihan, menyumbat pori-pori, jerawat hingga komedo," lanjut dermatologis yang juga menjadi assistant professor di Yale University ini.
ADVERTISEMENT
Meski jerawat memang akan mengering dan kempis bila dioleskan pasta gigi, tetapi hal itu tidak membuat jerawat hilang sepenuhnya. Menurut Gohara, cara ini hanya akan membuat lapisan atas jerawat mengering, tetapi tidak di bagian dalamnya yang masih banyak bakteri penyebab jerawat.
Ia menyarankan, mengatasi jerawat seharusnya tidak dilakukan dengan cara yang instan. Gunakan skin care atau obat jerawat yang sesuai dengan arahan dokter kulit.
Selain itu, Anda juga bisa merawat wajah lebih rajin agar wajah terhindar dari jerawat. Misalnya, menggunakan skin care yang mengandung benzoyl peroxide yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat atau skin care dengan kandungan salicylic acid untuk mengatasi jerawat akibat minyak dan kulit mati yang menumpuk.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan