Woman
·
11 September 2021 12:38
·
waktu baca 2 menit

Bukan Cuma Mitos, Lidah Buaya Ampuh Bikin Rambut Berkilau

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bukan Cuma Mitos, Lidah Buaya Ampuh Bikin Rambut Berkilau (152516)
searchPerbesar
Ilustrasi lidah buaya lidah buaya ampuh bikin rambut berkilau. Foto: Shutterstock
Ladies, lidah buaya telah lama dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, khususnya kesehatan kulit. Ya, kulit merupakan bagian tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari. Orang-orang yang rajin menggunakan tabir surya pun bisa mengalami kulit terbakar. Di sinilah, lidah buaya berperan untuk membantu mengatasinya.
ADVERTISEMENT
Namun tidak cuma itu, lidah buaya juga ternyata bermanfaat untuk rambut lho. Ini bukan sekadar mitos. Mengutip InStyle, lidah buaya juga dapat berperan sebagai kondisioner dan masker rambut. Hal ini lantaran lidah buaya mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.
Dr. Jeriel Weitz, dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di New York, Amerika Serikat (AS), mengatakan kepada InStyle, “Lidah buaya mengandung asam amino esensial dan asam lemak yang membantu memperkuat rambut dan vitamin A, C dan E, yang merupakan antioksidan yang menetralisir radikal bebas berbahaya.”
Lidah buaya juga memiliki enzim seperti enzim bradikinase yang dapat mengurangi peradangan ketika diaplikasikan di kulit kepala. Ada pula kandungan mineral seperti tembaga, seng, kalsium, dan magnesium yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.
ADVERTISEMENT
Bila kamu berhasil mendapatkan rambut berkilau setelah rutin menggunakan lidah buaya, ini sebenarnya berkat tingkat pH lidah buaya yang mirip dengan tingkat pH alami rambut.
Isfahan Chambers-Harris, seorang trikologis atau ahli kulit kepala juga mengatakan kepada InStyle, "Lidah buaya juga bekerja untuk menurunkan pH rambut (ke kisaran ideal 4,5 hingga 5,5). Ini yang membantu rambut tetap lembap, berkilau, dan lembut."
Terlepas dari khasiat tersebut, banyak orang juga percaya bahwa lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membantu mengatasi rambut rontok. Namun, benarkah demikian?
Sayangnya, baik Jeriel maupun Chambers-Harris mengatakan bahwa tidak ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. "Namun karena lidah buaya mampu menenangkan peradangan pada folikel rambut, ini dapat membantu pertumbuhan rambut pada kasus kerontokan yang disebabkan oleh kondisi peradangan," kata Chambers-Harris.
ADVERTISEMENT
Jika kamu memutuskan menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut, Jeriel merekomendasikan untuk mengoleskan lidah buaya langsung ke rambut dan kulit kepala. Kemudian, diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan sampo dan kondisioner. Chambers-Harris mengatakan, “Kamu juga bisa menambahkan jus lidah buaya murni ke produk penataan rambut atau menyemprotkannya ke rambut sebelum menata rambut."