Woman
·
8 Juni 2021 9:56
·
waktu baca 2 menit

Tips Karier: 4 Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Karier: 4 Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan (23737)
Ilustrasi perempuan bekerja. Foto: dok. Unsplash
Ladies, menunda pekerjaan hingga akhirnya menumpuk merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk dilakukan terus-menerus. Pasalnya, hal ini yang justru akan membuat performa kamu ketika bekerja cenderung menurun.
ADVERTISEMENT
Untuk menghindarinya, tentu kamu harus bisa secara perlahan mengubah kebiasaan tersebut. Mungkin akan terdengar sulit, namun hal ini justru akan membantumu keluar dari kondisi yang justru berdampak negatif pada karier kamu.
Nah, cara seperti apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan? Mengutip Productivityist, berikut kumparanWOMAN telah merangkum beberapa tips karier hanya untuk kamu!

1. Buat to-do list dengan deadline

Tips Karier: 4 Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan (23738)
Ilustrasi Membuat To-Do-List Foto: Dok. Shutterstock
Membuat to-do list untuk segala pekerjaan yang sudah menumpuk merupakan hal yang mudah dan akan sangat membantu. Tidak hanya membuat to-do list, kamu juga bisa menambahkan deadline tersendiri agar pekerjaan tersebut bisa cepat terselesaikan.
Dengan begitu, sedikit demi sedikit, pekerjaan yang tadinya tertunda dan menumpuk perlahan akan berkurang. Nah, Ladies, kebiasaan membuat to-do list seperti ini, sangat diperlukan untuk membantu kamu tidak lagi menunda pekerjaan hingga akhirnya semua itu menumpuk.
ADVERTISEMENT

2. Atur kembali manajemen waktu dengan baik

Tips Karier: 4 Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan (23739)
Ilustrasi perempuan bekerja. Foto: dok. Unsplash
Bekerja di rumah terkadang membuat seseorang sulit untuk mengatur manajemen waktunya dengan baik. Terlebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan seperti membereskan rumah, memasak, dan lain sebagainya. Hal ini yang terkadang menjadi penyebab kamu menunda pekerjaan hingga akhirnya tertumpuk.
Untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, lebih baik untuk kembali mengatur manajemen waktu dengan baik. Misalnya saja menjadwalkan dengan baik kapan waktu untuk membereskan rumah dan bekerja. Dengan begitu, kamu bisa melakukan kegiatan lain tanpa harus menunda pekerjaan.

3. Jauhkan distraksi yang membuat kamu tidak fokus

Tips Karier: 4 Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan (23740)
Ilustrasi working from home (WFH). Foto: Getty Images
Distraksi ketika sedang bekerja bisa datang dari mana saja. Namun, salah satu contoh yang sering ditemui adalah bermain gadget. Tanpa disadari, ketika kamu bermain gadget, pekerjaan mulai tertunda dan akhirnya menumpuk.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, sekecil apa pun distraksi yang dirasakan ketika bekerja, cobalah untuk menjauh dari itu dan menghindarinya. Sebab hal tersebut sering menjadi pemicu paling utama dari tertundanya pekerjaan yang tengah dikerjakan.

4. Istirahat sebentar ketika lelah

Tips Karier: 4 Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan (23741)
Ilustrasi Perempuan Tidur Foto: Dok. Shutterstock
Melakukan pekerjaan terus-menerus memang akan membuat kamu lelah. Jika sudah seperti itu, tidak apa-apa untuk tidur atau beristirahat sebentar sekitar 5-10 menit. Di sela waktu tersebut, kamu bisa menghabiskannya dengan meregangkan otot atau melihat-lihat pemandangan di sekitar untuk menjernihkan mata.
Apabila dirasa sudah cukup, kamu bisa melanjutkan kembali pekerjaanmu. Namun kali ini dengan motivasi agar pekerjaan cepat terselesaikan dan kamu bisa melakukan kegiatan lainnya. Nah, apabila rutinitas ini dibiasakan, kebiasaan kamu yang sering menumpuk pekerjaan perlahan-lahan menghilang.
ADVERTISEMENT
Penulis: Johanna Aprillia