Buzz
·
19 Juli 2021 12:15
·
waktu baca 2 menit

10 Skill Paling Dibutuhkan di 2025, Mahasiswa Perlu Tahu biar Makin Siap Kerja!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Skill Paling Dibutuhkan di 2025, Mahasiswa Perlu Tahu biar Makin Siap Kerja! (38399)
searchPerbesar
Ilustrasi generasi millenial bekerja di kantor. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menurut prediksi World Economic Forum (WEF) terkait skill kerja, di 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk mengisi 85 juta peluang kerja yang ada.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan prediksi tersebut, seenggaknya 50 persen pekerja perlu menambah dan memperbaiki skill supaya bisa bertahan dan tetap relevan.
Apa aja skill tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk! Apalagi buat mahasiswa biar semakin siap kerja!

Mampu Berpikir secara Analitis dan Inovatif

Guna menyelesaikan permasalahan secara cepat dan akurat, pekerja perlu memiliki kemampuan berpikir secara analitis. Di sisi lain, kemampuan dalam berinovasi juga dibutuhkan demi mencari terobosan baru sesuai kebutuhan pasar.

Pembelajaran Aktif (Active Learning) dan Mandiri

Secara umum pembelajaran aktif menuntut seseorang untuk memaksimalkan otak, guna menemukan ide pokok dari materi yang dipelajari. Sehingga akhirnya dapat mengaplikasikan hasil belajar untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata.
Pada kasus pekerja, mandiri dan kemampuan pembelajaran aktif membuat individu memiliki kemauan kuat untuk terus belajar, dan menerapkan ilmu yang mereka dapat untuk memperbaiki kinerjanya.
ADVERTISEMENT

Ahli dalam Menyelesaikan Masalah yang Kompleks

Skill ini dibutuhkan agar pekerja dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang, dan mencari pendekatan paling tepat untuk menemukan solusi terbaik.

Berpikir Kritis dan Mampu Menganalisis

Sama seperti poin sebelumnya, skill ini diperlukan untuk mencari solusi sampai membuat keputusan yang tepat, supaya bisa meningkatkan performa perusahaan.

Kreatif, Punya Orisinalitas, dan Inisiatif

Persaingan pasar yang begitu ketat menuntut para pekerja untuk memiliki tiga skill ini. Supaya dapat menghasilkan ide segar, terutama mereka yang bekerja di industri kreatif.

Kemampuan Memimpin dan Memberikan Pengaruh Sosial

Perusahaan membutuhkan seorang pemimpin yang bisa memberikan pengaruh, dan mengendalikan anggotanya demi mencapai target perusahaan.

Andal Menggunakan Teknologi

Sesuai kondisi saat ini, teknologi begitu berkaitan dengan seluruh lini kehidupan manusia, termasuk di dunia kerja. Oleh karena itu, kalau ingin menjadi pekerja yang sukses, sebagai pekerja modern wajib memiliki kecakapan dalam penggunaan teknologi.
ADVERTISEMENT

Mampu Merancang Teknologi dan Melakukan Programming

Sekali lagi, perkembangan teknologi yang begitu hebat membuat pekerja dengan skill programming banyak dibutuhkan.

Punya Resiliensi, Toleransi Stres, dan Fleksibilitas Tinggi

Persaingan di dunia pekerjaan makin hari makin ketat. Kondisi ini kemudian menuntut seseorang memiliki resiliensi—kemampuan bertahan terhadap tekanan hidup, ditambah toleransi stres dan fleksibilitas tinggi. Hal ini supaya dapat beradaptasi dalam kondisi sulit.

Memiliki Daya Nalar, Mampu Merumuskan Ide, dan Pandai Mencari Solusi Masalah

Inilah tiga soft skill terakhir yang diprediksi sangat dibutuhkan di dunia kerja di 2025. Perusahaan butuh pekerja yang cakap dalam mengatasi masalah sekaligus merumuskan gagasan terbaik.