kumparan
11 Desember 2019 8:07

Mencari Motivasi Hidup di Tengah 'Quarter Life Crisis'

Ilustrasi quarter life crisis
Ilustrasi quarter life crisis. Foto: Dok. Freepik
Hidup mulai terasa lebih rumit ketika kamu dihadapi dengan pilihan-pilihan sulit. Kegamangan ini enggak jarang bermuara kepada quarter life crisis, alias sebuah periode dalam kehidupan yang membuat kita sering merasa ragu, cemas, dan bingung dengan tujuan hidup.
ADVERTISEMENT
Biasanya kondisi ini akan membuat kamu menyadari ada yang harus diubah dalam hidup. Tapi, enggak tahu apa dan bagaimana cara untuk memulainya. Keadaan tersebut bisa membuat kamu merasa kebingungan dan enggak jarang kesepian.
Quarter life crisis juga bisa menyebabkan hilangnya motivasi untuk bekerja, sekolah, atau sesederhana melanjutkan hidup.
Ilustrasi quarter life crisis
Ilustrasi quarter life crisis. Foto: Dok. Freepik
Well, bukan berarti kamu harus menyerah di tengah terpaan krisis ini, lho, gaes. Menurut Psikologis Klinik, Inez Kristanti, ketika seseorang mengalami quarter life crisis dalam hidupnya, anggap aja sebagai sebuah pengingat untuk fokus kepada tujuan hidup.
Lagipula, quarter life crisis adalah hal yang wajar, kok. Setiap orang pasti akan mengalami fase tersebut.
“Cuma yang membedakannya adalah, kecepatan tiap orang untuk keluar dari situasi tersebut. Ada yang sukses di umur muda, ada juga yang masih dalam proses,” terang Inez kepada kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Inez mengatakan, salah satu hal yang bisa membuatmu keluar dari quarter life crisis adalah lingkungan sekitar. Jadikan lingkunganmu sebagai motivasi positif dalam hidup.
“Coba untuk eksplorasi tujuan hidup kamu dari orang-orang sekitar. Kayak kira-kira apa makna hidup kamu, alasan menjalani tujuan hidup ini untuk apa, siapa, dan kenapa,” tutupnya.
Jadi, apa yang akan kamu lakukan untuk melewati quarter life crisis ini, gaes?
Reporter: Aulania Silviananda
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan