News
·
4 Mei 2017 7:16

5 Wajah di Balik Meme Viral: antara Bahagia dan Depresi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Wajah di Balik Meme Viral: antara Bahagia dan Depresi (22655)
Zoe Roth 'Disaster Girl' (Foto: Peru.com)
Membuat orang terhibur dan tertawa adalah salah satu tujuan dari sebuah meme, seperti arti harfiahnya, yakni “Gambar buatan sendiri dari hasil modifikasi dengan menambahkan kata atau tulisan untuk melucu dan menghibur.”
ADVERTISEMENT
[Baca ]
Selama ini meme kerap menggunakan foto-foto public figure atau masyarakat biasa yang memiliki pose atau ekspresi yang lucu. Sebagian besar dari mereka bahkan tak menyangka foto mereka bisa jadi viral. Mereka juga tidak tahu bagaimana foto mereka dapat tersebar luas.
Hal ini mencuatkan pertanyaan: bagaimana sebenarnya perasaan dan respons orang yang kerap dijadikan meme dan menjadi viral di dunia maya? Apakah mereka siap memikul popularitas dan sorotan masyarakat yang tak selamanya baik?
[Baca]
Berikut kumparan (kumparan.com) merangkum 5 sosok di balik sejumlah meme viral di dunia maya dan respons mereka terhadap fenomena yang dialami:
ADVERTISEMENT
1. Disaster Girl
Zoe Roth, gadis Amerika Serkat berusia 16 tahun, merupakan sosok anak di balik meme “Disaster Girl”. Ia mengaku bangga fotonya menjadi viral. Ia bahkan berharap popularitas fotonya saat masih berusia 4 tahun itu dapat membantunya mengumpulkan uang untuk kuliah.
Namun ada beberapa meme yang membuatnya kurang nyaman. Terlebih, ekspresinya yang menyeramkan dalam foto membuat banyak meme yang beredar memiliki tema sadis atau mengerikan.
“Ada satu meme yang menaruh wajahku di badan Hitler, yang membuatku merasa tak nyaman,” ujar Zoe seperti dilansir The Sun.
2. Success Kid
Ekspresinya saat menelan pasir saat berusia 11 bulan yang terekam kamera orang tuanya membuat Sammy Griner kebanjiran tawaran wawancara dari sejumlah media. Namun Sammy yang kini berusia 10 tahun mengatakan, ia tak ingin populer karena memenya tersebut.
ADVERTISEMENT
“Aku sudah terlanjur terkenal seperti kalian lihat sekarang. Tapi aku ingin terkenal karena karyaku sendiri,” ujar Sammy kepada New Statesman.
Meski tidak mencoba mencari untung dari memenya, Sammy dan keluarganya sempat tertolong melalui penggalangan dana yang memanfaatkan meme tersebut. Hasil penggalangan dana yang mencapai 100.000 dolar AS tesebut digunakan untuk membiayai operasi ginjal ayahnya pada tahun 2015.
3. Jordan Crying
Bagi seorang pemain basket NBA, terpilih dalam “Hall of Fame” (penghargaan tertinggi atas pencapaian dan kontribusi di dunia basket) merupakan sebuah momen emosional yang kadang memancing air mata keluar.
Tak salah memang. Namun momen haru tersebut bisa berubah tawa di jagat maya yang kejam.
Michael Jordan sang legenda basket menjadi korbannya.
ADVERTISEMENT
Jordan memang tak secara langsung memberikan respons, tapi ada baiknya kita jangan menggunakan memenya untuk keperluan iklan atau bisnis lainnya.
"Kami belum melihat ada pihak yang menggunakannya untuk keperluan iklan atau keperluan komersil lainnya. Hal inilah yang akan kami terus monitor" ujar Estee Portnoy, juru bicara Jordan, seperti dilansir Chicago Tribune.
4. Star Wars Kids
Video
Salah satu meme yang paling awal viral di internet, berujung tak mengenakkan. Ghislain Raza, pria berusia 29 tahun di balik video remaja yang mencoba beraksi menjadi Jedi ala Star Wars dengan menggunakan tongkat pengambil bola golf, sempat menjadi bahan meme yang cenderung mengolok-olok aksinya.
Raza pun mengalami depresi berat karena kerap di-bully. Ia mengatakan, sejumlah orang bahkan berusaha menghasutnya untuk bunuh diri, dan ia memutuskan putus sekolah.
ADVERTISEMENT

No matter how hard I tried to ignore people telling me to commit suicide, I couldn’t help but feel worthless, like my life wasn’t worth living.

- Ghislain Raza

Dilansir Daily Mail, Raza yang berhasil melalui masa-masa sulit tersebut kini berhasil melanjutkan pendidikan hingga level universitas. Ia mengambil jurusan hukum. Raza juga kerap menjadi pembicara untuk membantu para pemuda lain yang mengalami cyber bullying.
[Baca: ]
5. Mugshot
Jeremy Meeks merupakan mantan narapidana yang beruntung. Mugshot atau foto dirinya yang diambil untuk dokumentasi polisi usai ia ditahan polisi atas kepemilikan senjata ilegal, membuatnya terkenal hingga dikontrak agensi model Hollywood Gina Rodriguez.
Wajahnya yang viral dan kerap dijadikan meme tersebut dianggap tampan dan memilki aura menggoda bagi banyak netizen perempuan.
ADVERTISEMENT
Dilansir The Sun, Jeremy yang pertengahan tahun lalu bebas, kini tinggal di sebuah rumah mewah di California dan memiliki sports car mewah senilai 155.000 dolar AS. Semua berkat pekerjaan barunya sebagai model. Ia juga sempat tampil dalam ajang fashion bergengsi, New York Fashion Week, pada Februari lalu.
Jangan lewatkan pula yang berikut