kumparan
15 November 2019 8:46

Cerita di Balik Pembuatan Adegan Penting di 'Doctor Sleep'

Untitled Image
Doctor Sleep (Foto: Warner Bros)
Play Stop Rewatch, Jakarta - Kalau kalian sudah menonton Doctor Sleep, kalian menyadari bahwa adegan terpenting yang ada di film ini tidak ada di dalam trailer-nya. Bahkan, kita tidak akan menemukannya di materi promosi marketingnya sekalipun. Bahkan nama beberapa aktor yang muncul di sana tidak dimunculkan dalam daftar cast.
ADVERTISEMENT
Adegan penting tersebut merupakan ide dari Mike Flanagan yang mana pastinya akan menimbulkan kontroversi bagi para pecinta horor, terutama Stephen King itu sendiri selaku penulis novelnya. Akan tetapi, adegan yang akan dibuat ini bahkan mendapat restu dari Stephen King setelah meyakinkannya.

Restu Stephen King

Untitled Image
Stephen King (Foto: IMDb)
Seperti yang kalian tahu, Stephen King tidak pernah menyukai interpretasi The Shining dari Stanley Kubrick. Jadi, apapun rencana yang membuat film tersebut kanon tentunya sulit untuk dapat restu dari Stephen King.
Namun, Mike Flanagan memiliki ide untuk membuat adegan yang tidak ada di film The Shining ataupun di novel Doctor Sleep. Adegan tersebut adalah pertemuan antara Danny Torrance dengan hantu ayahnya, Jack Torrance di Hotel Overlook. Untuk membuat hal tersebut, Flanagan harus meyakinkan Stephen King dapat membuat ulang kembali Hotel Overlook yang sudah pernah dibuat oleh Stanley Kubrick.
ADVERTISEMENT
Awalnya, ide untuk membuat ulang kembali Hotel Overlook ditolak mentah-mentah oleh Stephen King. Akan tetapi, setelah Mike Flanagan meyakinkan Stephen King dengan mengajaknya membayangkan kalau Danny Torrance berjalan di hotel tersebut sendirian dan sampai di bar dan di sana ia bertemu dengan bartendernya yang adalah ternyata ayahnya sendiri. Hal inilah yang membuat Stephen King akhirnya merestui untuk membuat ulang Hotel Overlook.
Sejak saat itu, seluruh adegan yang ada di Hotel Overlook menjadi hal yang paling sering dibicarakan hingga sekarang. Mike Flanagan dan tim menyembunyikan bagian ini agar para penonton bisa merasakan sensasi kejutannya nanti.

Jack Torrance

Untitled Image
Jack Nicholson sebagai Jack Torrance (Foto: IMDb)
Setelah ide tersebut disetujui, selanjutnya siapa yang harus memerankan sang ikon horor, Jack Torrance? Karena Jack Nicholson sudah serius pensiun industri film, maka tidak mungkin melibatkan dirinya kembali. Hal yang paling mungkin adalah memilih aktor lain untuk dapat memerankan Jack Torrance versi interpretasi Stanley Kubrick.
ADVERTISEMENT
Flanagan sendiri menyadari caranya ini akan jadi amat sangat kontroversial. Ia tidak ingin menggunakan efek digital untuk mengubah aktor tersebut jadi mirip seperti Jack Torrance yang ada di The Shining. Walhasil, misinya adalah mencari aktor yang dapat mengingatkan kita terhadap sesosok Jack Torrance-nya Kubrick dan terkesan kita tidak membuatnya untuk lelucon belaka. Pendekatan ini juga dilakukan untuk karakter Wendy, Dick Halloran, dan Danny muda.
Akhirnya, Flanagan memiliki Henry Thomas untuk mengisi peran Jack Torrance. Henry Thomas sendiri adalah teman baik dari Flanagan dan aktor favoritnya. Untungnya, Thomas pun meresponinya dengan sangat positif walaupun dengan resiko adanya kontroversi yang akan terjadi nantinya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan