Profil Mbah Guru Matematika yang Bernama Melan Achmad

Profil Tokoh
Menyajikan informasi profil tokoh ternama dari Indonesia maupun mancanegara.
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 6:03 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Tokoh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk Mbah Guru Matematika, Foto: Unsplash/Christina @ woocintechchat.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk Mbah Guru Matematika, Foto: Unsplash/Christina @ woocintechchat.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mbah Guru Matematika adalah sebutan yang disematkan kepada sosok kakek asal Purworejo yang saat ini menjadi sorotan, sebab dirinya kerap melakukan live Tiktok untuk mengajar Matematika secara gratis bagi para pengikut akunnya.
ADVERTISEMENT
Sang kakek yang bernama lengkap Melan Achmad ini dikenal dengan ciri khas tampilannya saat mengajar, yang selalu tampil rapi dengan menggunakan kemeja maupun kain batik, serta tak lupa tampilan papan tulisnya yang berjajar.
Niat baik dan kegigihan sang kakek untuk menggapai citanya, yaitu mencerdaskan anak bangsa, mendapat komentar positif dari netizen di akun media sosialnya. Saat ini, profil sosok guru tersebut banyak dicari masyarakat.

Siapa itu Mbah Guru Matematika

Photo illustration by Jo Szczepanska on Unsplash
Mbah Guru Matematika adalah seorang kakek berusia 78 tahun, bernama Melan Achmad, yang aktif menjadi konten kreator ajar dalam bidang Matematika, melalui menu live pada platform yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia, yaitu Tiktok.
Nama Mbah Guru kian viral di media sosial, berkat kecerdasannya dalam membagi berbagai tip dan trik untuk menyederhanakan rumus-rumus Matematika. Tak heran, dirinya tercatat memiliki lebih dari 600.000 pengikut di akun Tiktoknya.
ADVERTISEMENT
Angka keberhasilan tersebut tentu tak serta merta Mbah Guru dapatkan. Dalam perjalanannya, Mbah Melan harus memulai karier di dunia maya ini dengan hanya memiliki beberapa penonton saja, yang bahkan masih bisa dihitung jari.
Kendati demikian, tekadnya yang kuat untuk mencerdaskan anak bangsa membuat sang guru pantang menyerah dan senantiasa mensyukuri kehadiran penonton yang ikut belajar, sekecil apapun angka presentasinya, asalkan bermanfaat dan produktif.
Kegigihan tersebut pada akhirnya membuahkan hasil, baik secara moril maupun materi. Para pengguna medsos mulai tergugah hati dengan kesungguhan sang kakek yang giat mengajar dengan cara yang begitu menarik di masa tuanya ini.
Karena banyak pengguna medsos yang menyukai kontennya, akun media sosial Mbah Guru pun masuk dalam deretan FYP (For Your Page) Tiktok Indonesia, hingga sang guru mendapat julukan baru sebagai “Si Kakek Penyelamat FYP Indonesia.”
ADVERTISEMENT
Julukan tersebut dikutip dari kanal Youtube Deddy Corbuzier, seorang entertainer sekaligus podcaster kenamaan Indonesia, dalam podcastnya yang bertajuk “Pemerintahnya Mana Nih!? Si Kakek Penyelamat FYP Indonesia!! Mbah Guru Matematika.”
Bukan tanpa alasan, Deddy Corbuzier berpendapat bahwa FYP Tiktok Indonesia tidak mendidik, dan sang Mbah memecahkan pandangan tersebut. Pada podcast itu, Mbah guru juga bercerita tentang banyak hal, termasuk jadwal live dan pemasukannya.
Jadwal live Mbah guru di Tiktok adalah 2 kali dalam sehari, dengan durasi 90 menit per pertemuan, yaitu pada pukul 16.00 – 17.30 WIB dan 19.30 – 21.00 WIB. Lalu, pemasukannya dari tiktok adalah sekitar 10 – 11 juta rupiah per bulan.
Adapun target ajar Mbah Guru di Tiktok, yaitu bagi setiap kalangan, mulai dari siswa SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, hingga tokoh dosen serta doctor dari berbagai daerah. Tak hanya matematika dasar siswa, Mbah Guru juga mengajar banyak materi lain.
ADVERTISEMENT
Berbagai rumus, mulai dari rumus pada tes CPNS, BUMN, STAN, hingga OSN dibedah langsung oleh Mbah Guru dengan cara sesederhana mungkin. Banyaknya rumus tersebut kemudian disusunnya menjadi sebuah buku bertema ‘buku Matematika praktis.’

Profil Mbah Guru Matematika

Photo Illustration by Tra Nguyen on Unsplash
Mbah Melan Achmad merupakan konten kreator sekaligus guru yang berasal dari Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Semasa hidupnya hingga kini, 49 tahun karier, sang kakek mendedikasikan diri dalam dunia pendidikan.
Mbah Melan tercatat sebagai lulusan pendidikan di PGSLB pada saat itu, yang mana bekal pendidikan tersebut kemudian membawanya ke jenjang awal karier mengajar Matematika pada tahun 1970, di SMP Negeri 13 Purworejo.
Mengajar formal hingga les tambahan terus dirinya tekuni, hingga pada tahun 2003, Mbah pensiun karena batas usia. Namun, tak lama setelah itu, Mbah kembali direkrut oleh salah satu sekolah kejuruan di Purworejo, dan memilih berhenti pada 2018.
ADVERTISEMENT
Pensiunnya itulah yang kemudian melatarbelakangi Mbah Guru hingga menjadi viral seperti saat ini. Dirinya mengaku bahwa berawal dari rasa bosannya berdiam di rumah, muncullah ide untuk mengajar kembali dengan membuka kelas bimbel (bimbingan belajar).
Kurangnya sarana dan prasarana saat itu, akhirnya hanya izinlah yang Mbah kantongi, sedangkan pelaksanaannya belum dapat terealisasi. Sampai singkat kisah, tercetuslah ide dari sang anak untuk mengajar melalui live di akun Tiktok.
Hingga saat ini, Mbah Guru tercatat sudah mendapatkan legalisasi hak cipta atas 'buku Matematika praktis' karyanya. Belum lagi, dirinya juga mendapat banyak dukungan moril maupun materil dari para pengikut akun serta perusahaan percetakan buku.
Tak hanya itu, kesuksesannya dalam mengajar di media sosial dibuktikan dengan jumlah pengikut akun media sosialnya, seperti Instagram: >23 ribu pengikut (@mbahgurumatematika45), Tiktok: >600 ribu (@binaprestasiswa), dan Youtube: >5 ribu.
ADVERTISEMENT
Pencapaian-pencapaian itu hanyalah sebagian dari kebahagiaan Mbah Guru, karena bahagia sang guru lainnya tentu terletak pada kesuksesan para muridnya, serta pada kesuksesan 5 anak, 14 cucu, dan 1 cicit kesayangannya di kampung halaman.
(Sumber: Youtube, Deddy Corbuzier, Close The Door Podcast episode 164, “Pemerintahnya Mana Nih?! Si Kakek Penyelamat FYP Indonesia!! Mbah Guru Matematika”)
Itulah ulasan mengenai profil Mbah Guru Matematika, bernama Melan Achmad, yang dapat pembaca simak. Pastikan untuk selalu memberikan dukungan positif dan meniru segala semangat baiknya agar dapat bermanfaat bagi sesama.