Apakah Keuntungan dari Penerapan Otonomi Daerah di Indonesia?

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
Konten dari Pengguna
27 Mei 2024 11:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apakah Keuntungan dari Penerapan Otonomi Daerah di Indonesia. Sumber: pexels/Tom Fisk
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apakah Keuntungan dari Penerapan Otonomi Daerah di Indonesia. Sumber: pexels/Tom Fisk
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Otonomi daerah memberikan dampak bagi kepentingan masyarakat. Pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menentukan kebijakan. Lalu apakah keuntungan dari penerapan otonomi daerah di Indonesia?
ADVERTISEMENT
Salah satu keuntungannya yakni memudahkan kepentingan masyarakat karena berkaitan dengan kepentingan lokal. Jadi otonomi daerah harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan bersama.

Apakah Keuntungan dari Penerapan Otonomi Daerah di Indonesia?

Ilustrasi Apakah Keuntungan dari Penerapan Otonomi Daerah di Indonesia. Sumber: pexels/Tom Fisk
Menurut buku Pajak Daerah dalam Pendapatan Asli Daerah, Phaureula Artha Wulandari dan Emy Iryanie (2018:1), istilah otonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu auto artinya sendiri dan nomous artinya hukum atau peraturan jadi. Jadi otonomi daerah adalah aturan yang mengatur daerahnya sendiri.
Hakikat dari otonomi daerah antara lain daerah memiliki hak untuk mengatur dan mengurus rumah tangga pemerintahan sendiri. Daerah mengatur berdasarkan dengan peraturan perundangan yang berlaku.
Berdasarkan hakikat dan pengertiannya, apakah keuntungan dari penerapan otonomi daerah di Indonesia? Berikut ini penjelasannya.
ADVERTISEMENT

1. Pembangunan Berjalan Lancar

Tidak terjadi pemusatan kekuasaan pemerintahan dalam tingkat pusat. Ini yang akan membuat pembangunan berjalan lancar. Karena pemerintah daerah lebih paham atas daerah sendiri. Sehingga kepentingan umum dapat diurus menjadi lebih baik.

2. Memudahkan Kepentingan Masyarakat

Setiap daerah dan masyarakatnya memiliki kepentingan masing-masing, baik jumlah, macam, dan pelayanan yang dibutuhkan.
Dengan adanya otonomi daerah, pemerintah daerah berhak mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Masyarakat tidak perlu bergantung pada pusat yang pastinya akan memakan waktu lama.

3. Pemerintah Daerah Memiliki Kewenangan

Keuntungan selanjutnya adalah pemerintah daerah memiliki kewenangan dalam urusan aturan rumah tangga sendiri. Sehingga dapat menentukan bentuk pelayanan dan upaya sesuai dengan sifat daerah dan keadaannya.
Keuntungan dari penerapan ini dapat tercipta apabila disertai kerja nyata dan bertanggung jawab. Semua harus sejalan dengan tujuan dari otonomi yang pada dasarnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
ADVERTISEMENT
Jadi jika ada pertanyaan yang timbul apakah keuntungan dari penerapan otonomi daerah di Indonesia? Jawabannya adalah memudahkan kepentingan masyarakat, pembangunan dan untuk kesejahteraan rakyat. (DVA)