Konten dari Pengguna

Digitalisasi: Pengertian dan Manfaatnya di Era Modern

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
15 Juli 2023 11:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Digitalisasi adalah. Sumber: Pexels/Mikael Blomkvist
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Digitalisasi adalah. Sumber: Pexels/Mikael Blomkvist
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Digitalisasi adalah proses perubahan dan penggunaan analog ke teknologi digital. Dalam konteks bisnis istilah ini sudah tidak asing lagi di era modern saat ini. Konsep tersebut mengubah interaksi, komunikasi, fungsi bisnis, dan model bisnis menjadi lebih digital.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang mendorong digitalisasi ialah faktor perkembangan teknologi. Hal ini menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang menginginkan pelayanan lebih cepat dan efisien.

Pengertian Digitalisasi

Ilustrasi Digitalisasi adalah. Sumber: Pexels/cottonbro studio
Menurut buku UMKM dalam Digitalisasi Nasional, penerbit Cendikia Mulia Mandiri (2023:88), digitalisasi adalah suatu proses konversi dari teknologi analog ke teknologi digital, atau penggunaan teknologi dan data digital untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, atau model bisnis.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian digitalisasi mempunyai arti proses pemberian atau pemakaian sistem digital. Sedangkan menurut beberapa ahli, definisi digitalisasi dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang dan konteksnya.
Menurut Ritter dan Pedersen (2020), digitalisasi adalah meningkatnya ketersediaan data digital yang dimungkinkan oleh kemajuan dalam menciptakan, mentransfer, menyimpan, dan menganalisis data digital.
ADVERTISEMENT
Lalu menurut Shrivastava (2017), digitalisasi adalah mengubah interaksi, komunikasi, fungsi, dan model bisnis menjadi lebih digital. Digitalisasi bertujuan mengurangi pengeluaran biaya dengan melakukan pengoptimalan proses internal.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa digitalisasi dapat dimaknai dalam berbagai konteks, namun pada umumnya diketahui dalam konteks bisnis yang beralih menjadi teknologi digital.

Manfat Digitalisasi

Ilustrasi Digitalisasi adalah. Sumber: Pexels/Kindel Media
Terdapat banyak sekali manfaat yang berguna untuk berbagai sektor dari adanya proses digitalisasi ini. Manfaat digitalisasi dalam sektor bisnis adalah.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu digitalisasi adalah proses yang memiliki banyak manfaat untuk suatu bisnis yang dijalankan di era modern saat ini.(DVA)