7 Tips dan Cara Meningkatkan Power Bersepeda

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
15 Mei 2024 10:00 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pesepeda Meningkatkan Power Saat Bersepeda. Foto: Chetty Thomas/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pesepeda Meningkatkan Power Saat Bersepeda. Foto: Chetty Thomas/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pesepeda harus tahu cara meningkatkan power bersepeda jika ingin lebih cepat saat melakukan olahraga ini. Power tidak hanya membantu dalam hal kecepatan, tetapi juga bisa membuat kegiatan bersepeda jadi lebih efisien dam tetap meningkatkan kebugaran fisik.
ADVERTISEMENT
Sebelum melangkah ke cara meningkatkan power, penting untuk memahami apa itu 'power' dalam konteks bersepeda. Power atau daya adalah kombinasi dari kecepatan dan kekuatan yang digunakan untuk mengayuh.
Mengutip laman Hincapie, manusia ibarat mesin yang menyuplai tenaga ke sepeda. Nah, sebagai sebuah mesin, manusia harus menghasilkan lebih banyak usaha dalam waktu yang sama agar sepeda bisa melaju lebih cepat.

Cara Meningkatkan Power Bersepeda

Ilustrasi Pesepeda Meningkatkan Power Saat Bersepeda. Foto: G-Stock Studio/Shutterstock
Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk meningkatkan power saat bersepeda.

1. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

Menurut laman Training Articles, salah satu cara efektif untuk meningkatkan power adalah melalui latihan interval intensitas tinggi. Latihan ini meliputi bersepeda dalam periode pendek menggunakan kecepatan penuh, kemudian dilanjutkan dengan periode istirahat atau mengayuh sepeda dengan lebih lambat.
ADVERTISEMENT
HIIT dapat membantu memperkuat otot-otot kaki, meningkatkan kapasitas kardiovaskular, dan mempercepat metabolisme.

2. Latihan Kekuatan Otot Kaki

Mengutip laman Bicycling, penting untuk melatih kekuatan otot kaki jika ingin meningkatkan power bersepeda. Manfaat lain dari latihan ini adalah dapat membantu mencegah cedera.
Latihan otot kaki yang bisa dicoba adalah split suqat. Caranya, posisikan kaki kanan di atas bangku atau kursi yang terletak di belakang tubuh. Jadi, posisi Anda berdiri membelakangi kursi.
Kemudian tekuk lutut untuk menurunkan posisi tubuh, lalu berdiri kembali. Ulangi latihan ini sebanyak 8 kali. Untuk menambah beban, pegang sepasang dumbbell saat squat.
Latihan lainnya yang disarankan adalah renegade row. Sekilas, posisi latihan ini tampak seperti push up. Tapi Anda harus memegang dumbel dan menjadikannya sebagai tumpuan. Setelah itu, angkat siku ke arah atas secara bergantian. Lakukan latihan ini sebanyak 8 kali per sesi.
ADVERTISEMENT

3. Perhatikan Asupan Nutrisi dan Hidrasi

Asupan nutrisi yang tepat sangat penting dalam mendukung peningkatan power. Mengutip laman Hincapie, pesepeda disarankan untuk banyak mengonsumsi protein untuk memberi bahan bakar pada otot saat mengayuh.
Hidrasi juga krusial bagi seorang pesepeda, karena kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menurunkan performa dan mengurangi efisiensi dalam penggunaan power. Oleh karena itu, disarankan untuk rajin mengonsumsi air dan buah yang kaya serat.

4. Memilih Sepeda yang Tepat

Ilustrasi Pesepeda Meningkatkan Power Saat Bersepeda. Foto: Pixel-Shot/Shutterstock
Memiliki sepeda yang pas dengan postur tubuh adalah kunci utama untuk dapat menghasilkan power yang maksimal. Sepeda yang terlalu besar atau kecil mengharuskan Anda bekerja lebih keras, sehingga mengurangi efisiensi bersepeda.
Jadi, pastikan sepeda Anda telah memiliki posisi sadel dan setang yang seimbang. Dengan begitu, Anda bisa mengayuh dengan nyaman dan cepat.
ADVERTISEMENT

5. Teknik Pemulihan yang Baik

Pemulihan adalah bagian yang sering terabaikan dalam latihan bersepeda. Padahal pemulihan yang baik dapat meningkatkan kekuatan dan stamina untuk sesi bersepeda berikutnya.
Teknik pemulihan yang efektif bisa dengan hidroterapi atau mandi air hangat, pijat, dan tidur yang cukup. Metode pemulihan aktif seperti berjalan kaki atau berenang juga bisa membantu mempercepat pemulihan otot.
Mengutip laman Hincapie, teknik pemulihan efektif lainnya yang bisa dicoba adalah mengayuh sepeda menuruni bukit dengan cepat. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk melatih meningkatkan irama kayuhan dan kekuatan pinggul.

6. Bersepeda Melawan Angin

Jika Anda bersepeda di jalan datar, sebaiknya kayuh sepeda melawan angin. Latihan ini memiliki beban yang sama seperti bersepeda di jalan menanjak.
Bersepeda melawan angin dengan kecepatan yang konsisten dan terkendali dapat membantu melatih otot dan ketahanan. Kayuh sepeda dengan kecepatan sekitar 90 rpm dan tingkatkan kecepatannya seiring dengan kencangnya angin.
ADVERTISEMENT

7. Menggunakan Teknologi untuk Melacak Kemajuan

Penggunaan gadget dan aplikasi untuk mengukur kecepatan bersepeda bisa sangat membantu dalam memonitor peningkatan power Anda. Dengan data tersebut, Anda bisa menyesuaikan program latihan secara lebih spesifik dan bertarget. Program peningkatan power pun jadi lebih efektif dan hasilnya signifikan.
(DEL)