Pencarian populer
11 Oktober 2018 9:54 WIB
0
0
7 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Jelajahi saat Berada di NTB
Lanskap Pulau Kenawa, Sumbawa Dari Ketinggian (Foto: Wikimedia Commons)
Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat populer. Berbicara mengenai NTB yang akan terlintas pertama kali di benak kita adalah Pulau Lombok.
Memang, Pulau Lombok merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Indonesia. Namun, apakah destinasi wisata di NTB hanya ada di Lombok saja? Tentu tidak, ternyata NTB memiliki banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi lho.
Mulai dari wisata alam, pantai, bahkan wisata budaya. Berikut kumparanTRAVEL rangkum tujuh tempat wisata yang ada di NTB. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut.
1. Pantai Ai Manis
Jika ke NTB, jangan lupa mengunjungi pantai Ai Manis yang hadirkan pasir putih (Foto: (Instagram/@putrikasihpahu))
Sebuah pantai cantik yang berada di sekitar Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di NTB.
Pantai Ai Manis merupakan salah satu pantai yang meiliki hamparan pasir putih dan pemandangan bawah laut yang kaya akan biota lautnya.
Apalagi di sekitar pantainya terdapat berbagai jenis flora dan fauna endemik yang semakin menambah keasrian pantai tersebut.
Oleh sebab itu, Pantai Ai Manis ternyata memiliki panorama pantai yang tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Lombok.
2. Danau Satonda
Pulau Satonda memiliki danau air asin dengan tingkat kebasaan yang tinggi. (Foto: (Instagram/@afiholle))
Keindahan Danau Satonda sudah tidak diragukan lagi. Danau yang berada di tengah Pulau Satonda, Kabupaten Dompu, NTB ini menawarkan panorama alam yang mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung ke sana. Selain dikenal dengan keindahannya, danau ini ternyata memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya yang asin.
Air asin di danau ini diperkirakan terjadi akibat tercampurnya air laut yang meluap dan terperangkap saat Gunung Tambora meletus.Yang membuat danau ini terkenal hingga mancanegara adalah karena dahulunya ada dua ilmuan Eropa, Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak yang meneliti Danau Satonda pada tahun 1984, 1989, dan 1996.
Menurut kedua peneliti tersebut Danau Satonda merupakan fenomena alam yang langka karena airnya yang asin dengan tingkat kebasaan yang tinggi bila dibandingkan dengan air laut umumnya. Selain keunikannya tersebut, keindahan yang ditawarkan di Danau Satonda menjadikan danau ini sebagai salah satu destinasi populer di kalangan wisatawan.
3. Pantai Lawar
Pantai Lawar adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Sekongkang Atas, Sekongkang, Sumbawa Barat. Pantai dengan panorama yang indah ini kelestarian dan kebersihannya masih sangat terjaga. Apalagi, pantai yang diapit oleh dua bukit ini seakan menambah eksotisme Pantai Lawar.
Tidak hanya diapit dua bukit yang indah, di pantai ini kamu akan menjumpai hamparan pasir putih cantik dengan aliran ombak yang tenang,
Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, pantai ini menjadi salah satu spot diving (menyelam) yang patut kamu coba. Tidak hanya keindahan bawah lautnya, pantai ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan sunset yang indah.
4. Teluk Saleh
Salah satu lokasi swafoto favorit di Pulau Panjang, - Teluk Saleh, NTB (Foto: (Instagram/@mar.ini08))
Tak kalah dengan Lombok, Sumbawa juga memiliki destinasi wisata yang eksotis. Salah satunya adalah Teluk Saleh yang dijuluki sebagai "Akuarium Dunia" yang menawarkan spot snorkeling dan diving yang wajib dieksplorasi.
Teluk Saleh merupakan sebuah perairan yang berada di dalam tiga kawasan sekaligus yaitu Sumbawa, Dompu, dan Bima. Untuk mencapai Teluk Saleh, kamu harus menyewa kapal atau speedboat dari beberapa titik, salah satunya di Labuhan Jontal.
Airnya yang sangat jernih dapat kamu temui sepanjang perjalanan sejak berada di atas kapal. Apalagi di sekitar Teluk Saleh terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang dapat kamu kunjungi.
Tidak hanya air lautnya yang super jernih, keindahan bawah laut di Teluk Saleh pun menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi kamu juga dapat melihat sunset dengan latar belakang Gunung Tambora yang indah,
5. Pulau Nisa Pudu
Pulau Nisa Pudu, NTB hadirkan pasir putih kepada wisatawan. (Foto: (Instagram/@sisitimur))
Nisa Pudu adalah sebuah pulau yang cukup populer di kalangan masyarakat Dompu karna keindahan pulau ini tidak kalah dengan pulau lainya.
Pulau ini masih terletak di sekitar perairan Teluk Saleh yang dijuluki sebagai "Akuarium Dunia" karena memiliki berbagai keindahan dan keberagaman spesies biota laut yang ada di sana. Pulau tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu pulau yang besar dan kecil.
Nisa Pudu diselimuti dengan rerumputan hijau dan juga pepohonan yang indah. Untuk menuju pulau ini, kamu harus menyewa kapal nelayan untuk menyeberang agar sampai ke sana.
Hamparan pasir putihnya akan membuat siapapun terpesona akan keindahan alam yang ada di pulau tersebut. Keindahan bawah laut Nisa Pudu merupakan salah satu hal yang wajib dicoba. Karena Nisa Pudu menawarkan keindahan bawah laut yang tak kalah dari pulau-pulau lainnya di Lombok.
6. Padang Savana Doro Ncanga
Padang savana ini memiliki luas kurang lebih 20.000 hektare (Foto: (Instagram/@anakagungmip))
Padang Savana Doro Ncanga adalah salah satu destinasi favorit wisatawan di Dompu, NTB. Terletak di kawasan Desa Calabai, Dompu, NTB, merupakan salah satu padang savana ini yang sangat luas.
Padang savana ini memiliki luas kurang lebih 20.000 hektare yang menanti untuk kamu jelajahi.
Di bagian selatan padang savana ini kamu akan melihat indahnya Teluk Saleh sedangkan di bagian utara kamu akan menjumpai Gunung Tambora. Kamu akan melihat hamparan rumput hijau yang indah. Apalalgi di sana juga kerap dijumpai hewan-hewan ternak yang berkeliaran mencari makanan.
7. Pulau Kenawa
Tampilan Pulau Kenawa dari kamera drone. (Foto: (Instagram/@kovzzz))
Pulau Kenawa adalah salah satu pulau kecil yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB yang sangat indah. Pulau yang memiliki luas sekitar 13 hektare ini adalah sebuah pulau yang tidak berpenghuni.
Karena tidak berpenghuni, pulau ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam dengan tenang.
Untuk menyeberang ke Pulalu Kenawa, kamu harus menyewa perahu dengan tarif sekitar Rp. 300 hingga 400 ribuan untuk perjalanan pulang pergi. Perahu tersebut juga dapat memuat sekitar 10-20 penumpang untuk sekali perjalanan.
Pulau Kenawa memiliki pemandangan yang indah, dengan hamparan pasir putihnya di sekitar pantainya. Selain itu, kegiatan snorkeling adalah hal yang harus dilakukan ketika berkunjung ke pulau ini, mengapa? Karena kamu dapat melihat indahnya pesona bawah laut di Pulau Kenawa.
Selain pesonanya yang indah, di tengah pulau ini juga terdapat sebuah bukit kecil untuk melihat sunset ataupun sunrise yang indah.
Bagaimana, siap untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: