Pencarian populer

Obituari Julia Perez: Perjuangan 3 Tahun Melawan Kanker Berakhir

Jupe masih terus berjuang melawan sakit kanker (Foto: Instagram @riomotret)
Perjuangan Yuli Rachmawati alias Julia Perez berakhir setelah selama tiga tahun melawan kanker serviks. Jupe meninggal Sabtu (10/6) sekitar pukul 11.12 WIB di RSCM, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Yuli Rachmawati lahir di Jakarta, 15 Juli 1980 dari pasangan almarhum Angkasa Jaya dan Sri Wulansih. Ia adalah anak pertama dari 3 bersaudara, yakni Nia Anggia dan Della Wulan Astreani.
Sebelum menjadi seorang publik figur, wanita yang kini lebih dikenal dengan nama Jupe itu mengambil jurusan sekretaris di Sekolah Tinggi Komunikasi Interstudi untuk program D1, Jakarta Selatan. Ia pun melakukan praktik kerja lapangan di sebuah perusahaan furnitur.
Atasan Jupe yang merupakan orang Belanda itu pun mengajaknya untuk bekerja di perusahaan miliknya di Belanda. Lulus kuliah, Jupe pun terbang ke Negara Kincir Angin tersebut.
Kedatangannya di Belanda mempertemukan dirinya dengan model Damien Perez. Keduanya pun menikah pada 7 Oktober 2002, membuat Yuli mengubah namanya menjadi Julia Perez. Jupe pun hijrah ke Prancis karena ikut dengan Damien.
ADVERTISEMENT
Video
Di Prancis, ia iseng mengirim foto dirinya ke majalah-majalah dewasa. Kariernya sebagai model pun dimulai dan terbilang sukses. Buktinya, namanya masuk ke dalam daftar 100 wanita terseksi versi majalah FHM dan Maxim Prancis.
Jalan kerier Jupe terbuka jalan saat ia kembali ke Indonesia. Saat itu, sekitar tahun 2002-2003, ia mengantar sang adik untuk melakukan casting. Ternyata, Jupe yang lolos, bukan adiknya. Sejak itulah Jupe kerap mendapat tawaran untuk tampil di tayangan-tayangan tengah malam di sebuah stasiun televisi swasta.
Nama Jupe pun semakin mulai terkenal di Tanah Air. Sejak itu, ia juga banyak bermain untuk beberapa tayangan, seperti 'Cinta Lokasi', 'Komedi Nakal', 'Penjaga Pantai', 'Lepas Malam', 'Rahasia Ilahi', dan 'Hidayah'.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Pada Agustus 2007, wanita berdarah Sunda-Betawi ini menjadi pembawa acara sepak bola untuk pertandingan Persija dan PSS Sleman di Stadion Lebak Bulus. Menurutnya, banyak pemain sepak bola Indonesia yang tampan sehingga dapat mengobati rasa rindunya pada sang suami.
Di bulan April 2008, Jupe mengumumkan bahwa ia kini terjun ke dunia dangdut. Ia pun merilis album perdananya, 'Kamasutra', dengan bonus kondom untuk setiap pembelian CDnya dan mempunyai goyang andalan yang bernama 'goyang blender'. Ia juga membuktikan bahwa kualitasnya patut diakui karena ia berhasil keluar sebagai juara pertama kompetisi 'Selebriti Mendadak Dangdut'.
Di awal 2009, Jupe terlihat dekat dengan seorang pemain sepak bola berdarah Argentina dari klub Persiba, Gaston Castaño. Bahkan, Jupe berani liburan bersama Gaston di awal Maret 2009. Karena itu, Jupe dan Damien mengakhiri hubungan mereka dengan bercerai.
Gaston Castano Jenguk Jupe (Foto: Kevin Putra/kumparan)
Jupe sempat digugat Damien karena menggunakan nama 'Perez' yang merupakan nama keluarga Damien. Ia juga menuduh Jupe menggunakan nama itu sebagai kunci untuk membuat dirinya semakin terkenal. Namun, Jupe memenangkan gugatan tersebut di pengadilan. Jupe pun resmi berpacaran dengan Gaston meski tidak disetujui oleh keluarganya.
ADVERTISEMENT
Tahun 2010, Jupe kembali mengumumkan bahwa ia mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pacitan. Namun, tak lama setelahnya, Jupe mengaku bahwa ia telah mengundurkan diri.
Pada 26 September 2013, Jupe resmi menikahi Gaston di Australia secara diam-diam. Sayang, pada 10 Maret 2016, Jupe menggugat cerai Gaston. Keduanya pun resmi bercerai pada 12 Mei 2016.
Kontroversi
Artis Julia Perez dalam sebuah pose. (Foto: Instagram @juliaperrezz)
Karena sering berpenampilan seksi, Jupe kerap dicekal di beberapa kota di Indonesia, seperti Bengkulu. Album musik pertamanya juga dicekal di Nusa Tenggara Barat, Balikpapan, dan Surabaya karena berbonus kondom.
Kala itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta, mengatakan bahwa bonus kondom pada albumnya itu dapat diinterpretasikan sebagai dukungan terhadap seks bebas, apalagi lirik lagu dalam album 'Kamasutra' juga memperkuat dugaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Ia juga kerap berseteru dengan artis-artis lain, seperti Dewi Persik dan Nikita Mirzani.
Karier Sebagai Pekerja Seni
Loading Instagram...
Sejak tahun 2007, Jupe telah bermain untuk sejumlah film, beberapa di antaranya adalah 'Nagabonar Jadi 2' (2007), 'Beranak Dalam Kubur' (2007), 'Susahnya Jadi Perawan' (2008), 'Jeritan Kuntilanak' (2009), 'Te(Rekam)' (2010), 'Gending Sriwijaya' (2013), dan 'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' (2014).
Berkat aktingnya di film 'Gending Sriwijaya', ia berhasil membawa pulang piala Maya untuk kategori 'Aktris Utama Terpilih' di tahun 2013.
Jupe juga memiliki 4 album musik, yakni 'Kamasutra' (2008), 'Aku Rapopo' (2014), 'Dangdut Galau 2016' (2016), dan 'The Best of Julia Perez' (2016). Single-single-nya yang paling terkenal meliputi 'Jupe Paling Suka', 'Aku Rapopo', dan 'Belah Duren'.
ADVERTISEMENT
Ia juga tergabung dengan grup musik dangdut Trio Cecepy bersama Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik.
Digerogoti penyakit kanker stadium 4
Loading Instagram...
Jupe divonis kanker serviks pada September 2014. Segala cara ia tempuh untuk melawan penyakit tersebut, termasuk menjual mobil hingga rumahnya. Satu bulan kemudian, ia mengungkap bahwa dirinya menderita kanker stadium 2 dan harus segera dioperasi. Ia pun bertolak ke Singapura untuk menjalani pengobatan.
Di tahun 2015, Jupe mengumumkan bahwa ia sudah sembuh total dari penyakit kanker. Namun, pada Juni 2016, ia kembali dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Di akhir tahun 2016, Jupe mengatakan bahwa kanker serviks yang dideritanya telah memasuki stadium 4.
Julia Perez meninggal dunia (Foto: Instagram/@anggitheperez)
Ya, perjuangan Jupe selama 2 tahun terakhir ini memang tak bisa dibilang mudah. Dengan tegar, menghadapi kenyataan pahit akan kehidupannya itu. Tak hanya harta yang menyusut, fisiknya juga ikut menyusut. Rambut hitamnya juga habis karena efek kemoterapi yang ia jalani.
ADVERTISEMENT
Jupe melangsungkan operasi pencernaan pada Kamis (8/6) kemarin. Adapun operasi itu dilakukan karena adanya gangguan pada alat pencernaan sehingga selebriti berusia 36 tahun ini harus melakukan operasi besar pada bagian perutnya.
Operasi besar ini pun terpaksa membawa pedangdut berusia 36 tahun ini ke ruang ICU. Sebelumnya, ia tengah berbaring di kamar perawatan selama berbulan-bulan.
Selamat jalan, Jupe!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85