Pencarian populer
USER STORY

5 Jasad yang Tetap Utuh Meski Sudah Terkubur Puluhan Tahun

Jasad Kiai Anwar Sudibyo tetap utuh saat dibongkar dan dipindahkan meski sudah 31 tahun dimakamkan (Foto: Facebook Santri Ndalem/kumparan)

Beberapa waktu lalu, masyarakat sempat dihebohkan dengan jasad yang tetap utuh di Blitar, padahal sudah terkubur selama lebih-kurang 31 tahun. Padahal, biasanya selama tujuh bulan mulai dari pertama kali jasad seseorang dikuburkan akan hancur. Hanya tersisa tulang-belulangnya saja.

Namun demikian, peristiwa yang sempat santer dibicarakan itu rupanya bukan kali pertama. Beberapa jasad yang masih tetap utuh meski sudah terkubur puluhan tahun juga pernah ditemukan sebelumnya. Banyak masyarakat kemudian menganggap bahwa hal tersebut merupakan tanda kebesaran tuhan. Beberapa juga memercayai bahwa jasad tersebut merupakan orang yang istimewa semasa hidupnya.

Berikut 5 jasad yang tetap utuh meski sudah terkubur puluhan tahun yang berhasil kumparan himpun dari berbagai sumber.

1. Hariroh binti Arsyad

Foto: Tangkapan layar YouTube

Pemindahan sebuah makam di Benda, Tangerang, pada 27 Desember 2018 lalu, sempat menghebohkan warga. Pasalanya, jasad yang diketahui bernama Hariroh binti Arsyad itu masih tetap utuh. Padahal makam tersebut sudah berumur sekitar 12 tahun lamanya. Pemindahan makam dilakukan lantaran adanya suatu hal yang tidak bisa dijelaskan oleh pihak keluarga.

Penggali kubur, keluarga dan beberapa masyarakat sempat terkejut melihat kondisi jasad yang masih tetap utuh. Kain kafannya juga tidak sobek sedikit pun.

Menurut keluarga dan masyarakat setempat, semasa hidup Hariroh dikenal sebagai guru ngaji dan pengajar Seni Baca Alquran (SBQ).

2. Abdulah Mukmin

Foto: Tangkapan layar YouTube

Masih dari daerah yang sama, jasad Abdullah Mukmin juga masih utuh saat dilakukan pembongkaran. Padahal, makam tersebut sudah berumur sekitar 26 tahun. Bahkan, kain kafan pembungkus jenazah pun masih utuh. Pembongkaran makam itu dilakukan lantaran adanya proyek pelebaran jalan oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Kuburan Kiai Abdullah Mukmin sebelumnya berada di sekitar musala, tidak jauh dari perumahan keluarga di Benda, Tangerang. Lantaran terdampak penggusuran, makam tersebut akhirnya dibongkar dan dipindah tidak jauh dari lokasi awal.

Semasa hidupnya, Abdullah Mukmin adalah seorang tokoh agama di daerah tersebut. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Pengadilan Agama Tangerang Selatan pada tahun 80-an.

3. Muhammad Syamsuri

Foto: Tangkapan layar YouYube

Jasad Muhammad Syamsuri masih tetap utuh meski sudah terkubur selama 20 tahun. Tidak hanya jasadnya, kain kafan pembungkus jenazah bahkan tidak sobek sedikit pun, hanya kotor lantaran terkubur selama 2 dekade.

Awalnya, Muhammad Syamsuri dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Namun, pihak keluarga kemudian memindahkannya ke tempat pemakaman umum di daerah tersebut.

Muhammad Syamsuri meninggal pada usia 73 tahun dan dimakamkan tahun 1993. Semasa hidup, ia diketahui bekerja sebagai mandor dan pencatat akta nikah. Selain itu, menurut pengakuan masyarakat, ia juga dikenal sebagai orang yang rajin beribadah serta baik kepada orang di sekitar.

4. Mbah Mukri

Foto: Tangkapan layar YouTube

Saat proses pemindahan 130 makam warga di Dramaga, Bogor, warga sempat dikejutkan dengan ditemukannya enam jasad yang masih utuh. Pemindahan makam itu dilakukan lantaran pemakaman tersebut terdampak pembesasan lahan untuk proyek pembangunan Jalan Lingkar Dramaga (JLD) Bogor.

Enam jasad yang ditemukan itu dalam keadaan masih utuh setelah dimakamkan selama 30 tahun lamanya. Keenam jenazah tersebut terdiri dari empat jasad orang dewasa dan dua anak-anak. Salah satunya adalah adalah Mbah Mukri. Ia adalah salah satu tokoh agama di daerah tersebut.

Sementara lima jasad lainnya adalah Mbah Rojak, Iyos, Isah, Caci, dan Mami. Mereka adalah tokoh agama dan masyarakat di daerah Kampung Manggis, Dramaga, Bogor.

5. Anwar Sudibyo

Jasad Kiai Anwar Sudibyo tetap utuh saat dibongkar dan dipindahkan meski sudah 31 tahun dimakamkan (Foto: Facebook Santri Ndalem/kumparan)

Belum lama ini, jasad seorang kiai di Blitar, Jawa Timur yang masih utuh setelah 31 tahun dikebumikan juga sempat menghebohkan masyarakat. Adalah Kiai Anwar Sudibyo, yang makamnya dibongkar pada Kamis (14/3) lalu. Tidak hanya jasadnya saja, kain kafan pembungkus jenazahnya pun masih utuh.

Kiai Anwar Sudibyo dimakamkan pada tahun 1998 silam. Namun, setelah 31 tahun lamanya, jasadnya masih utuh dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Semasa hidup, Anwar Sudibyo dikenal aktif di Organisasi Masyarakat (Ormas) Nahdlatul Ulama (NU). Ia merupakan alumnus Pondok Pesantren Apis Gondang, Blitar.

(zhd)

Baca lebih banyak berita mengenai artis/seleb/sepak bola/info unik lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: