10 Tahapan Make Up Agar Tampil Glowing dan Natural

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
11 Mei 2022 17:45
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
10 Tahapan Make Up Agar Tampil Glowing dan Natural (102101)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tahapan make glowing. Foto: Unsplash.com
Tahapan make up adalah rangkaian tata cara merias wajah agar wajah tampak lebih cantik dan menarik. Saat ini, tahapan make up banyak dicari oleh orang-orang, khususnya oleh kaum wanita.
ADVERTISEMENT
Tahapan make up juga perlu dipahami untuk menghindari kesalahan. Kesalahan-kesalahan penggunaan make up tentunya berpengaruh terhadap kesehatan kulit.
Selain itu, kesalahan pada pemakaian make up juga membuat make up tidak tahan lama dan mudah luntur. Oleh sebab itu, tahapan-tahapan make up penting untuk diketahui. Lantas, apa saja tahapan-tahapan make up yang baik dan benar?
Simak rangkaian tahapan make up yang benar agar tampak glowing natural pada penjelasan dalam artikel ini.

Cara dan Tahapan Make Up yang Benar

Bagaimana cara make up glowing? Bagaimana cara make up natural? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin banyak dipertanyakan oleh orang-orang.
Menggunakan make up agar tampak glowing, tapi tetap natural tentunya memiliki trik khusus. Berikut tips dan trik serta tahapan make up glowing dan natural yang dikutip dari Miracle Make-up karya Wawa Sugiwamurti.
ADVERTISEMENT

1. Lakukan Rangkaian Skincare

Tahapan awal sebelum memulai menggunakan make up adalah melakukan rangkaian skincare. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit agar make up menyerap sempurna dan tidak tampak cakey.

2. Menggunakan Complexion dengan Hasil Dewy

Tahapan pertama adalah menggunakan rangkaian kompleksi yang menghasilkan hasil dewy. Tujuannya agar kulit tampak sehat, lembab, dan glowing natural dan tidak berlebihan.
Kompleksi make up yang dimaksud adalah menggunakan foundation atau cushion yang memberikan hasil yang dewy serta concealer untuk menutupi area yang gelap di kulit wajah.
Gunakan foundation/cushion terlebih dahulu dan ratakan ke seluruh bagian wajah. Lalu, lanjutkan dengan memberikan concealer pada area wajah tertentu.

3. Aplikasikan Bedak ke Area Wajah

10 Tahapan Make Up Agar Tampil Glowing dan Natural (102102)
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu tahapan make up adalah menggunakan bedak. Foto: Unsplash.com
Setelah menggunakan kompleksi make up, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan bedak ke seluruh area wajah agar tampak lebih cerah.
ADVERTISEMENT
Untuk kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan bedak tabur agar dapat menahan minyak, sedangkan untuk kulit kering dan normal disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan bedak agar kulit tetap tampak glowing dan lembab.

4. Menggunakan Blush On dengan Warna Natural

Langkah selanjutnya adalah menggunakan perona pipi agar kulit tidak tampak pucat dan terlihat sehat. Untuk hasil make up yang natural, pilihlah blush on dengan warna natural, seperti peach, merah muda, orange peach.
Sesuaikan warna blush on dengan warna kulit. Untuk kulit dengan undertone cool, disarankan untuk menggunakan warna blush on merah muda, untuk undertone kulit tipe netral dianjurkan untuk menggunakan warna peach, sedangkan undertone kulit tipe warm disarankan menggunakan blush on warna orange peach.

5. Membuat Alis yang Natural

Langkah selanjutnya adalah menggambar alis. Gambarlah alis dengan mengikuti pola alis yang sudah ada agar tampak natural dan tidak berlebihan.
ADVERTISEMENT
Agar tampak natural, gambarlah alis menggunakan pensil alis berwarna senada dengan rambut. Apabila rambut berwarna coklat gelap, pilihlah pensil alis berwarna coklat gelap juga.

6. Gunakan Eyeshadow Warna Natural

Langkah selanjutnya adalah merias mata menggunakan eye shadow dengan warna natural. Sebaiknya, warna eye shadow disamakan dengan warna blush on yang sudah dipilih sebelumnya agar hasilnya tampak natural.

7. Aplikasikan Eyeliner

Setelah menggunakan eye shadow, gunakan eyeliner untuk mempertegas bentuk mata. Agar tetap tampak natural, gambarlah garis menggunakan eye liner sesuai dengan bentuk kelopak mata.

8. Gunakan Highlighter Secukupnya

Highlighter adalah make up yang membantu kulit wajah agar tampak glowing. Aplikasikan highlighter ke bagian-bagian wajah tertentu, seperti tulang pipi, dahi, hidung, ujung hidung, dan atas bibir.

9. Menggunakan Make Up Bibir

Langkah selanjutnya adalah menggunakan make up untuk bibir. Sebelum mengaplikasikan produk make up bibir, gunakan pelembab bibir agar bibir tetap lembab.
ADVERTISEMENT
Untuk hasil make up yang natural, gunakan produk bibir berbahan cair, seperti lip tint, lip stain dengan warna-warna natural. Hasil make up natural juga dapat dilakukan dengan melakukan teknik ombre lips.
Teknik ombre lips dilakukan dengan cara menggunakan produk lip cream berwarna nude terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan lip tint berwarna lebih terang di tengah bibir. Ombre lips akan memberikan kesan yang natural dan tidak berlebihan.

10. Gunakan Setting Spray

Langkah terakhir untuk mengunci seluruh make up adalah menggunakan setting spray. Setting spray bermanfaat untuk memberikan hasil make up yang glowing serta membuat tampilan make up lebih tahan lama.

Kenapa Make Up Tidak Tahan Lama?

10 Tahapan Make Up Agar Tampil Glowing dan Natural (102103)
zoom-in-whitePerbesar
Gunakan skincare sebelum menggunakan makeup agar makeup tahan lama. Foto: Unsplash.com
Tahapan make up perlu diperhatikan agar make up bisa bertahan lama seharian. Nah, ada beberapa hal yang perlu dihindari sebab dapat menyebabkan make up tidak tahan lama.
ADVERTISEMENT
Berikut hal-hal yang menyebabkan make up mudah luntur dan tidak tahan lama.

1. Menggunakan Make Up yang Tidak Tahan Lama

Ada beberapa produk make up yang dibuat dengan ketahanan yang rendah. Untuk itu gunakanlah produk make up yang dirancang untuk digunakan selama seharian penuh.

2. Tidak Melakukan Rangkaian Skincare Sebelum Make Up

Kesalahan kedua adalah tidak melakukan rangkaian skincare untuk melembapkan kulit. Akhirnya, make up tidak meresap sempurna dan mudah luntur.
Oleh sebab itu, sebelum menggunakan rangkaian produk make up, aplikasikan sejumlah produk skincare, seperti pelembab wajah dan sunscreen (untuk pagi hari) agar make up lebih tahan lama.

3. Sering Menyentuh Wajah

Kebiasaan sering menyentuh kulit wajah, seperti meraba dan mengusap berpengaruh kepada tampilan make up. Kebiasaan ini juga dapat mempercepat lunturnya make up yang telah digunakan sehingga make up pun tidak tahan lama.
ADVERTISEMENT

4. Tidak Menggunakan Setting Spray

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setting spray membantu make up menyerap ke kulit. Selain itu, produk ini juga membantu memperpanjang daya tahan make up pada wajah.
Oleh sebab itu, menggunakan setting spray adalah tahapan make up yang tidak boleh dilewatkan agar make up lebih tahan lama di wajah.
Itulah beberapa informasi mengenai tahapan make up agar tampak glowing dan natural serta kesalahan-kesalahan penggunaan make up yang menyebabkan make up tidak tahan lama.
Penggunaan make up sebaiknya diikuti dengan rutinitas penggunaan produk perawatan wajah agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga.
(SAI)
Langkah pertama memakai make up?
chevron-down
Sebelum makeup pakai apa dulu?
chevron-down
Apakah sebelum make up harus pakai skincare?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020