4 Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Jantung yang Perlu Diketahui

Konten Media Partner
2 November 2022 17:53
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apa saja ciri-ciri asam lambung naik ke jantung? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja ciri-ciri asam lambung naik ke jantung? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Penyakit asam lambung sering disebut sebagai penyebab munculnya penyakit jantung yang dapat mengakibatkan kematian secara mendadak. Adapun ciri-ciri asam lambung naik ke jantung yang perlu untuk diwaspadai, salah satunya adalah nyeri di sekitar dada yang terjadi dalam jangka waktu lama.
ADVERTISEMENT
Sebetulnya kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kadar lemak yang terlalu tinggi di asam lambung. Kondisi ini perlu diwaspadai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Lantas, apa saja ciri-ciri asam lambung naik ke jantung? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Jantung

Menyadur laman Center Disease Control and Prevention, asam lambung adalah istilah untuk cairan asam di dalam lambung yang memiliki peran dalam sistem pencernaan, termasuk membunuh mikroorganisme yang membahayakan kesehatan.
Kini, naiknya asam lambung dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit jantung. Namun faktanya, asam lambung yang naik, tidak selalu menyebabkan kematian yang berhubungan dengan jantung. Tetapi jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Adapun komplikasi GERD yang membahayakan jiwa, di antaranya esofagitis hemoragik (peradangan di lapisan kerongkongan), pneumonia aspirasi (peradangan dan infeksi paru akibat masuknya benda asing ke paru), dan perforasi ulkus (lubang pada lambung).
Lebih jelasnya, berikut beberapa ciri-ciri asam lambung ketika naik ke jantung. Menyadur laman Healthline, berikut informasinya.
Ciri-ciri asam lambung naik ke jantung. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ciri-ciri asam lambung naik ke jantung. Foto: Unsplash

1. Rasa panas di dada

Ciri-ciri asam lambung naik yang paling umum adalah heartburn alias rasa panas di dada. Sensasi panas ini terjadi pada dada bagian tengah yang dapat menyebar dari perut, ke leher atau punggung.
Tidak hanya panas, ada juga sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum. Gejala ini biasanya dialami setelah makan, berbaring, dan saat membungkuk. Namun perlu diketahui, asam lambung yang naik ini berpotensi mengiritasi organ tubuh yang ada di sekitar, salah satunya adalah kerongkongan atau esofagus.
ADVERTISEMENT

2. Perut kembung

Makanan yang sudah mengendap di sistem pencernaan tidak bisa langsung tercerna bakal mengakibatkan produksi gas yang terus meningkat. Kondisi ini disebut dengan acid reflux yang menimbulkan rasa perut kembung setelah makan.

3. Napas jadi bau

Ciri-ciri lain dari asam lambung naik ke jantung adalah napas bau. Bau mulut ini terjadi karena cara mengunyah makanan yang tidak sempurna. Akibatnya, makanan bakal membusuk di dalam lambung dan menyebabkan napas yang tidak sedap.

4. Jantung mulai berdebar

Menyadur laman Medical News Today, jantung yang berdebar-debar juga bisa disebut sebagai ciri asam lambung naik. Kondisi ini terjadi karena lokasi jantung dekat dengan lambung, sehingga memungkinkan lambung yang berisi gas mengembang dan mendesak jantung ketika asam lambung naik.
Adapun teori lain yang bisa menyebabkan jantung berdebar ketika asam lambung. Teori tersebut menyebutkan bahwa seseorang dengan GERD atau gangguan refluks asam lambung bisa merasa stres atau cemas karena gejala maag yang dialami.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi kondisi jantung yang berdebar karena asam lambung ini, Anda dapat melakukan beberapa teknik khusus. Berikut beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi jantung berdebar.
  • Valsalva manuver. Metode ini dilakukan dengan jepit hidung dan tutup mulut. Cobalah untuk bernapas dari hidung selama beberapa detik untuk menciptakan perasaan tertekan di kepala yang dapat memengaruhi perlambatan detak jantung.
  • Mengejan. Metode ini dilakukan dengan seolah-olah sedang buang air besar akan mengencangkan otot-otot di perut. Metode ini bisa menambah tekanan di kepala, sehingga mengurangi detak jantung yang cepat.
  • Cuci muka dengan air dingin. Metode ini bisa dilakukan dengan memercikkan air dingin ke wajah selama 30 detik atau mencelupkan kepala ke dalam air dingin. Metode ini dapat merangsang respons tubuh untuk memperlambat detak jantung.
ADVERTISEMENT
Selain metode-metode di atas, jantung berdebar juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung, seperti alkohol dan kafein. Tidak hanya itu, pengidap asam lambung perlu mengurangi pikiran yang stres.

Penyebab Asam Lambung Naik ke Jantung

Asam lambung yang naik ke jantung bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, yakni kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, kopi, hingga minuman bersoda. Jika tetap dilakukan secara berlebihan akan memicu asam lambung menjadi sering naik.
Tidak hanya itu, asam lambung yang naik ke jantung bisa disebabkan oleh pikiran yang sedang stres. Itu sebabnya, kebanyakan pengidap asam lambung disarankan untuk tidak memikirkan hal-hal yang berlebihan.
Selain kebiasaan yang tidak sehat dan stres, asam lambung yang naik ke jantung bisa disebabkan oleh obat-obat yang dikonsumsi, mulai dari obat antidepresan, antihistamin, teofilin, dopamin, hingga progesteron. Namun di antara obat-obat tersebut, obat NSAID yang berpotensi menimbulkan efek samping di saluran lambung usus saat diminum.
ADVERTISEMENT
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)
Apa itu asam lambung?
chevron-down
Apa ciri-ciri asam lambung?
chevron-down
Kenapa jantung berdebar saat asam lambung naik?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020