Resmi Disetujui Jokowi, Begini Penampakan Istana Presiden di Ibu Kota Baru

5 Januari 2022 6:36
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Resmi Disetujui Jokowi, Begini Penampakan Istana Presiden di Ibu Kota Baru (29952)
zoom-in-whitePerbesar
Desain istana kepresidenan di ibu kota baru karya Nyoman Nuarta, yang sudah disetujui Presiden Jokowi. Foto: Dok. Nyoman Nuarta
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi dikabarkan telah menyetujui desain Istana Presiden di ibu kota baru. Hal itu diungkapkan sendiri oleh sang desainer bangunan tersebut, yakni seniman patung Nyoman Nuarta.
ADVERTISEMENT
"Desain istana IKN (Ibu Kota Negara) yang telah final disambut dengan sukacita dan telah disetujui Presiden," demikian tulis Nyoman Nuarta di akun instagramnya dikutip Rabu (5/1).
Dalam akun instagramnya, Nyoman Nuarta juga menampilkan gambar desain Istana Presiden. Gambar tersebut seperti yang sudah beredar selama ini, yakni berbentuk dasar burung Garuda. Tapi kali ini Nyoman menampilkan gambar lebih lengkap dari berbagai sisi.
Seniman patung yang dikenal antara lain lewat karyanya yakni Garuda Wisnu Kencana itu, menjelaskan desain Istana Presiden di ibu kota baru tersebut, sebelumnya telah dipresentasikan di hadapan Presiden. Dalam paparan itu, ujarnya, Jokowi didampingi sejumlah pejabat terkait.
Resmi Disetujui Jokowi, Begini Penampakan Istana Presiden di Ibu Kota Baru (29953)
zoom-in-whitePerbesar
Desain istana kepresidenan di ibu kota baru karya Nyoman Nuarta, yang sudah disetujui Presiden Jokowi Foto: Dok. Nyoman Nuarta
"Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana Merdeka tanggal 3 januari 2021. Bersama Mensesneg, Menteri PUPR, dan Ibu Dirjen Cipta Karya," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Unggahan gambar desain Istana Presiden di bakal ibu kota negara (IKN) yang baru itu pun mendapat apresiasi dari netizen. Salah satunya politisi Partai Golkar, Tantowi Yahya.
"Sangat megah. Desain yang modern dan fungsional yang berangkat dari nilai-nilai lokal. Kita, rakyat Indonesia pasti akan bangga ketika IKN ini terwujud nantinya," kata Tantowi yang baru mengakhiri tugasnya sebagai Duta Besar RI di New Zealand.
Resmi Disetujui Jokowi, Begini Penampakan Istana Presiden di Ibu Kota Baru (29954)
zoom-in-whitePerbesar
Desain istana kepresidenan di ibu kota baru karya Nyoman Nuarta, yang sudah disetujui Presiden Jokowi Foto: Dok. Nyoman Nuarta
"Bangga punya seniman seperti Pak Nyoman Nuarta," imbuhnya.
Nyoman menyambut positif apresiasi dan dukungan tersebut. Dia menyebut desain karyanya ini tak dipengaruhi kaidah arsitektur kolonial. "Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial," katanya.
Menurutnya, desain Istana Presiden yang dia buat, berbeda dengan istana-istana yang ada di dunia. Dia mengharapkan bangunan tersebut bisa menjadi ikon dan mendukung perkembangan pariwisata.
ADVERTISEMENT
"Saya berjanji akan melimpahkan seluruh kemampuan saya untuk bisa sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi Indonesia memiliki Istana Negara yang unik, indah, nyaman, beda dengan istana-istana yang ada di dunia, bisa menjadi ikon. Dengan demikian pariwisata akan berkembang pesat," pungkas Nyoman Nuarta.