kumparan
search-gray
Bola & Sports4 Desember 2019 18:57

Juventus Serius Buru Sandro Tonali

Konten Redaksi kumparan
Juventus Serius Buru Sandro Tonali (844880)
Sandro Tonali dalam acara Gran Gala del Calcio 2019. Foto: AFP/Miguel Medina
Brescia memang tengah terpuruk di Serie A. Selain menjadi penghuni dasar klasemen, perjalanan mereka musim ini juga diwarnai beragam kontroversi, terutama terkait Mario Balotelli dan Presiden Massimo Cellino.
ADVERTISEMENT
Namun, tak semua yang berkaitan dengan Brescia buruk. Dalam lumpur itu ada sebongkah berlian bernama Sandro Tonali. Dengan seragam Brescia, pemuda 19 tahun itu bisa menembus Timnas Italia senior.
Kiprah apik Tonali bersama Brescia itu membuat dirinya jadi incaran banyak klub dan Juventus adalah salah satunya. Berdasarkan laporan Mario Agresti di Goal Italia, 'Si Nyonya Tua' benar-benar serius memburu sang gelandang belia.
Uang senilai 50 juta euro telah disiapkan oleh Juventus untuk mendatangkan Tonali. Direktur Olahraga Fabio Paratici juga sudah bersiap untuk melakukan negosiasi. Bagi Bianconeri, Tonali adalah buruan utama.
Juventus Serius Buru Sandro Tonali (844881)
Direktur olahraga Juventus, Fabio Paratici. Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini
Juventus sendiri sudah mengamati Tonali sejak lama, tepatnya sejak si pemain melakoni debut di tim senior Brescia pada 2017. Ketika itu usia Tonali baru menginjak angka 17.
ADVERTISEMENT
Sejak itu Tonali terus berkembang sampai akhirnya sukses membawa Brescia promosi ke Serie A musim ini. Di Serie A pun pemain yang menolak dibandingkan dengan Andrea Pirlo itu senantiasa jadi andalan.
Musim ini Tonali sudah turun sebanyak 13 kali di Serie A. Dari situ dia telah berhasil mencetak 1 gol dan 2 assist. Kontribusi keseluruhannya pun, baik dalam bertahan maupun menyerang, sangat baik.
Menurut catatan WhoScored, Tonali mampu membukukan 1 tembakan, 2 umpan kunci, dan 1,6 dribel sukses per laga. Tak ketinggalan pula, dalam bertahan dia bisa menorehkan 1,2 tekel sukses, 1,2 sapuan, dan 0,7 intersep.
Juventus Serius Buru Sandro Tonali (844882)
Sandro Tonali, bintang muda Brescia. Foto: Dok. Brescia Calcio
Pendek kata, Tonali adalah pemain tengah modern yang komplet. Selain itu, dia juga memiliki kelebihan dalam eksekusi bola mati. Perlu diketahui, gol semata wayang Tonali musim ini lahir lewat tendangan bebas spektakuler.
ADVERTISEMENT
Tak heran jika Tonali jadi buruan banyak klub. Juventus pun sadar bahwa persaingan memperebutkan sang pemain belia tidak mudah. Itulah mengapa, mereka sudah ambil ancang-ancang dari sekarang.
Selain mempersiapkan fulus, ancang-ancang juga dilakukan Juventus dengan menyusun rencana untuk menyingkirkan dua gelandangnya sekaligus, Blaise Matuidi dan Emre Can.
Menurut Agresti, Juventus bisa saja membatalkan perpanjangan kontrak yang sedianya bakal diberikan kepada Matuidi. Sementara itu, Can yang tak bahagia itu bisa dilepas dalam waktu dekat.
Juventus Serius Buru Sandro Tonali (844883)
Emre Can merayakan golnya untuk Juventus dalam laga Serie A 2018/19 kontra Sassuolo. Foto: AFP/Miguel Medina
Namun, terlepas dari itu semua, bernegosiasi dengan Cellino bukanlah perkara mudah. Seandainya Juventus bisa meminggirkan rival-rivalnya, Cellino bakal jadi 'bos terakhir' yang kudu mereka taklukkan.
Bukan rahasia jika Cellino amat menyayangi Tonali. Eks presiden Cagliari dan Leeds United itu ingin Tonali bisa jadi bintang masa depan di klub miliknya. Bahkan, kalaupun ada yang menawar Tonali 300 juta euro, si pemain belum tentu akan dilepas.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Juventus secara terang-terangan sudah menyatakan bahwa mereka punya anggaran transfer setidaknya 300 juta euro. Ini merupakan bagian dari proyek mencari bintang baru penerus Cristiano Ronaldo.
Dengan demikian, tak menutup kemungkinan Juventus bakal harus menyerahkan lebih dari 50 juta euro untuk mengangkut Tonali ke Torino. Ini semua akan tergantung pada bagaimana Paratici meluluhkan hati Cellino dan, tentunya, kemauan Tonali sendiri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white