Food & Travel
·
9 Agustus 2021 12:20
·
waktu baca 3 menit

6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi! (71316)
searchPerbesar
Kombucha Mojitos ala Yoesi Ariyani Foto: Mela Nurhidayati/kumoaran
Kombucha termasuk dalam pilihan minuman fermentasi yang sehat dan digemari karena rasa nan unik. Ya, kombucha identik dengan rasa masam, aroma kuat, serta memberi sensasi segar. Keunikan ini yang membuat minuman yang termasuk dalam jenis teh tersebut memiliki banyak manfaat.
ADVERTISEMENT
Mulai dari mencegah risiko diabetes sampai menurunkan berat badan. Sayangnya, semakin banyak merek dan produk kombucha yang dinilai palsu. Tidak menutup kemungkinan kalau beberapa merek kerap menambah zat aditif sehingga kombucha jadi tidak asli lagi.
Nah, supaya kamu enggak keliru untuk mengonsumsi mana yang asli atau palsu, sebaiknya sebelum benar-benar minum kombucha selalu perhatikan enam tips ini, ya. Apa saja? Yuk, simak cara membedakan kombucha asli dan palsu berikut:

1. Perhatikan letak penyimpanan kombucha

6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi! (71317)
searchPerbesar
Ilustrasi teh kombucha Foto: Dok.Shutterstock
Mengingat kombucha adalah minuman fermentasi. Maka, sebaiknya minuman sehat itu wajib disimpan di kulkas. Dengan suhu yang rendah, kombucha bisa bertahan cukup lama dan tentunya tidak bakal merusak komposisinya.
“Bila ada kombucha yang disimpan di dalam suhu ruangan, dapat dipastikan itu adalah kombucha palsu,” ujar GT Dave, CEO GT’s Kombucha dikutip dari Eat This.
ADVERTISEMENT

2. Perhatikan komposisi bahannya

6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi! (71318)
searchPerbesar
Ilustrasi serat kombucha Foto: dok.Shutterstock
Pada dasarnya, kombucha terbuat dari campuran teh hitam atau hijau. Kemudian difermentasi supaya menimbulkan rasa masam yang cukup tajam sekaligus menyegarkan. Supaya kamu bisa memperkirakan kombucha yang asli dan tidak, pastikan kedua bahan tersebut tercantum dalam kemasannya. Jika mengandung ekstrak atau essence lainnya, maka itu bukanlah kombucha asli.

3. Periksa tanggal produksi

6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi! (71319)
searchPerbesar
Ilustrasi label kedaluwarsa makanan Foto: dok.shutterstock
“Sejatinya, minuman fermentasi itu diolah dari bahan-bahan mentah. Tidak mengandung zat tambahan maupun proses berlebih. Kalau ada kombucha yang dipasteurisasi atau disaring kembali, maka proses itu membuat esensi dari minuman dapat hilang,” ujar GT Dave.
Selain itu, Dave juga menambahkan kalau kombucha asli hanya memiliki masa kedaluwarsa yang pendek. Sehingga, minuman harus segera dikonsumsi tepat setelah mereka selesai produksi.
ADVERTISEMENT
Guna mempermudah apakah itu kombucha asli atau tidak? Selalu pastikan tanggal produksinya dulu. Jika memang kurun waktu produksi dan kedaluwarsanya berdekatan, kombucha tersebut dinilai sangat asli dan baik untuk dikonsumsi.

4. Periksa kadar gula dan pastikan tidak mengandung ekstrak jus

6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi! (71320)
searchPerbesar
Ilustrasi sirup buah Foto: Dok.Shutterstock
Kebanyakan kombucha diproduksi dengan campuran gula yang terbilang sangat sedikit. Ini karena dikhawatirkan gula dapat merusak cita rasa asli kombucha. Namun, memasukkan sedikit gula juga membantu proses fermentasi kombucha.
Namun, guna mendapatkan kombucha asli, pastikan kadar gula itu memang sedikit dan satu lagi, periksa kadar jus tambahannya. Tak sedikit kombucha yang menambahkan ekstrak jus buah guna menambah rasa.
Sayangnya, tambah itu tidak direkomendasikan karena akan merusak kandungan kombucha. Jadi, sebelum meminumnya cek dahulu komposisi keduanya, ya.
ADVERTISEMENT

5. Pastikan karakteristik rasa kombucha yang asam

6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi! (71321)
searchPerbesar
kombucha Foto: Shutterstock
Serupa dengan alkohol, kombucha punya rasa asam yang begitu tajam. Tapi, jangan khawatir dulu, justru keunikan cita rasa itulah yang membuat kombucha layak konsumsi.
“Karakteristik rasa dan aroma kombucha yang sangat kuat adalah cita rasa paling autentik dari minuman ini. Memang rasa asli kombucha yang benar seperti ini, bila ada minuman serupa tapi rasanya sangat hambar atau manis, itu bisa jadi kombucha palsu,” terang Dave.

6. Perhatikan komposisi zat aditif

6 Tips Membedakan Kombucha Asli dan Palsu, Selalu Periksa Komposisi! (71322)
searchPerbesar
Ilustrasi gula Foto: Shutter Stock
Sebelumnya disebutkan kalau memang karakteristik kombucha sendiri sangat asam. Akan tetapi, bukan berarti minuman itu basi atau semacamnya. Justru, kombucha yang ditambahkan zat aditif lainnya membuat komposisi dan nutrisinya dapat hilang.
Oleh sebabnya, kombucha sejatinya tidak memerlukan gula, probiotik, atau zat aditif untuk mengolah rasa. Sebab, rasa asli kombucha sangat identik dengan aroma kuat nan asam menyegarkan.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020