7 Rekomendasi Minuman Cokelat Segar buat Rayakan Hari Cokelat Sedunia di Rumah

7 Juli 2021 16:45
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi minuman cokelat Foto: dok.pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi minuman cokelat Foto: dok.pixabay
Perayaan Hari Cokelat Sedunia menjadi salah satu yang paling spesial. Lantaran, hampir semua masyarakat di seluruh dunia, senang makan cokelat. Wajar, kalau akhirnya bermunculan negara penghasil cokelat terbaik. Sebut saja Belgia, Swiss, Belanda, sampai cokelat asli Indonesia pun kini mendunia.
Tidak hanya diolah dalam bentuk cokelat batang, kini berbagai kreasi berbahan dasar olahan buah kakao itu sudah semakin beragam. Ada yang menjadikannya kue, es krim, permen, sampai minuman cokelat yang sangat digemari belakangan ini. Berbicara soal minuman cokelat, menu satu ini bahkan sudah menjadi pilihan wajib hampir di seluruh tempat makan, kafe, kedai kopi, hingga restoran.
Nah, di Hari Cokelat Sedunia yang jatuh pada hari ini (7/7), akan sangat pas bila kamu menikmati secangkir minuman cokelat nan segar. Enggak perlu bingung-bingung, berikut kumparan telah merangkum rekomendasi minuman cokelat nikmat yang bisa kamu nikmati di rumah saja.

1. Kopi kenangan

100% Cokelat salah satu menu CinLok Kopi Kenangan X Pipiltin Cocoa Foto: Azalia Amadea/Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
100% Cokelat salah satu menu CinLok Kopi Kenangan X Pipiltin Cocoa Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Apakah kamu sudah mencicipi minuman cokelat creamy dari peritel kopi satu ini? Yup, Kopi Kenangan sejak tahun 2020 silam, menghadirkan sederet menu minuman cokelat. Bahkan kedai kopi ini berkolaborasi dengan Pipiltin Cocoa untuk menciptakan minuman yang rasanya cokelat banget!
Sebelumnya, Kopi Kenangan juga sudah memiliki beberapa menu minuman cokelat. Laiknya cokelat pelarian maupun cokelat Milo dinosaurus. Nah, dalam kreasi kolaborasinya terdapat pilihan 100 persen cokelat, cokelat hazelnut, cokelat pisang, cokelat salted caramel, dan mocha latte.

2. Tuku

TUKU Foto: Safira/ kumparan
zoom-in-whitePerbesar
TUKU Foto: Safira/ kumparan
Rekomendasi selanjutnya ada dari Toko Kopi Tuku. Nah, siapa dari kamu yang sering jadi langganan gerai kopi tersebut? Selain menyajikan aneka es kopi susu yang begitu fenomenal, Tuku juga punya menu minuman cokelat nikmat nan manis yang bisa kamu coba, lho.
Mereka menyajikan cokelat panas atau dingin dengan cita rasa cokelat pekat. Minuman cokelat ala kedai kopi ini memang cukup sederhana penyajiannya, kendati rasanya sudah tak perlu kamu ragukan lagi. Manis, creamy, sedikit pahit, lembut, dan menyegarkan.

3. Krakakoa

Cokelat bubuk Krakakoa Foto: Azalia Amadea/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Cokelat bubuk Krakakoa Foto: Azalia Amadea/kumparan
Bukan cuma kaya akan kreasi pilihan cokelat batang, Krakakoa juga menghadirkan varian minuman cokelat bubuk dengan nama single-origin cocoa. Menggunakan 75 persen biji cokelat asli yang begitu aromatik, creamy, sedikit manis, dengan pahit khas.
Minum segelas cokelat hangat Krakakoa, merupakan pilihan terbaik bila ingin merasakan sensasi cokelat artisan yang asli dan lezat. Apalagi biji kakao mereka diproses dengan maksimal, sehingga cita rasa yang disuguhkan berkualitas dan segar.

4. Pipiltin Cocoa

Tasting table hasil kreasi menggunakan coklat Ransiki dari Pipiltin Foto: dok.Pipiltin
zoom-in-whitePerbesar
Tasting table hasil kreasi menggunakan coklat Ransiki dari Pipiltin Foto: dok.Pipiltin
Satu lagi, produsen cokelat ternama asli Indonesia, yakni Pipiltin Cocoa ikut meluncurkan ragam varian minuman. Mereka menyajikan liquid cocoa Bali drinks dan choco drink bubuk. Semua bahan bakunya murni menggunakan biji kakao dari Bali, Aceh, dan beberapa penjuru daerah lainnya.
Untuk varian liquid cocoa Bali, identik dengan kekentalan cokelat dan kepekatannya yang bikin creamy. Kemasannya praktis, ada yang disajikan dalam botol individual; adapula yang 1 liter. Kalau lebih menyukai varian cokelat panas. Pipiltin punya menu andalan choco drink-nya, lho.
Tidak kalah praktis, hanya tuang beberapa sendok teh bubuk cokelat lalu seduh dengan air panas. Seluruh varian minuman tersebut dibanderol kisaran Rp 14-95 ribu.

5. Starbucks

Menu minuman Summer Yaycation Starbucks Foto: dok.Starbucks Indonesia
zoom-in-whitePerbesar
Menu minuman Summer Yaycation Starbucks Foto: dok.Starbucks Indonesia
Starbucks memiliki menu minuman cokelat andalan, yakni signature chocolate. Biasanya, akan lebih nikmat lagi bila disajikan dengan opsi iced atau dingin. Rasa cokelatnya sangat pekat, manis, pahit, creamy, dan dilengkapi butiran cokelat kecil-kecil nan renyah.
Baru-baru ini, mereka juga menghadirkan menu spesial musim panas. Salah satunya chocolate choux cream frappuccino. Campuran cokelat dan susunya sangat terasa, ditambah topping crunchy dari biskuit yang bikin renyah. Jadi, tiap sesapan, ada sensasi kriuk dari biskuit, namun cita rasa autentik cokelatnya tidak hilang.

6. Dapur cokelat

Pilihan iced chocolate drink dari Dapur Cokelat, tampaknya jadi rekomendasi yang wajib kamu cicipi. Minuman satu ini terbilang murah-meriah. Mulai dari harga Rp 20 ribu saja, kamu dapat menikmati segar, manis legit, serta creamy dari segelas minuman yang cokelat banget.
Kini, mereka juga menyediakan varian cokelat lain, yaitu dengan tambahan topping boba. Jadi meneguk cokelat dingin, ditambah kenyal dan lembutnya boba adalah sensasi kelezatan yang tak bisa ditolak. Hmm, membayangkannya saja sudah bikin haus dan tak sabar pengin segera mencicipinya, ya?

7. Godiva

Rekomendasi terakhir ada Godiva, produk cokelat eksklusif yang sudah mendunia. Selain menyajikan cokelat siap makan, Godiva juga memiliki menu minuman cokelat nan creamy, namanya chocolate shake.
Satu keunikan yang menjadikan chocolate shake ala Godiva sangat unik. Lantaran, mereka mencampurkan cita rasa cokelat yang pekat dengan manis alami. Ditambah susu segar, dan dicampurkan pula dengan serpihan cokelat batang. Sehingga, ketika disesap, kita bisa sambil menikmati renyahnya serpihan kecil cokelat asli.
Kira-kira, dari rekomendasi minuman cokelat di atas, mana yang akan kamu nikmati untuk merayakan Hari Cokelat Sedunia tahun ini? Bila ingin menikmatinya, semua rekomendasi tersebut sudah tersedia di platform pesan-antar ojek online hingga e-commerce, ya.