Food & Travel
·
13 Juli 2021 18:30
·
waktu baca 3 menit

Khas Palembang, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Tertarik Makan Enak di RM Musi Rawas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Khas Palembang, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Tertarik Makan Enak di RM Musi Rawas (1195814)
searchPerbesar
RM Pindang Musi Rawas, Palembang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Apa kuliner favoritmu saat berkunjung ke Palembang? Mungkin pempek jawabannya. Padahal, makanan enak di Palembang bukan hanya pempek, lho. Di kota dengan julukan Venesia dari Timur ini juga ada sajian pindang hingga sambal tempoyak yang patut kamu cicipi.
ADVERTISEMENT
Dari banyaknya rumah makan pindang di sana, RM Musi Rawas menjadi salah satu restoran yang paling direkomendasikan. Berlokasi di Jalan Angkatan 45, tempat makan tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Tiap hari, banyak orang datang dan membeli seporsi pindang ikan patinnya. Selain pindang yang juara. Masih banyak menu menarik lainnya yang patut dicoba.
Wah, jadi bikin penasaran, bukan? Sebelum benar-benar mencicipi langsung, yuk simak dulu beberapa alasan mengapa kamu wajib makan enak sajian ala RM Musi Rawas ini.

1. Sudah ada di Palembang sejak 35 tahun lalu

Khas Palembang, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Tertarik Makan Enak di RM Musi Rawas (1195815)
searchPerbesar
RM Pindang Musi Rawas, Palembang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Bisa dibilang kalau RM Musi Rawas adalah restoran legendaris di Palembang. Tepatnya tahun 1986, restoran ini berdiri dan menyajikan menu pindang andalan. Sudah sejak dulu, menu maupun cita rasanya selalu konsisten. Tidak heran kalau banyak orang berbondong-bondong datang ke sana lantaran penasaran akan hidangannya.
ADVERTISEMENT

2. Punya sajian pindang beragam

Khas Palembang, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Tertarik Makan Enak di RM Musi Rawas (1195816)
searchPerbesar
Pindang iga, RM Pindang Musi Rawas, Palembang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Menariknya, di rumah makan legendaris ini, mereka menghidangkan tiga ragam pindang. Selain pindang ikan patin yang jadi menu favorit, ada pula pindang udang sampai tulang iga sapi. Untuk pindang ikan patin, disajikan dalam tiga pilihan bagian ikan. Di antaranya bagian badan, ekor, atau kepala.
Sementara itu, pindang udang maupun tulang iga sapi biasanya tersedia dalam satu versi saja. Walau begitu, untuk ukuran udangnya cukup besar, bahkan hampir sebesar lobster. Sedangkan, pindang iga sapi sangat unggul dengan tekstur daging yang super lembut, dan aroma kuah yang lebih gurih.

3. Menyajikan sambal tempoyak yang unik

Khas Palembang, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Tertarik Makan Enak di RM Musi Rawas (1195817)
searchPerbesar
Tempoyak ikan, RM Pindang Musi Rawas, Palembang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sambal tempoyak memang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan. Sambal unik satu ini bisa kamu temukan di RM Musi Rawas. Daging durian yang difermentasi menyelimuti badan ikan. Sehingga ketika dimakan kelembutan daging ikan bersatu dengan asam-manis durian, menciptakan sensasi gurih serta pedas yang begitu nikmat.
ADVERTISEMENT

4. Cita rasa makanan yang autentik

Khas Palembang, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Tertarik Makan Enak di RM Musi Rawas (1195818)
searchPerbesar
Pindang ikan patin, RM Pindang Musi Rawas, Palembang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selain memang porsi makanan di rumah makan itu cukup besar, rasanya pun tak tertandingi. Kuah pindangnya begitu segar, pedas, gurih, sedikit asam namun tetap nikmat. Apalagi daging ikan patin yang lembut, ketika dimakan bersamaan kuahnya, jadi lebih lumer di mulut.
Tak kalah nikmat adalah pindang udang. Meski ukuran daging udangnya tebal, tetap rasanya tetap manis dan segar. Sangat cocok ketika dimakan dengan nasi bercampur kuah pindang. Hampir semua sajian RM Musi Rawas terkenal khas dan autentik. Makanya, tidak salah kalau memang tempat makan satu ini, selalu ada dalam bucket list para wisatawan.

5. Restoran pindang terenak di Kota Palembang

Khas Palembang, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Tertarik Makan Enak di RM Musi Rawas (1195819)
searchPerbesar
Pindang udang, RM Pindang Musi Rawas, Palembang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Bukan hanya legendaris, ternyata RM Musi Rawas seringkali dinilai sebagai tempat makan pindang paling enak. Hal ini terbukti dari kualitas makanannya yang punya cita rasa autentik. Meski makan di sini cukup menguras kantong, namun kalau sudah ke Palembang dan tidak makan di RM Musi Rawas, tampaknya akan kurang lengkap pengalaman wisata kulinermu kali ini.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya