kumparan
9 Juli 2019 11:39

5 Fakta Menarik Film Live Action 'Mulan'

Poster film live action 'Mulan'
Poster film live action 'Mulan' Foto: Instagram @mulan
Film live action 'Mulan' akan tayang pada 2020. Trailer perdana film Disney ini juga sudah rilis, tepatnya pada Minggu (7/7).
ADVERTISEMENT
Meski diadaptasi dari animasi 'Mulan' (1998), ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Inilah fakta-fakta baru dari film yang disutradarai oleh Niki Caro tersebut.
  1. Siapa pemeran Mulan?
Liu Yifei
Liu Yifei. Foto: Patrick KOVARIK / AFP
Dalam film live action ini, tokoh Mulan akan diperankan oleh Liu Yifei, aktris berdarah Tionghoa-Amerika Serikat yang saat ini berusia 31 tahun. Nama Yifei pertama kali dikenal berkat film 'The Forbidden Kingdom' (2008).
Yifei juga berperan di film 'The Asassins' (2012), membuatnya memenangkan nominasi 'Best Actress' di Macau International Movie Festival yang ke-5. Ia pun dipercaya untuk bermain di film-film lainnya, seperti 'Outcast' (2015), 'The Third Way of Love' (2016), dan 'Once Upon A Time' (2017).
Latar belakang tersebut cukup membuktikan bahwa Yifei adalah orang yang tepat untuk memerankan tokoh utama live action 'Mulan'. Namun, film Disney terkenal dengan unsur musikal. Bisakah Yifei bernyanyi?
ADVERTISEMENT
Ya, selain menjadi aktris, Yifei juga terkenal sebagai penyanyi. Ia telah menelurkan dua album, yakni self-titled 'Liu Yifei' (2006) yang mengusung bahasa China dan 'All My Words' (2006) menggunakan berbahasa Jepang.
Ia juga kerap mengisi soundtrack di film-film yang ia bintangi, seperti 'The Asassins', 'Never Gone', dan 'Once Upon A Time'. Ia pun pernah menyanyikan lagu 'Mayonaka no Doa', soundtrack anime 'Powerpuff Girls Z' serta 'Lan Ruo's Lyrics', soundtrack game 'A Chinese Ghost Story Online'.
  1. Mulan tidak cukur rambut dan banyak bernyanyi
Liu Yifei sebagai Mulan versi live action
Liu Yifei sebagai Mulan versi live action Foto: Instagram @yifei_cc
Meski mengadaptasi film animasi 'Mulan' (1998), sutradara Niki Caro dan empat penulis naskahnya, Elizabeth Martin, Lauren Hynek, Rick Jaffa, dan Amanda Silver, menawarkan jalan cerita yang baru. Caro sempat menuturkan bahwa tokoh Mulan tidak akan tampil layaknya laki-laki saat bergabung menjadi tentara.
ADVERTISEMENT
Penampilannya masih akan terlihat seperti perempuan, namun dengan kemampuan beladiri yang sama hebatnya dengan tentara laki-laki. Karena itu, saat berperan sebagai Mulan, aktris Liu Yifei tidak perlu memangkas pendek rambutnya, seperti di versi animasi.
Caro juga ingin agar film live action 'Mulan' terasa lebih serius tanpa banyak unsur komedi dan musikal. Ya, Yifei tetap harus menyanyikan lagu 'Reflection', soundtrack utama film animasi 'Mulan', namun lagu-lagu lain belum tentu akan dihadirkan.
Sebenarnya, kisah ini tidak terlalu asing bagi orang-orang yang pernah membaca kisah Mulan versi 'Sui Tang Romance' (1675) karya Chu Renhuo. Dalam kisah tersebut, Mulan memang berhasil mengikuti seleksi dan salah satu tentara laki-laki, menggantikan ayahnya yang sakit.
ADVERTISEMENT
Namun, Mulan tetap diketahui sebagai seorang perempuan. Ia bahkan memiliki teman perempuan bernama Xianniang, anak dari Raja Tiongkok yang dalam film live action akan diperankan oleh Jet Li. Xianniang sendiri akan diperankan oleh Gong Li.
  1. Tanpa Mushu dan Li Shang
Cri-Kee dan Mushu di 'Mulan' (1998)
Cri-Kee dan Mushu di 'Mulan' (1998) Foto: IMDb
Setelah trailer pertama dirilis, banyak fans merasa gusar karena dua tokoh utama di film animasi 'Mulan', Mushu dan Li Shang, tidak dihadirkan. Mushu adalah naga kecil berwarna merah yang bertugas sebagai pelindung Mulan, sedangkan Li Shang adalah seorang jenderal yang jatuh cinta pada Mulan.
Menurut Caro, tokoh Mushu yang konyol tidak cocok untuk hadir di live action 'Mulan' yang memiliki jalan cerita lebih serius. Saat ini pun beredar kabar bahwa tokoh tersebut akan digantikan dengan seekor burung Phoenix yang lebih sangar dan mengerikan.
Mulan dan Li Shang di film animasi 'Mulan' (1998)
Mulan dan Li Shang di film animasi 'Mulan' (1998) Foto: IMDb
Tokoh yang mirip seperti Li Shang di live action 'Mulan' adalah Chen Honghui (Yoson An). Ia adalah seorang tentara ambisius yang pada akhirnya menjadi teman baik dari Mulan.
ADVERTISEMENT
Satu tokoh penting lain yang tak terlihat ada di trailer adalah Cri-Kee, seekor jangkrik yang dianggap mampu membawa keberuntungan bagi Mulan. Semoga saja, meski Mushu dan Li Shang dibuang, tokoh ini akan tetap hadir di live action 'Mulan'.
  1. Musuh baru
Bori Khan, karakter antagonis di film live action 'Mulan'
Bori Khan, karakter antagonis di film live action 'Mulan' Foto: YouTube.com/Walt Disney Studios
Shan Yu adalah tokoh antagonis utama di film animasi 'Mulan' (1998). Ia digambarkan sebagai pimpinan tentara Hun yang keji dan berniat mengambil alih kerajaan Tiongkok.
Di versi live action, Shan Yu diganti dengan tokoh baru bernama Bori Khan yang diperankan oleh Jason Scott Lee. Khan hendak mengacaukan pemerintahan Tiongkok untuk membalaskan dendam sang ayah.
Selain itu, ada pula Xianniang yang diperankan oleh Gong Li. Xianniang diceritakan sebagai seorang penyihir yang akan membantu Bori Khan untuk mencapai tujuannya.
ADVERTISEMENT
Dengan dua musuh utama, adegan laga di live action 'Mulan' sepertinya akan lebih menegangkan dibanding versi animasi. Apalagi, tokoh Mulan juga akan dibantu oleh Commander Tung yang diperankan oleh sang legenda wing chun, Donnie Yen.
  1. Adik perempuan
Agak disayangkan saat animasi 'Mulan' menghilangkan sosok adik Mulan yang selalu mencipta intrik drama menarik di kisah legenda rakyat aslinya. Adik Mulan yang bernama Youlan digantikan dengan seekor anjing yang kerap dipanggil 'Little Brother' atau adik laki-laki.
Ya, dalam kisah legenda 'Hua Mulan' tokoh Mulan memiliki seorang adik laki-laki. Namun, di versi 'Sui Tang Romance' (1675) karya Chu Renhuo, adik Mulan adalah seorang perempuan dan bernama Youlan.
Di film live action 'Mulan', sosok sang adik benar-benar dihidupkan. Diperankan oleh aktris berdarah Vietman-Tionghoa, Xana Tang, adik Mulan diceritakan bernama Hua Xiu.
ADVERTISEMENT
Pertanyaannya, apakah cerita tokoh Xana Tang mirip seperti Youlan? Jika ya, maka Tang nantinya akan menjadi tentara Tiongkok menggantikan Mulan yang pensiun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan