Entertainment20 Desember 2019 12:51

Belajar Mencintai Diri Sendiri Lewat Film 'Imperfect'

Konten Redaksi kumparan
Belajar Mencintai Diri Sendiri Lewat Film 'Imperfect' (17864)
Imperfect. Foto: Dok. IMDb
Sebagian orang setuju dengan kalimat yang mengatakan bahwa perempuan cantik bisa dengan mudah mendapatkan apa yang mereka mau. Tak dapat dipungkiri, fenomena seperti itu bisa dengan mudah ditemui di kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan perempuan yang penampilannya biasa-biasa saja, atau bahkan di bawah standar yang ditetapkan oleh lingkungan sekitar? Ya, mereka seringkali mendapat perisakan atau dipersulit untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.
Ernest Prakasa mencoba mengangkat konflik tentang bodyshaming tersebut lewat film terbarunya yang berjudul 'Imperfect'. Kisah dalam film ini diangkat dari buku karangan istri Ernest, Meira Anastasia.
Belajar Mencintai Diri Sendiri Lewat Film 'Imperfect' (17865)
Para cast film Imperfect saat berkunjung ke kantor kumparan, Senin (9/12). Foto: Faisal Rahman/kumparan
Film 'Imperfect' bercerita tentang seorang perempuan bernama Rara (Jessica Mila). Dia terlahir dengan tubuh yang gemuk, kulit sawo matang, dan rambut keriting mengembang.
Sejak kecil, dia selalu di-bully oleh lingkungan sekitarnya. Bahkan ibunya (Karina Suwandi), selalu membandingkan penampilan Rara dengan Lulu (Yasmin Napper), adik Rara yang cantik dan langsing.
Setelah dewasa, Rara kembali mendapat masalah dengan penampilan ketika memasuki dunia kerja. Dia mendapat kesempatan untuk naik jabatan, namun dengan syarat harus mengubah penampilan.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, Rara selalu mendapat dukungan dari kekasihnya, Dika (Reza Rahadian). Dika selalu mencintai dan menerima Rara apa adanya, karena ia memiliki hati yang baik dan lembut.
Belajar Mencintai Diri Sendiri Lewat Film 'Imperfect' (17866)
Para cast film Imperfect saat berkunjung ke kantor kumparan, Senin (9/12). Foto: Faisal Rahman/kumparan
Konflik yang kompleks
Permasalahan yang ada dalam film 'Imperfect' cukup kompleks dan relevan dengan kehidupan nyata. Faktanya, selama ini banyak orang yang berkecil hati karena penampilan mereka yang tak sesuai dengan standar yang ditetapkan masyarakat.
Bodyshaming sendiri seakan dianggap menjadi lelucon yang biasa saja. Padahal, hal tersebut bisa saja meninggalkan luka mendalam bagi seseorang yang merasakannya.
Konflik dalam film 'Imperfect' juga berlapis seperti bawang. Ketika Rara telah mencapai body goal-nya, ternyata masalah tak berhenti sampai di situ. Dia harus menghadapi konflik hidup yang lebih luas lagi.
Belajar Mencintai Diri Sendiri Lewat Film 'Imperfect' (17867)
Jessica Mila di Film ‘Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan’. Foto: Youtube/ @StarvisionPlus
Meskipun isu yang ada dalam film ini begitu sensitif, namun Ernest dan Meira mampu membangun cerita dengan ringan dan menghibur. Sederet komedi yang ada di film ini mampu membuat kita melihat masalah bodyshaming dari sudut pandang yang lain.
ADVERTISEMENT
Drama keluarga yang dihadirkan dalam 'Imperfect' juga begitu kuat. Tak seperti film-film Ernest sebelumnya, adegan puncak di film ini terasa begitu menyedihkan, nyata, dan mengena di hati.
Pesan-pesan yang disampaikan dalam film ini mampu tersampaikan dengan baik ke penonton. Ernest seakan mengajak kita untuk bercermin, apakah selama ini kita masih melakukan perisakan pada orang-orang di sekitar, dan bagaimana dampak yang dirasakan oleh orang tersebut.
Belajar Mencintai Diri Sendiri Lewat Film 'Imperfect' (17868)
Perubahan penampilan Jessica Mila di setiap filmnya. Foto: Infografik: Putri Sarah Arifira/kumparan
Cast yang bagus mendukung jalan cerita
Selain jalan cerita yang menarik, apiknya film 'Imperfect' juga didukung oleh para pemain yang tampil dengan totalitas. Salah satunya adalah Jessica Mila.
Film ini menjadi ajang pembuktian Jessica Mila sebagai salah satu aktris terbaik di Tanah Air. Transformasinya sebagai Rara patut diacungi jempol.
ADVERTISEMENT
Tak hanya sekadar perubahan bentuk fisiknya, namun ia juga bisa memainkan emosi Rara saat masih gemuk dan ketika sudah kurus. Perasaan sakit hati karena memendam kesal bertahun-tahun disampaikan dengan baik oleh aktris berusia 27 tahun itu.
Belajar Mencintai Diri Sendiri Lewat Film 'Imperfect' (17869)
Reza Rahadian dan Jessica Mila ditemui di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Selasa (10/12). Foto: D.N Mustika Sari/kumparan
Sementara itu, Reza Rahadian yang biasanya menjadi karakter-karakter spesial di film, kali ini menjadi laki-laki biasa. Namun, justru itu menjadi tantangan sendiri untuk Reza.
Ketika bermain menjadi tokoh, dia bisa mempelajari gaya bicara atau gestur dari tokoh tersebut. Namun, ketika harus menjadi kekasih Rara, dia harus bisa tampil se-natural mungkin agar dapat masuk ke penonton.
Karakter lain yang mencuri perhatian adalah Shareefa Daanish. Kalau biasanya kita melihat dia sebagai hantu di film-film horor, kali ini Shareefa menjadi seorang sahabat yang selalu mendukung Rara.
ADVERTISEMENT
Ia berperan sebagai Fey, teman Rara yang tomboi dan cuek. Fey selalu memberi pesan ke Rara untuk mencintai diri sendiri dengan cara-cara yang nyeleneh. Gayanya juga asyik banget, enggak seperti Shareefa yang kita lihat selama ini.
Selain itu, ada pula 'Geng Kosan', yang terdiri dari Aci Resti, Kiky Saputri, Neneng Wulandari, dan Zsa Zsa Utari, yang membuat film semakin hidup. Mereka kerap melontarkan jokes yang berhubungan dengan penampilan mereka masing-masing dengan ringan dan tak menggurui.
Video
Kendati demikian, seperti empat film Ernest lainnya, film 'Imperfect' tak memiliki plot twist yang akan membuat kita tercengang, dan jalan ceritanya juga bisa ditebak dengan mudah.
Namun tetap saja, film ini menjadi film penutup tahun yang bisa dinikmati semua orang. Film ini mengajarkan kita untuk mencintai diri sendiri dan menyadari bila penampilan sempurna tak menjamin kebahagiaan di dunia.
ADVERTISEMENT
Film 'Imperfect' sudah bisa kamu saksikan di seluruh bioskop Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white