Entertainment
·
24 Juni 2020 15:30

Indiskop Online Festival, Bangun Semangat Perfilman Indonesia di Tengah Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Indiskop Online Festival, Bangun Semangat Perfilman Indonesia di Tengah Pandemi  (72688)
Marcella Zalianty (SQUARE) Foto: Instagram @bumiauw
Pandemi virus corona berimbas ke berbagai sektor. Salah satunya industri perfilman Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Untuk menumbuhkan semangat bagi insan perfilman Indonesia di masa pandemi ini, digagaslah Indiskop Online Festival. Penggagas festival tersebut adalah Marcella Zalianty.
Marcella mengatakan Indiskop Online Festival merupakan respons sosial sekaligus kreatif insan perfilman dalam menghadapi masa pandemi ini.
“Program online dengan tema Indonesia Bangkit dirancang sesuai dengan makna dari gotong royong yang menjadi dasar kita sebagai warga negara Indonesia,” kata Marcella dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/6).
Indiskop Online Festival, Bangun Semangat Perfilman Indonesia di Tengah Pandemi  (72689)
Marcella Zalianty Foto: Munady Widjaja
Menurut Marcella Zalianty, Indiskop Online Festival tidak menghadirkan hiburan semata. Indisclass, Indistalk, Indisscreen, dan short film competition merupakan rangkaian acara dalam festival tersebut.
Para pemateri yang dihadirkan juga berasal dari kalangan profesional. Para peserta bisa mendapatkan wawasan baru dari para pemateri, seperti Angga Dwimas Sasongko, Ifa Isfansyah, Andy Pulung, dan Garin Nugroho.
ADVERTISEMENT
“Bagaimana kita juga mengapresiasi perfilman Indonesia dan kita tetap membangun semangat optimisme yang kita jaga bersama sebagai kekuatan yang tetap ada pada diri kita masing-masing untuk menghadapi masa pandemi ini,” tutur Marcella.
Kelas diskusi tersebut kata Marcella juga bersertifikat. Nantinya, hasil penjualan tiket bakal disalurkan pada insan perfilman yang terdampak pandemi COVID-19.
Indiskop Online Festival, Bangun Semangat Perfilman Indonesia di Tengah Pandemi  (72690)
Marcella Zalianty (SQUARE) Foto: Instagram @marcella.zalianty
Sementara itu, dalam short film competition, para pemenang juga berpeluang mendapatkan rekomendasi untuk langsung terlibat di Industri perfilman Tanah Air.
Lalu, untuk Indisscreen, Marcella belum menyebutkan film apa saja yang bakal diputarkan. Saat ini pihaknya masih melakukan kurasi terhadap film-film bertema keberagaman dan kebangkitan nasional.
“Mungkin online film festival ini pertama di masa pandemi, ya. Kalau ini berhasil, tentu bukan tidak mungkin ini bisa jadi program tahunan. Indiskop Online Festival bisa dipertimbangakan apakah tetap online atau temu langsung,” ucap Marcella.
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan yang sama, Joshua Simanjuntak selaku Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf mengatakan bahwa sektor perfilman memberikan sumbangsih besar pada pertumbuhan ekonomi kreatif.
Meski demikian, Joshua menilai masih banyak tantangan di industri perfilman Tanah Air. Salah satunya mengenai kekayaan inovasi dalam segi cerita hingga konten. Indiskop Online Festival berusaha untuk menjawab tantangan tersebut.
“Kita masih banyak membutuhkan inovasi dalam cerita, konten, storytelling, bahwa storytelling akan menjadi salah satu topik yang akan dibahas dalam kelas online,” kata Joshua.
Sambil meresmikan festival tersebut, Joshua mengungkapkan bahwa pihaknya amat mendukung terselenggaranya acara Indiskop Online Festival. Menurutnya, festival tersebut sejalan dengan program pemerintah untuk ikut meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan film nasional.
ADVERTISEMENT
“Kami berharap, Indiskop Film Festival ini menjadi ruang untuk mengeksplorasi informasi, mencari solusi-solusi baru melalui platform digital, untuk megingatkan bahwa platform digital ini sebnarnya tanpa batas,” tutup Joshua.
Indiskop Online Festival digelar dari Juni hingga Agustus 2020. Kelas pertamanya dimulai pada 27 Juni mendatang.