kumparan
3 Jun 2019 18:01 WIB

3 Hadiah Lebaran Terbaik untuk Anak dan Tips Memilihnya

anak perempuan dengan hijab Foto: Shutterstock
Moms, sudahkah Anda menyiapkan hadiah Lebaran untuk anak? Setelah anak belajar berpuasa sebulan penuh atau banyak berbuat kebaikan selama bulan Ramadhan, hadiah Lebaran mungkin memang pantas ia dapatkan.
ADVERTISEMENT
Tentu saja ini bukan hal wajib. Tapi bila memang ada bujetnya, kenapa tidak, Moms? Hadiah bisa membuat anak merasa senang dan terpacu untuk belajar lebih baik lagi.
Lantas, hadiah apa yang sebaiknya diberikan pada anak saat Lebaran? Anda bisa membeli buku cerita Islami untuk anak, perlengkapan salat baru atau Al-Quran sebagai hadiah terbaik!
Berikut, kumparanMOM memberi tips memilih tiga hadiah ini untuk anak.
Ilustrasi beragam buku ceritaa Islami untuk anak Foto: Imesh
  1. Buku Cerita Islami
Di pasaran, banyak sekali buku-buku Islami untuk anak. Mana yang bagus? Untuk mengetahuinya, Anda perlu membaca dulu buku yang hendak dibeli, Moms.
Karena itu, luangkanlah waktu untuk membacanya terlebih dulu lalu pilih yang sesuai dengan usia dan kemampuan membaca anak. Bila anak yang belum bisa membaca, Anda bisa memilihkan buku cerita yang tidak terlalu tebal dan membacakannya.
ADVERTISEMENT
Anda juga bisa memilih tema-tema yang beragam untuk menarik minat baca sekaligus menambah wawasan serta kecintaan anak akan ajaran agama Islam. Misalnya buku tentang sains dalam Islam, tokoh-tokoh yang dipercaya oleh Rasulullah SAW, hingga buku yang menjelaskan tauhid secara sederhana pada anak.
Untuk memudahkan Anda, simak beberapa artikel berikut ini:
anak belajar salat Foto: Shutterstock
  1. Perlengkapan Salat
Selain menyediakan sandang, papan, dan pangan, orang tua juga wajib membimbing anak untuk mengenal syariat islam. Salah satunya tentu dengan mengajarkannya salat. Nah, hadiah Lebaran berupa perlengkapan salat baru, bisa memberi anak motivasi untuk lebih rajin salat nih, Moms.
ADVERTISEMENT
Saat ini, ada banyak kok, pilihannya. Mulai dari mukena, sajadah, hingga sarung instan. Jelajahi saja OLS di media sosial atau e-commerce langganan Anda. Anda bisa memilih bahan yang lucu dan corak atau gambar yang menarik sesuai selera anak.
Tapi sebaiknya, jangan terlalu heboh ya, Moms. Hindari juga misalnya mukena dengan gambar kartun yang justru bisa mengganggu kekhusyukan anak saat salat.
“‘Hindari mukena bergambar kecuali yang bercorak. Dikhawatirkan gambar pada mukena itu akan mengganggu kekhusyukan salat. Mungkin saja saat anak salat malah melihat gambar mukenanya yang lucu,” jelas Ustaz Erick Yusuf, pimpinan lembaga dakwah iHAQi.
Anda dapat membaca lebih lengkap penjelasan Ustaz Erick di sini.
anak muslim Foto: Shutterstock
  1. Al-Quran
Punya Al-Quran sendiri? Si kecil pasti bangga! Apalagi bila Al-Quran yang Anda pilih adalah Al-Quran khusus untuk anak yang memiliki bentuk tulisan yang lebih mudah dibaca serta desain dan warna yang lebih pas dengan seleranya.
ADVERTISEMENT
Menurut Ustaz Bendri Jaisyurrahman, konselor anak, remaja dan pernikahan serta aktivis gerakan Sahabat Ayah, setelah mengenalkan anak dengan iman pada Allah SWT anak dapat dikenalkan dengan Al-Quran.
Meski begitu, tak perlu langsung diajari membaca. Ustaz Bendri menjelaskan, urutan pengenalan Al-Quran dapat disesuaikan dengan tingkat kematangan indra anak sebagaimana yang disebutkan dalam An-Nahl ayat 78:
وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
Jadi, tak perlu ragu memberi anak Al-Quran sebagai hadiah Lebaran meski ia belum bisa atau belum lancar membacanya, Moms. Yang penting, teruslah menumuhkan kecintaan anak pada kitab suci ini.
ADVERTISEMENT
Simak lebih lengkap dengan membaca kedua artikel berikut ini:
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan