Mom
·
15 Oktober 2020 12:12

7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (34994)
Tidak semua jenis makanan baik untuk dibekukan Foto: Shutter Stock
Membekukan di freezer, jadi pilihan banyak ibu memperpanjang 'umur' makanan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, risiko kan, kalau sebentar-sebentar harus pergi keluar rumah untuk belanja? Bisa-bisa, kesehatan diri maupun keluarga jadi taruhannya.
ADVERTISEMENT
Tapi kita juga perlu cermat lho, Moms! Tak semua jenis makanan baik untuk dibekukan karena rasanya bisa berubah atau malah merugikan kita. Apa saja misalnya?

Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan

1.Gorengan
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (34995)
Ilustrasi gorengan Foto: dok.Shutterstock
Punya sisa makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, atau nugget dan ingin menyimpannya? Sebaiknya jangan simpan di dalam freezer bila tak ingin makanan Anda menjadi basah.
Suhu dingin di dalam freezer akan menimbulkan bercak-bercak bunga es yang akan mencair kembali saat disimpan di suhu ruang. Cairan ini akan membuat makanan terasa basah dan lembek sehingga kurang lezat saat disajikan kembali.
2.Daging Matang
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (34996)
daging yang telah dimasak, sebaiknya jangan dibekukan Foto: Dok.Shutterstock
Daging merupakan bahan makanan yang kerap disimpan di dalam freezer agar awet dan tetap segar. Namun untuk daging yang telah dimasak, sebaiknya jangan simpan di dalam freezer karena justru bisa menyebabkan bahan makanan lain yang berada di dalam freezer cepat busuk, Moms.
ADVERTISEMENT
Daging matang biasanya telah melewati berbagai macam proses pengolahan yang rentan terkontaminasi bakteri. Bila dimasukkan ke dalam freezer, bakteri yang mungkin tertempel di permukaan daging bisa berpindah tempat dan merusak makanan lain yang ada di dekatnya dan berisiko menginfeksi keluarga kita.
3.Selada, Bayam dan Kubis
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (34997)
Ilustrasi bayam Foto: Pixabay
Beberapa sayuran hijau berdaun lebar seperti selada, bayam, atau kubis ternyata kurang cocok disimpan di tempat bersuhu rendah, terutama freezer.
Es yang menempel di dinding freezer akan menyebabkan permukaan sayur menjadi lebih basah dan berair. Saat disimpan di suhu ruang, es yang menempel di sayuran akan mencair dan menghilangkan tekstur renyahnya. Bahkan membuat sayur layu dan lebih mudah membusuk. Sayuran busuk tentu tak baik untuk kesehatan kita.
ADVERTISEMENT
4.Telur Segar
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (34998)
Telur Ayam Foto: Ema Fitriyani/kumparan
Bukannya awet, menyimpan telur di dalam freezer ternyata bisa merusak kualitasnya. Saat disimpan di dalam suhu yang sangat rendah, putih telur di dalamnya akan ikut membeku dan mengembang sehingga bisa menyebabkan cangkang telur retak.
Retakan tersebut akan menjadi jalan masuknya bakteri ke dalam telur yang bisa berbahaya bila disantap. Selain menurunkan kualitas telur dari segi kesehatan, hal ini akan membuat telur mudah membusuk.
5.Keju Lunak
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (34999)
ilustrasi cream cheese Foto: Shutterstock
Berbagai jenis keju yang bertekstur lunak seperti cream cheese, camembert, brie, mozzarella, atau ricotta sebaiknya tidak dibekukan.Sebab, sama seperti susu, keju jenis lunak sangat sensitif terhadap suhu rendah karena dapat membuat teksturnya rusak dan mengeras.
Suhu rendah juga akan menimbulkan titik-titik air di permukaan keju yang akan menurunkan kualitasnya sehingga tak bisa diolah kembali menjadi campuran kue.
ADVERTISEMENT
6.Yoghurt
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (35000)
ilustrasi yoghurt Foto: Shutterstock
Anda mungkin berpikir, menyimpan yoghurt ke dalam freezer bisa membuat teksturnya tetap lembut dan creamy. Namun sebaliknya, suhu dingin di dalam freezer ternyata justru bisa menyebabkan teksturnya berubah lebih kasar dan lebih keras.
Selain itu, kandungan air di dalam yoghurt yang ikut membeku saat disimpan di dalam freezer juga bisa menghilangkan rasa creamy nan lembut yang dihasilkan oleh yoghurt.
7.Rempah dan Dedaunan Aromatik
7 Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan agar Tetap Lezat dan Keluarga Sehat (35001)
ilustrasi Kayu manis Foto: Pixabay
Sebaiknya jangan simpan rempah dan dedaunan aromatik seperti kayu manis, cengkih, daun salam, dan daun mint di dalam freezer bila tak ingin aroma alaminya hilang. Padahal aromanya yang kita butuhkan untuk memperkaya rasa makanan, bukan?
Tak hanya itu, es di dalam freezer juga akan mengakibatkan rempah-rempah, terutama yang berbentuk bubuk, lebih mudah menggumpal karena lingkungan yang basah.
ADVERTISEMENT