Mom16 September 2020 15:39

Apakah Bayi Demam Perlu Dimandikan?

Konten Redaksi kumparan
Apakah Bayi Demam Perlu Dimandikan?  (229181)
Ilustrasi termometer yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh bayi demam Foto: Shutterstock
Saat bayi demam, setiap orang tua tentu ingin memberi perawatan sebaik mungkin agar penyakit si kecil cepat pergi. Tapi bila bayi Anda mengalaminya, berhati-hatilah, Moms! Selalu waspada dan pastikan bayi mendapat perawatan yang benar. Termasuk soal memandikannya.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, soal memandikan bayi yang tengah demam kerap mengundang pro dan kontra. Ada orang tua yang merasa perlu memandikan bayi untuk membantu menurunkan suhu tubuh, ada juga yang berpikir sebaliknya.
Lantas mana yang betul?

Perlu Tidaknya Memandikan Bayi Demam

Apakah Bayi Demam Perlu Dimandikan?  (229182)
ilustrasi memandikan bayi Foto: Shutterstock
Moms, meski di masa lalu banyak orang memandikan bayi atau anak yang demam untuk menurunkan suhu tubuh mereka, ternyata hal ini bukanlah hal yang paling bijaksana untuk dilakukan. Sebab saat alami demam, bayi mungkin sudah kedinginan. Menelanjangi dan membasahinya dapat membuat bayi menggigil!
Namun bila tetap ingin dimandikan, yang perlu diperhatikan adalah mengenai suhu air yang digunakan. Sebagai orang awam, kita mungkin berpikir kalau mandi air dingin akan menurunkan suhu tubuh si kecil. Nah, inilah yang keliru.
ADVERTISEMENT
Kita perlu tahu, bila bayi yang demam dimandikan dengan air dingin, untuk sesaat suhu tubuhnya mungkin memang akan turun. Namun tak lama kemudian suhu tubuhnya akan naik kembali bahkan lebih panas dibandingkan sebelumnya!

Mandikan Bayi Demam dengan Air Hangat

Apakah Bayi Demam Perlu Dimandikan?  (229183)
Ilustrasi Mengompres Bayi Demam Foto: Shutterstock
Mengutip Parents, untuk membantu menurunkan suhu tubuh bayi yang tengah demam, Anda justru dapat membasuh atau memandikan bayi demam dengan air hangat. Setelah dibasuh atau mandi, keringkan tubuh bayi secara menyeluruh dan cek suhu tubuh si kecil tiap 3-4 jam sekali.
Jadi sekali lagi, hindari mengompres apalagi memandikan dengan air dingin saat bayi demam ya, Moms.
Yang juga perlu diingat, seringkali demam bukanlah hal yang perlu ditakuti, karena sebenarnya itu adalah tanda bahwa tubuh anak Anda sedang melawan virus atau infeksi. Jadi, kecuali demam membuat anak Anda terlihat tidak nyaman (artinya dia kehilangan nafsu makan, rewel, dan tidak bisa tidur), Anda tidak perlu mencoba menurunkannya.
ADVERTISEMENT

Kondisi Bayi Demam yang Perlu Diwaspadai

Apakah Bayi Demam Perlu Dimandikan?  (229184)
Ilustrasi bayi demam yang tak kunjung turun Foto: Shutterstock
Satu pengecualian adalah bila demam dialami bayi baru lahir yang sistem kekebalannya masih belum sempurna. Di usia yang sangat muda, gejala demam dapat mengkhawatirkan.
Demam yang sangat tinggi juga bisa menjadi tanda penyakit yang jarang tetapi serius, seperti pneumonia atau meningitis. Karena itu, bila bayi yang berusia kurang dari 3 bulan dan mengalami demam lebih dari 38 derajat celsius, bawalah ke dokter segera, Moms.
Begitu pula bila demam tak kunjung turun, nafsu makan atau menyusu bayi berkurang, napasnya pendek-pendek, diikuti muntah dan diare, segera bawa bayi Anda ke dokter. Dokter akan memeriksa lebih lanjut untuk memastikan kondisi bayi Anda. Semoga semua baik-baik saja, ya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white