kumparan
search-gray
Mom26 Juli 2020 16:06

Bayi yang Diberi Susu Formula Tidak Dekat dengan Ibunya, Mitos atau Fakta?

Konten Redaksi kumparan
Bayi yang Diberi Susu Formula Tidak Dekat dengan Ibunya, Mitos atau Fakta? (219930)
ilustrasi susu Formula Foto: Shutterstock
Kedekatan bayi yang diberi susu formula dengan ibunya tidak sebaik bayi yang disusui. Pernahkah Anda mendengar hal ini
ADVERTISEMENT
Menurut dr. Galih Linggar Astu, SpA, dari Brawijaya Hospital, Depok, proses menyusui memang dapat memperkuat ikatan atau bonding antara ibu dengan bayi.
"Pada proses menyusui, tercipta bonding dan pemberian stimulasi. Saat menyusui langsung, ibu akan melakukan kontak mata dengan bayi, mengelus kepala dengan penuh kasih sayang, memerhatikan bayi yang menyusu serta mengajak bayi berbicara atau mendendangkan lagu untuk bayi," jelas dr. Galih.
Lantas bagaimana dengan bayi yang diberi susu formula?
Tak perlu lantas berkecil hati, Moms! Bila si kecil terpaksa minum susu formula atas indikasi medis, bukan berarti Anda jadi tidak bisa membangun kedekatan dengannya.
Kuncinya, manfaatkahlah setiap waktu pemberian susu formula untuk membangun kedekatan dengan bayi tercinta. Bagaimana caranya? Ikuti tips dari kumparanMOM berikut ini.
ADVERTISEMENT

Lepaskan Kancing Baju

Bayi yang Diberi Susu Formula Tidak Dekat dengan Ibunya, Mitos atau Fakta? (219931)
Ilustrasi ibu membuka kancing baju saat akan memberi bayi susu formula Foto: Shutterstock
Buka pakaian atau setidaknya lepas beberapa kancing baju Anda saat memberi bayi susu formula. Dengan cara ini, kesempatan terjadinya skin-to-skin contact akan bertambah. Bayi senang lho, Moms, bila tangan atau pipinya bisa bersentuhan langsung dengan dada Anda yang hangat.
Tak hanya itu, kontak kulit akan meningkatkan kadar oksitosin alias hormon "cinta" dalam tubuh. Hormon ini memainkan peran utama dalam ikatan ibu (atau ayah) dengan bayinya.

Beri Bayi Susu Formula Sebelum Ibu Mandi

Coba beri bayi susu formula sebelum Anda mandi dan hindari menggunakan parfum atau wewangian lain. Sebab, bayi sangat menyukai aroma tubuh alami ibunya.
Aroma ini jugalah yang membantu bayi mengenali orang paling penting dalam hidupnya yaitu sang Ibu. Ini karena aroma alami tubuh ibu sudah dikenal bayi sejak masih dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Aroma alami tubuh ibu juga dapat membantu bayi merasa rileks, damai dan membantunya mencerna lebih baik.

Tatap Mata Bayi saat Beri Susu Formula

Bayi yang Diberi Susu Formula Tidak Dekat dengan Ibunya, Mitos atau Fakta? (219932)
Ilustrasi membangun kedekatan dengan bayi yang diberi susu formula Foto: Shutterstock
Tatap selalu mata bayi saat Anda memberi susu formula. Perhatikan, bayi akan membalas menatap mesra!
Selain kontak kulit, memandang satu sama lain merupakan cara yang sudah terbukti untuk membuat hormon oksitosin memancar dalam diri ibu maupun bayi.

Ajak Bayi Bicara

Tak hanya memandang, Anda bisa tersenyum, membelai sayang, mengajak bicara, bernyanyi atau ceritakan bayi apa saja saat memberi susu formula. Meski belum bisa bicara, bagi si kecil suara Ibu seperti musik di telinganya dan membuat sesi makannya jauh lebih istimewa. Sama seperti aroma alami tubuh ibu, suara ibulah yang jadi suara favorit baginya sejak dalam kandungan.
Bayi yang Diberi Susu Formula Tidak Dekat dengan Ibunya, Mitos atau Fakta? (219933)
beri susu formula sekehendak bayi Foto: Shutterstock

Beri Bayi Susu Sekehendaknya

Ikatan dengan bayi juga dapat berkembang bila ibu selalu merespons dengan cepat kebutuhan mereka. Dan kebutuhan bayi cukup sederhana: Beri aku susu! Ganti popokku! Bantu aku tidur!
ADVERTISEMENT
Nah, bila Anda muncul dan siap memberi susu formula setiap kali bayi merasa lapar, bayi akan belajar mempercayai sekaligus mencintai Anda. Jadi, beri bayi susu sekehendaknya atau kapan pun ia memintanya.

Ganti Tangan saat Beri Bayi Susu Formula

Bayi yang disusui secara otomatis mendapatkan perspektif lain saat mereka berpindah dari satu payudara ke payudara lainnya. Kenapa tidak membiarkan bayi yang diberi susu formula kesempatan serupa? Coba ganti posisi atau tangan saat memberi ia susu formula, Moms. Bayi akan sangat menyukainya dan sebagaimana ia semakin menyukai Anda.
Bayi yang Diberi Susu Formula Tidak Dekat dengan Ibunya, Mitos atau Fakta? (219934)
ilustrasi ibu memberi bayi susu formula dengan botol Foto: Shutterstock

Jangan Pegang Hp

Email kantor belum dijawab? Drakor yang Anda tonton lagi seru-serunya? Tetapi saat memberi bayi susu formula, jangan pegang hp ya! Matikan juga tv atau laptop Anda.
ADVERTISEMENT
Dengan hp, tv atau laptop, fokus Anda akan terpecah dan ini membuat Anda kehilangan kesempatan untuk membangun ikatan dengan bayi.

Jangan Suruh Orang Lain

Yang terakhir, jangan suruh orang lain memberi bayi Anda susu formula. Benar, tidak seperti menyusui bayi yang butuh payudara ibu, memberi susu formula bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi ini merugikan karena hanya akan mengurangi waktu spesial Anda dengan bayi.
Bersabarlah, tidak akan lama sampai si kecil bisa memegang sendiri botol susunya. Sebelum waktu itu datang, lebih baik curahkan perhatian dan waktu untuk menikmati semua momen berharga yang Anda miliki berdua!
----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT