Mom
·
15 November 2020 15:56

Bolehkah Bayi Makan Kacang Hijau?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Bayi Makan Kacang Hijau? (5216)
Ilustrasi kacang hijau. Foto: Dok. Wikipedia
Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang sehat. Tentu Anda tahu dan setuju ya, Moms. Kacang hijau juga dapat diolah jadi berbagai jenis hidangan maupun camilan yang enak. Tapi, bolehkah dimakan oleh bayi?
ADVERTISEMENT
Sebelum membahas jawabannya, kita perlu tahu, pada dasarnya kacang-kacangan merupakan satu dari sekian aneka bahan yang bisa disajikan sebagai makanan bayi. Selain lezat, jenis makanan ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, lemak, hingga protein yang baik untuk si kecil.
Meski begitu, tak semua bayi bisa mengkonsumsinya. Sebab sebagian besar bayi alergi terhadap kacang-kacangan.
“Sebenarnya enggak apa-apa (diberikan) kacang-kacangan. (Tapi) tergantung anaknya ada kecenderungan alergi atau tidak,” ungkap dr. Jovita Amelia, Sp.GK, dokter gizi klinik dari Ciputra Hospital, Jakarta, saat dihubungi kumparanMOM.
Sebaliknya, bila si kecil tidak memiliki alergi dan sudah siap diberi kacang-kacangan, maka kita bisa memberikannya. Pastikan juga pilih jenis kacang-kacangan yang aman untuk bayi ya, Moms.
ADVERTISEMENT

Amankah Kacang Hijau untuk Bayi?

Bolehkah Bayi Makan Kacang Hijau? (5217)
Ilustrasi kacang hijau berwarna kuning yang sudah dikupas kulitnya Foto: Shutterstock
Selain risiko alergi, satu hal yang harus diingat saat memberikan kacang hijau adalah soal kulit atau lapisan serat terluarnya yang mungkin sulit mencena bayi.
Karena itu bila hendak memberi bayi kacang hijau, lebih baik berikan kacang hijau berwarna kuning yang sudah dikupas kulitnya serta dibelah. Selain itu, pastikan Anda mengolah kacang hijau dengan benar.
“(Sebaiknya) dihaluskan, (kemudian) dimasak, setelah itu disaring lagi,” kata dr Jovita.
Setelah dimasak hingga lunak, Anda bisa membuat puree kacang hijau untuk bayi. Kelak bila bayi sudah lebih siap, barulah kacang hijau dapat diberikan dalam bentuk lebih kasar atau utuh. Misalnya sebagai campuran nasi lembut untuk si kecil atau tambahan isi untuk sup favoritnya. Lebih enak dan jadi tambah bergizi!
ADVERTISEMENT

Apa saja gizi yang ditawarkan kacang hijau?

Bolehkah Bayi Makan Kacang Hijau? (5218)
Ilustrasi bayi makan makanan bergizi Foto: Shutterstock
Kacang hijau kaya akan vitamin. Mulai dari vitamin C, A, K, E, B-6, thiamin, riboflavin, niacin, folat, ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak dalam kacang hijau.
Selain vitamin, mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, seng, dan natrium juga dapat ditemukan dalam jumlah tinggi pada kacang hijau.
Kehadiran vitamin dan mineral inilah yang membuat kacang hijau menjadi pilihan makanan yang cocok untuk bayi. Kita perlu ingat Moms, vitamin dan mineral ini memainkan peran utama dalam perkembangan fisik dan mental bayi.
Kacang hijau juga merupakan sumber protein yang baik. Jumlah protein dalam kacang hijau sangat tinggi bahkan jika dibandingkan dengan telur, ikan dan ayam. Kehadiran protein ini memfasilitasi perkembangan otot dan organ yang lebih cepat pada bayi.
ADVERTISEMENT