Mom
·
22 November 2020 17:01

Cerita Fabel untuk Anak: Semut dan Merpati

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Fabel untuk Anak: Semut dan Merpati (15139)
Ilustrasi ibu membacakan cerita fabel untuk anak. Foto: Shutter Stock
Moms, seringkah Anda membacakan cerita fabel untuk anak? Fabel adalah cerita-cerita yang berisi pendidikan moral dan budi pekerti melalui tokoh binatang.
ADVERTISEMENT
Fabel digunakan untuk menyampaikan banyak pelajaran penting tentang kehidupan, alam, cinta, persahabatan, persaudaraan dan cara menjadi orang baik. Sangat filosofis, tapi tetap sederhana untuk dipahami siapa saja bahkan anak balita.
Kali ini, kumparanMOM merangkum cerita fabel tentang semut dan merpati yang diyakini ditulis oleh Aesop-seorang budak yang hidup pada zaman Yunani kuno.

Semut dan Merpati

Cerita Fabel untuk Anak: Semut dan Merpati (15140)
Cerita fabel untuk anak: Semut dan Merpati Foto: Shutterstock
Pada suatu hari, seekor semut tengah kehausan. Ia berjalan gontai di dalam hutan hingga akhirnya tiba di tepi sungai.
Semut pun menjulurkan badannya yang mungil ke arah air untuk minum. Tapi malang, tak sengaja dia malah tercebur! Semut lalu hanyut terbawa arus.
Dengan panik, Semut berteriak. "Tolong! Tolong! Tolong aku!" Tapi tidak ada yang mendengar teriakannya.
ADVERTISEMENT
Semut mencoba berteriak lebih kencang. Namun tetap saja, tidak ada yang datang menolongnya.
Cerita Fabel untuk Anak: Semut dan Merpati (15141)
Fabel Merpati dan Semut Foto: Shutterstock
Ketika semut kecil itu hampir tenggelam, seekor merpati yang bertengger di ranting pohon melihatnya. Merpati segera menarik sehelai daun lantas menjatuhkannya ke sungai. Tepat di dekat Semut.
Dengan sisa-sisa tenaganya, semut naik ke atas daun sehingga dia bisa mengapung dengan selamat ke tepi sungai. Dia kelelahan tapi sangat senang dan bersyukur karena Merpati telah menyelamatkannya.
Cerita Fabel untuk Anak: Semut dan Merpati (15142)
Cerita fabel anak tentang merpati dan semut Foto: Shutterstock
Beberapa hari kemudian, seorang pemburu burung datang ke hutan. Ia melihat Merpati bertengger di pohon. Tanpa disadari oleh Merpati, pemburu itu bersiap menembaknya.
Namun beruntung, Semut ada di sekitar situ dan melihat apa yang terjadi. Dia pun berlari sekuat tenaga menghampiri si pemburu dan menggigit tangannya kuat-kuat.
ADVERTISEMENT
Pemburu burung itu berteriak kesakitan. Tak hanya senapannya lepas dari tangan, suaranya membuat Merpati tahu ada bahaya tengah mengancamnya. Merpati pun segera terbang menjauh. Berkat semut, ia selamat. Merpati dan semut kemudian menjadi sahabat.
Nah Moms, lewat cerita fabel tentang semut dan merpati ini, sampaikanlah pada anak pentingnya saling tolong menolong. Selain itu, jelaskan pada anak kalau kita harus selalu berlomba-lomba dalam kebaikan. Selamat bercerita!