Mom
·
17 November 2020 8:56

Kata Ahli Tentang Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kata Ahli Tentang Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui (652558)
Kata Ahli Tentang Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui Foto: Shutterstock
Makan makanan yang bergizi seimbang penting untuk ibu menyusui. Tak hanya untuk kesehatan ibu, pemenuhan gizi akan berpengaruh pada produksi maupun kualitas ASI. Itulah kenapa, ibu menyusui harus pintar menjaga pola makannya sehari-hari dan cermat memilih makanan apa yang dikonsumsi.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan makanan yang jadi pantangan? Apakah ada makanan tertentu yang dilarang untuk ibu menyusui?

Apa Saja Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Kata Ahli Tentang Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui (652559)
Apa Saja Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui Foto: Shutterstock
Menurut konsultan laktasi, dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC yang tidak boleh dimakan oleh ibu menyusui adalah makanan yang mengganggu kesehatan, yang menyebabkan sang ibu sakit, yang memicu alergi atau membahayakan seperti rokok, minuman keras, atau narkotika.
Selain itu, sejatinya tidak ada pantangan makanan maupun minuman untuk ibu menyusui. Ya Moms, dokter yang juga anggota Satgas ASI IDAI dan Ketua Umum Sentra Laktasi Indonesia ini menegaskan, ibu menyusui boleh menikmati makanan atau minuman apa pun yang ia sukai selama makanan tersebut sehat.
"Ibu menyusui itu makanlah apa yang dia suka, yang baik dan sehat," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Ia juga menganjurkan agar ibu menyusui mengkonsumsi berbagai variasi makanan atau dengan kata lain: jangan terlalu pilih-pilih!

Manfaat Variasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Kata Ahli Tentang Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui (652560)
Manfaat Variasi Makanan untuk Ibu Menyusui Foto: Shutterstock
Dr Wiyarni lebih lanjut menjelaskan, ada dua keuntungan bagi bayi yang ibunya tidak suka berpantang dalam memilih makanan.
Pertama, bayi dan ibu jadi lebih bugar karena makan nikmat dan berselera. Kedua, bayi tidak akan menjadi picky eater (pilih-pilih makanan).
"Apa yang ibu menyusui makan akan memengaruhi bayi. Sama seperti dia hamil, bayi itu kan minum air ketuban. Jadi dia sudah bisa merasakan makanan yang dimakan ibu," kata Wiyarni.