Otomotif6 Januari 2020 16:03

4 Jagoan Mobil Hybrid Toyota Indonesia

Konten Redaksi kumparan
4 Jagoan Mobil Hybrid Toyota Indonesia  (30689)
Toyota Corolla Altis Hybrid Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Toyota rupanya berupaya membuka tren mobil hybrid di Indonesia. Buktinya, mereka menjadi merek yang punya jajaran produk hybrid terlengkap saat ini.
ADVERTISEMENT
Sepanjang tahun 2019, jenama Jepang itu merilis tiga model yang memiliki varian hybrid: Camry, C-HR, dan Corolla Altis. Hasilnya, angka penjualan mobil yang mengombinasikan motor konvensional dan listrik pun tumbuh.
“Tahun ini, mobil hybrid Toyota alami kenaikan penjualan hingga 5 kali lipat. Sekarang per bulannya sudah di atas 50 unit,” ungkap Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto di sela acara Toyota Year End Media Gathering 2019, di Jakarta, Kamis (12/12/2019).
Selama Januari hingga Oktober, wholesales (pengiriman unit dari pabrik ke diler) mobil hybrid Toyota mencapai 576 unit. Angka ini naik dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018, yang hanya mendistribusikan 24 unit.
Nah, berikut adalah 4 mobil hybrid Toyota saat ini:
ADVERTISEMENT
1. Toyota Camry Hybrid
4 Jagoan Mobil Hybrid Toyota Indonesia  (30690)
Toyota New Camry Hybrid 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Eksistensi Toyota Camry sebagai salah satu sedan mewah di tanah air terus berlanjut. Toyota Camry masih jadi pilihan bagi para kaum eksekutif di Tanah Air. Dari tiga pilihan yang tersedia, TAM menyediakan model hybrid 2,5 V sebagai alternatif yang tak hanya mewah dan nyaman, namun juga hemat bahan bakar.
Toyota Camry yang sudah memasuki generasi kedelapan ini dibanderol Rp 828,100 juta on the road Jakarta. Sebagai sedan mewah mobil ini dibekali mesin bensin berkapasitas 2.5 liter serta 1 motor listrik. Untuk mesin bensinnya menghasilkan tenaga 176 dk dan torsi 220 Nm. Sementara motor listriknya turut menyumbang 220 Nm, artinya secara total mobil ini punya torsi hingga 422 Nm.
ADVERTISEMENT
Untuk fitur, mobil ini sudah dilengkapi lampu LED di seluruh bagian, sunroof, 7 buah airbag, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Dynamic Radar Cruise Control, Pengereman ABS, EBD, Blind Spot Monitor, Lane Keeping Assist, Brake Assist, dan Electronic Parking Brake.
2. Toyota C-HR
4 Jagoan Mobil Hybrid Toyota Indonesia  (30691)
Toyota C-HR Hybrid Foto: dok. TAM
Sejatinya Toyota C-HR Hybrid adalah model yang diluncurkan sebagai mobil konsep Toyota pada gelaran GIIAS 2017 lalu. Namun baru di 2019 mobil ini resmi mengaspal untuk pasar otomotif Indonesia.
Untuk harganya, tipe single tone dibanderol Rp 533,3890 juta dan tipe dual tone-nya dilego Rp 535,390 juta keduanya dilepas dengan status on the road Jakarta. Di balik kapnya bersemayam mesin berkapasitas 1.8 liter.
Sistem hybrid tersebut menjanjikan tenaga maksimal hingga 141 dk pada 6.400 rpm dan torsi puncak 175 Nm pada 4.000 rpm. Daya tersebut dikirim ke sistem transmisi otomatik 7-percepatan. Agar berkendara mengasyikkan, C-HR disematkan driving mode tiga pilihan: Normal, Sport, dan Eco.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk fiturnya dilengkapi Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, pengereman ABS, EBD, Brake Assist, 7 buah airbag, ISOFIX, keyless, Auto Brake Hold, dan sistem penerangan lampu dengan teknologi LED.
3. Toyota Corolla Altis Hybrid
4 Jagoan Mobil Hybrid Toyota Indonesia  (30692)
Toyota Corolla Altis Hybrid Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sedan legendaris milik Toyota ini kini sudah disuntik teknologi Hybrid. Ya, ini sekaligus membuatnya sebagai mobil sedan hybrid paling murah di Indonesia. Dibanderol Rp 579,6 juta on the road Jakarta sepertinya bisa jadi pilihan bagi Anda.
Untuk jantung mekanisnya, dibekali mesin 1.8 liter dengan teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) terbaru ini menjanjikan tenaga 70 dk. Tak hanya itu, Altis terbaru ini sudah mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA), penggunaan platform anyar ini diklaim Toyota mampu memberikan performa yang lebih baik dibanding model sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Untuk fitur dia dilengkapi dengan Toyota Safety Sense meliputi Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Auto High Beam (AHB), tujuh buah Airbag, pengereman ABS, dan masih banyak lagi.
4. Toyota Alphard Hybrid
4 Jagoan Mobil Hybrid Toyota Indonesia  (30693)
Toyota Alphard hybrid Foto: muhammad ikbal/kumparan
Kenyamanan, keamanan dan kemewahan MPV kelas atas Toyota ini tetap diunggulkan. Belum lama ini Alphard juga mendapatkan 5 bintang dan meraih penghargaan dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP) sebagai MPV aman dari benturan dan menjamin perlindungan pejalan kaki.
Untuk banderolnya pihak TAM melego Rp 1,4 miliar. Bicara fiturnya, Toyota Alphard Hybrid disematkan fitur kelas atas seperti 7 buah Airbags, Vehicle Stability Control, ISOFIX, pengereman ABS, Front and Rear Ventilated Disc Brake. Sementara buat sistem keamanan tersemat Immobilizer, Keyless Entry, Engine Start/Stop Button, dan Alarm System.
ADVERTISEMENT