Otomotif7 Mei 2020 10:57

PSBB Jabar Berlaku, Warga Bodebek Masih Boleh Melintas untuk Kerja di Ibu Kota?

Konten Redaksi kumparan
PSBB Jabar Berlaku, Warga Bodebek Masih Boleh Melintas untuk Kerja di Ibu Kota? (42423)
Petugas memeriksa kendaraan roda empat di Jalan tol Jakarta - Cikampek Km 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/5). Foto: ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi diberlakukan di wilayah Jawa Barat, mulai Rabu (6/5) kemarin hingga 19 Mei 2020, seluruh aktivitas pergerakan moda transportasi akan dibatasi.
ADVERTISEMENT
Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan, telah menyiapkan 250 titik check point di tingkat kota dan kabupaten serta 19 check point di perbatasan antar provinsi, seperti DKI Jakarta dan Jawa Tengah.
Adanya pemberlakuan PSBB di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta, tentu membuat sebagian masyarakat yang tinggal di perbatasan menjadi kebingungan, terutama bagi mereka yang tempat tinggal dan tempat kerjanya berbeda provinsi.
PSBB Jabar Berlaku, Warga Bodebek Masih Boleh Melintas untuk Kerja di Ibu Kota? (42424)
Petugas memberhentikan kendaraan bermotor di titik penyekatan larangan mudik di Jatinangor, perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Sebagian dari mereka mungkin bertanya-tanya, apakah nantinya mereka masih diperbolehkan melintas untuk pergi bekerja atau tidak. Menjawab kerisauan tersebut, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga, menjelaskan hal itu boleh - boleh saja.
Selama bepergian atau kebutuhan melintasnya itu sesuai dengan kriteria yang diizinkan, boleh saja. Tapi harus mengikuti persyaratan dari pemerintah pusat," ujarnya kepada kumparan.
Senada dengan Kabid Humas Polda Jawa Barat, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo juga mengatakan selama alasan melintasnya untuk bekerja atau ke tempat kesehatan maka diperbolehkan.
ADVERTISEMENT
"Selama tujuannya bekerja atau ke fasilitas kesehatan dan dia mengikuti aturan PSBB seperti menggunakan masker, berkendara untuk mobil tidak lebih dari 50 persen, itu ya boleh," jelas Sambodo.
PSBB Jabar Berlaku, Warga Bodebek Masih Boleh Melintas untuk Kerja di Ibu Kota? (42425)
Polisi mengarahkan kendaraan roda empat untuk menjalani pemeriksaan saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pasteur, Bandung, Jawa Barat. Foto: Antara/Agung Rajasa
Adapun berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020, perjalanan orang yang diperbolehkan melintasi batas wilayah dengan kendaraan pribadi atau sarana transportasi umum, harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
Perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan:
  1. Pelayanan percepatan penanganan COVID-19
  2. Pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum
  3. Pelayanan kesehatan
  4. Pelayanan kebutuhan dasar
  5. Pelayanan pendukung layanan dasar
  6. Pelayanan fungsi ekonomi penting
Untuk dapat diizinkan melintas batas wilayah tersebut, para pekerja lembaga pemerintah atau swasta diharuskan memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
  1. Menunjukkan surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia yang ditandatangani oleh minimal pejabat setingkat Eselon 2
  2. Menunjukkan surat tugas bagi pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Unit Pelaksana Teknis atau Satuan Kerja atau organisasi non pemerintah atau Lembaga Usaha yang ditandatangani oleh Direksi atau Kepala Kantor.
  3. Menunjukkan hasil negatif COVID-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) Test atau Rapid Test atau surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan atau rumah sakit atau klinik kesehatan
  4. Bagi yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta, harus membuat surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai dan diketahui oleh Lurah atau Kepala Desa setempat
  5. Menunjukkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya yang sah
  6. Melaporkan rencana perjalanan (jadwal keberangkatan, jadwal pada saat di daerah penugasan, serta waktu kepulangan)
PSBB Jabar Berlaku, Warga Bodebek Masih Boleh Melintas untuk Kerja di Ibu Kota? (42426)
Petugas gabungan mengatur lalu lintas kendaraan dari luar kota saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Foto: Antara/Agung Rajasa
Dari seluruh kriteria dan persyaratan PSBB yang diterbitkan oleh pemerintah pusat tersebut, Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan, bahwa setiap pemimpin daerah diperbolehkan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan di wilayahnya masing-masing.
ADVERTISEMENT
"Implementasinya dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan di masing-masing wilayah melalui Pergub, Peraturan Wali kota atau Peraturan Bupati," tutup Erlangga.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.