kumparan
7 November 2019 9:54

10 Destinasi Wisata di Dunia yang Menarik Dikunjungi di 2020

Pemandangan di Sekitar Punakha Dzong. Foto: Flickr/Bill Clifford
Seiring berjalannya waktu, tren traveling selalu berubah sama halnya dengan destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan.
ADVERTISEMENT
Sebuah situs panduan traveling sekaligus buku panduan perjalanan ternama, Lonely Planet, baru-baru ini meluncurkan daftar tempat terbaik yang wajib dikunjungi wisatawan di 2020.
Tempat-tempat tersebut dikelompokkan dalam beberapa kategori, yaitu kota, negara, wilayah, dan harga. Tak hanya itu, isu lingkungan menjadi hal yang turut diperhatikan.
Sebab, ke depannya wisatawan tak hanya bisa menikmati indahnya sebuah destinasi wisata. Tetapi, mereka diharapkan dapat memiliki dampak positif terhadap lingkungan di mana pun mereka pergi.
Dilansir Lonely Planet, ini dia 10 negara terbaik yang wajib kamu kunjungi di 2020. Yuk simak ulasan berikut.
1. Bhutan
Arsitektur Punakha Dzong. Foto: Flickr/Joe Wallacr
Bhutan menempati peringkat pertama sebagai negara yang wajib dikunjungi wisatawan. Negara yang masih termasuk ke dalam kawasan Asia serta berbatasan langsung dengan Tiongkok dan India ini memiliki panorama alam yang sanggup memukau wisatawan.
ADVERTISEMENT
Alam yang subur, cagar alam dengan satwa liarnya yang masih terjaga, hingga kebudayaannya, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan tuk berkunjung ke Bhutan.
Tak hanya itu, Bhutan juga dinobatkan menjadi negara pertama yang emisi karbonnya negatif. Bhutan menghasilkan emisi 1,5 juta ton karbon dioksida sedangkan 60% kawasan negara itu adalah hutan yang mampu menyerap 6 juta ton karbon dioksida.
Dilansir India Times, pada 2013, negara ini mengumumkan semua yang mereka tanam harus organik dan selaras dengan alam. Negara ini juga memperhatikan penggunaan sumber energi yang tidak menyebabkan polusi dan penurunan kualitas udara.
Tak hanya itu, Bhutan juga menempati peringkat atas di antara negara-negara di Asia yang rakyatnya paling bahagia. Sejak tahun 1980 tingkat harapan hidup meningkat 20 tahun dan pendapatan perkapita sebesar 450 persen. Rakyat di sini juga dikenal sangat sopan, ramah, dan suka menolong.
ADVERTISEMENT
2. Inggris
Suasana sekitar Big Ben, London, Inggris. Foto: Dok. Istimewa
Selain Bhutan, Inggris juga menjadi negara yang tak kalah menarik untuk dikunjungi wisatawan pada 2020. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan di negeri yang dipimpin Ratu Elizabeth tersebut.
Tengok saja Big Ben dan Istana Buckingham yang menjadi salah satu destinasi buruan wisatawan saat berlibur di Inggris. Selain kedua destinasi tersebut, ternyata kota-kota pesisir Inggris menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk wisatawan.
Di sini wisatawan dapat menemukan sesuatu yang baru dan petualangan seru mengenai kehidupan laut. Apalagi pada tahun 2020, bagian baru dari Jalur Pantai Inggris akan terus terbuka, sehingga lebih mudah untuk menjelajahi garis pantai negara itu.
3. Makedonia Utara
Mobil supermina Zastava 75 yang mesinnya diganti dengan listrik di Skopje, Makedonia Utara. Foto: REUTERS/Ognen Teofilovski
Makedonia Utara bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin mencari alternatif liburan lainnya di Eropa. Negara ini memiliki lanskap alam yang indah dengan pegunungan yang indah.
ADVERTISEMENT
Makedonia Utara menjadi destinasi yang pas bagi mereka yang gemar wisata petualangan, sebab di sini terdapat banyak sekali jalur pegunungan yang bisa disusuri. Salah satuya adalah trek menuju salah satu situs yang dilindungi Unesco yaitu Danau Orchid yang eksotis.
Baru-baru ini sebuah trek baru yaitu High Scardus Trail sepanjang 495 km baru saja diluncurkan dengan pemandangan pegunungan paling dramatis. Tak hanya pemandangan yang memesona, penduduk setempat juga sangat ramah terhadap wisatawan.
4. Aruba
Terkenal akan pantainya yang indah, Aruba juga masuk ke dalam daftar tempat yang menarik untuk dikunjungi pada 2020. San Nicolas atau yang dikenal sebagai Sunrise City menjadi destinasi menarik berikutnya yang bisa dikunjungi wisatawan.
Wisatawan bisa menikmati beragam festival menarik yang penuh warna dan kreatif, juga berinteraksi langsung dengan seniman internasional dan lokal yang turut memeriahkan berbagai perayaan tahunan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Aruba juga menjadi salah satu negara yang melakukan berbagai inovasi untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.
Negara itu juga menjadi pusat pengujian untuk solusi energi terbarukan negara lain dan sedang berupaya menerapkan larangan terhadap semua plastik sekali pakai serta melarang penggunaan tabir surya perusak terumbu karang di pantai.
5. eSwatini
eSwatini merupakan salah satu negara yang namanya belum terlalu populer. Walau begitu, negara di Afrika Selatan ini menawarkan petualangan yang menakjubkan bagi wisatawan.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari zip lining, trekking, arung jeram, hingga safari alam. Kamu bisa menyaksikan satwa liar seperti gajah bahkan badak di Mkhaya Game Reserve.
Untuk menyambut wisatawan, eSwatini terus membangun infrastruktur pendukung seperti sudah tersedianya bandara internasional baru, serta infrastruktur jalan yang terus ditingkatkan.
ADVERTISEMENT
6. Kostarika
Kostarika menjadi salah satu negara yang menarik untuk dikunjungi mulai dari kopinya yang khas hingga pantainya yang menjadi surga bagi para peselancar.
Tak hanya itu, Kostarika menawarkan keanekaragaman hayati yang menarik. Salah satunya adalah wisatawan bisa melihat hewan sloth yang menggemaskan di Sloth Sanctuary.
Bagi pecinta petualangan, Kostarika menawarkan berbagai hal mulai dari mendaki gunung berapi bermain zipline dan sebagainya.
Kostarika juga menjadi negara yang peduli terhadap lingkungan buktinya 90 persen energi negara tersebut bersumber dari energi terbarukan.
7. Belanda
Kincir angin di tengah kebun bunga tulip di Belanda Foto: Shutter Stock
Nama Belanda tentunya bukan lagi menjadi kata yang terdengar asing di telinga kamu. Selain karena jejak sejarahnya, Belanda dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Eropa yang menarik dan jadi impian traveler Indonesia ataupun dunia.
ADVERTISEMENT
Mulai dari wisata alam, museum bersejarah hingga pusat hiburannya. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi seperti Museum Van Gogh, Anne Frank House, Taman bunga Keukenhof dan lain sebagainya.
8. Liberia
Ingin liburan anti-mainstream, Liberia bisa menjadi pilihan. Negara yang terletak di Afrika yang berbatasan dengan Sierra Leone, Guienea, dan Pantai Gading ini menawarkan banyak hal bagi wisatawan mulai dari budaya dan seni yang luar biasa indah, makanan lezat dan sejarah yang sangat mengagumkan.
Kunjungan kali pertama ke Liberia, jangan sampai melewatkan museum nasional Liberia. Patung yang sangat terkenal, Ibu Kembar, harus menjadi sasaran foto sebagai bukti pernah ke Liberia.
Liberia juga memiliki pantai-pantai indah dengan ombak terbaik di Afrika seperti di Robertsport. Lalu ada Taman Nasional Sapo, area hutan hujan primer terbesar kedua di Afrika Barat.
ADVERTISEMENT
9. Maroko
Ourzazate di Maroko Foto: Booking.com
Maroko menjadi salah satu negara yang menawarkan beragam hal bagi wisatawan. Dari menjelajah kota-kota kuno, menaiki unta ke bukit pasir Erg Chigaga, hingga mendaki Pegunungan High Atlas dengan panorama menakjubkan.
"Maroko memiliki seratus wajah dan suara, semuanya siap menyambut pelancong yang mencari rempah-rempah dan petualangan," tulis pernyataan Lonely Planet.
Tak hanya itu, ada kota di Maroko yang rupanya seperti di dalam dongeng. Kota ini didominasi dengan warna biru pada tembok bangunan dan jalan setapaknya.
Warna biru ini memberikan perasaan damai dan nyaman ketika seseorang berjalan di dalamnya. Menariknya, warna birunya pun beragam, mulai dari yang paling terang hingga paling gelap. Kote tersebut bernama Chefchaouen atau yang berarti 'permata biru'.
ADVERTISEMENT
10. Uruguay
Atraksi kuda di Uruguay Foto: REUTERS/Andres Stapff
Dikelilingi pantai yang memukau, Uruguay menjadi destinasi yang bisa masuk ke dalam wishlist liburanmu di tahun depan. Dengan sekitar 660 km garis pantai yang memukau, wisatawan bisa merasakan liburan yang sempurna di Uruguay.
Uruguay juga memiliki jalan-jalan ikonik, dengan situs-situs bersejarahnya yang ada di Montevideo. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan beragam festival menarik yang digelar di sana.
Apalagi setiap bulan Oktober, Uruguay merayakan Festival Susu Nasional di Cardal, Florida Selatan. Di festival ini kamu dapat menikmati pertunjukan, musik dan tarian, sekaligus mencicipi beragam kuliner khas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan