Food & Travel
·
5 Desember 2019 9:25

6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan (252069)
searchPerbesar
Ilustrasi Solo Traveling Foto: Dok, shutterstock
Terkadang ada banyak alasan yang menjadi penghalang seseorang mengurungkan niatnya untuk solo traveling. Mulai dari takut tersasar, takut kesepian dan tidak merasa aman adalah alasan yang paling sering muncul.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, sebagian orang juga berpendapat menjadi solo traveler itu sangat menyenangkan. Selain bebas menentukan tempat tujuan, kamu juga bisa belajar lebih mandiri, melatih kemampuan beradaptasi dan tentunya besar kemungkinan kamu akan mendapat kenalan baru, karena menjadi solo traveler akan membuat kamu lebih banyak berinteraksi dengan orang asing.
Nah, menurut salah satu travel blogger, Satya Winnie, ada beberapa tips yang bisa dilakukan khusunya bagi mereka yang baru pertama kali solo traveling.
Apa saja? Yuk simak ulasan berikut.
1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu
6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan (252070)
searchPerbesar
com-Ilustrasi seseorang sedang menggunakan laptop Foto: Shutterstock
Sebelum traveling, wajib hukumnya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari riset destinasi yang akan dikunjungi hingga riset perjalananmu.
“Riset penting. Riset macam-macam, pertama riset destinasi yang dituju, riset harga ke sananya, riset cuaca juga penting, riset juga apakah bulan kamu ke sana itu terhitung low season atau high season karena itu sangat berpengaruh dengan bujetingmu, dan itinerarymu,” ujar Satya saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu di Pantai Pulisan, Likupang Timur, Sulut.
ADVERTISEMENT
Satya pun mengungkapkan kalau kamu tidak melakukan riset terlebih dahulu, alih-alih ingin menikmati liburan kamu malah tidak bisa liburan dengan nyaman.
“Kalau misalnya kamu salah cuaca, misalnya datangnya pas akhir tahun padahal itu lagi musim hujan, sayang juga menghabiskan banyak uang tapi tak dapat hasil yang maksimal,”
2. Budgeting dan Itinerary
6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan (252071)
searchPerbesar
Ilustrasi itinerary Foto: Unsplash
Karena kamu akan berpergian sendiri, ada baiknya untuk membuat sebuah anggaran dan rencana perjalanan yang matang. Dalam perencanaan tersebut, pastikan kamu sudah membuat secara detail rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan.
Buat juga rincian mau naik apa untuk pindah dari destinasi wisata yang satu ke lainnya atau berapa uang yang harus disisihkan.
3. Simpan Uang dan Dokumen di Tempat Terpisah
6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan (252072)
searchPerbesar
Ilustrasi perlengkapan traveling. Foto: Shutter Stock.
Kejahatan bisa saja terjadi di mana saja dan kapanpun serta tak pandang bulu. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya harus ekstra hati-hati ketika menyimpan barang-barang berhargamu seperti uang dan juga dokumen penting lainnya.
ADVERTISEMENT
Alangkah lebih baik, kamu menyiapkan dua tempat terpisah untuk menyimpan uang dan juga dokumen penting yang akan kamu bawa ketika traveling.
Selain itu, jangan lupa memindai atau memfoto dokumen-dokumen penting seperti passport, KTP dan lain-lain. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika mengalami keadaan tak terduga seperti kehilangan tas.
4. Memilih Destinasi yang Kamu Banget
6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan (252073)
searchPerbesar
Ilustrasi traveling menyambangi Kawah Ijen Foto: Shutter Stock
Selanjutnya, tentukan juga destinasi yang sangat cocok untuk kamu kunjungi. Kalau kamu gemar wisata petualangan, kamu bisa memilih destinasi wisata yang berhubungan dengan pililhanmu itu, misalnya kamu bisa berwisata ke daerah pegunungan ataupun perbukitan.
“Kemudian harus pintar-pintar untuk menentukan destinasi, karena enggak semua destinasi itu cocok sama semua orang. Jadi pililh-pilih aja destinasi yang memang sesuai dengan yang kamu mau dateng ke situ kamu mau ke mana,” imbuh Satya.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu mau diving ataupun snorkeling kamu bisa memilih pantai sebagai destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.
5. Light Packing
6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan (252074)
searchPerbesar
Ilustrasi barang bawaan dalam koper Foto: Shutter Stock
Ketika solo traveling, mau enggak mau kamu harus menenteng semua barang bawaan sendirian, terutama saat ingin menuju ke tempat penginapan, maupun berpindah ke suatu tempat.
Untuk itu, bawalah beban seringan mungkin agar tidak menyusahkan kamu nantinya, sebab seringkali kamu tergoda untuk membawa barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, sehingga berakhir dengan koper yang berat.
Satya pun mengungkapkan hal yang sama, ketika solo traveling sebaiknya kamu membuat catatan dari barang-barang yang akan kamu bawa ketika traveling.
“Dan juga mungkin tipsnya light packing, karena kebanyakan orang heboh banget bawaannya kadang-kadang kalau mau traveling padahal enggak penting, jadi manajemen perjalanan, persiapan perjalanan itu bisa dibikin daftar. Karena biasanya aku selalu bawa daftar barang bawaanku, biar aku juga mikir, oh enggak ada yang kelebihan nih. Kayaknya cukup. Misalnya 6 hari cukup bawa 6 baju aja atau 3-4 baju aja” ungkap Satya.
ADVERTISEMENT
6. Catat Nomor Penting
6 Tips Solo Traveling Buat Pemula Agar Liburan Makin Menyenangkan (252075)
searchPerbesar
com-Ilustrasi membuat catatan. Foto: Shutterstock
Terakhir, sebelum solo traveling, pastikan kamu sudah menyimpan kontak-kontak penting dari kota yang akan kamu kunjungi seperti nomor telepon penginapan, polisi dan rumah sakit.
Jangan lupa untuk menyimpan nomor orang-orang terdekat agar kamu bisa memberi kabar pada mereka sewaktu-waktu. Agar lebih aman lagi, catat juga nomor telepon tersebut di tempat lain seperti kertas atau buku nota yang akan kamu bawa agar jika kamu kesulitan menemukan ponsel, kamu tetap memiliki nomor penting tersebut.
Bagaimana, sudah siap untuk solo traveling?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020