Food & Travel
·
3 April 2020 10:02

RedDoorz Beri Penginapan Gratis Bagi Tenaga Medis yang Tangani Virus Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
RedDoorz Beri Penginapan Gratis Bagi Tenaga Medis yang Tangani Virus Corona (10211)
Kasur Queen Size dalam kamar hotel RedDoorz Premium @ Bandung City Center Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Berbagai jenis bantuan bergulir bagi tenaga medis Indonesia yang tengah menghadapi virus corona. Banyak orang berbondong-bondong membuat donasi demi membantu mereka yang berada di garda terdepan perawatan pasien COVID-19.
ADVERTISEMENT
Mulai dari bantuan masker, APD, hingga penginapan pun diluncurkan. RedDoorz salah satunya, platform manajemen dan pemesanan hotel online ini baru saja mengumumkan kerja sama strategis baru dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
Kerja sama tersebut diwujudkan dalam bentuk penginapan gratis bagi tenaga medis yang menangani kasus COVID-19. Inisiatif ini merupakan bagian dari program terbaru RedDoorz yang bertajuk "Red Heroes".
RedDoorz Beri Penginapan Gratis Bagi Tenaga Medis yang Tangani Virus Corona (10212)
Ilustrasi kamar RedDoorz Foto: Dok. RedDoorz
"Red Heroes" adalah sebuah program RedDoorz yang diluncurkan di Asia Tenggara sebagai bentuk dukungan untuk melawan wabah virus corona. Di Jakarta, program "Red Heroes" dari RedDoorz menyediakan 102 kamar hotel yang tersedia di dua properti.
Kedua properti tersebut adalah RedDoorz Plus Near Plaza Blok M dan RedDoorz Plus @ Thamrin. Kedua hotel ini dipilih karena memiliki lokasi yang dekat dengan dua rumah sakit yang menangani cukup banyak kasus COVID-19, yaitu RSPAD Gatot Subroto dan RS Cipto Mangunkusumo.
ADVERTISEMENT
Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa ini adalah salah satu dari berbagai upaya pemerintah untuk melawan penyebaran virus COVID-19 dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat Indonesia.
"Dalam kapasitas Kemenparekraf, kami ingin dapat memfasilitasi tenaga medis dan gugus tugas yang memerlukan akomodasi. Kerja sama dengan RedDoorz, melalui program Red Heroes ini adalah satu bentuk fasilitasi dimaksud," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan.
Wishnutama juga menambahkan bahwa mitra yang dipilih untuk program ini adalah properti yang menerapkan SOP terkait pelayanan tamu, sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan yang sesuai dengan prosedur penanganan COVID-19.
RedDoorz Beri Penginapan Gratis Bagi Tenaga Medis yang Tangani Virus Corona (10213)
Menparekraf Wishnutama Kusubandio Foto: Dok. Kemenparekraf
Kemenparekraf akan bekerja sama dengan berbagai unit di pemerintahan untuk mengelola dan menangani pemesanan. Kementerian ini juga akan menentukan tenaga medis yang dapat mengakses penginapan yang RedDoorz sediakan selama program ini berlangsung.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, RedDoorz akan membantu dan bekerja sama secara erat dengan unit-unit pemerintahan di level nasional dan daerah. Rencananya, RedDoorz juga akan melanjutkan program Red Heroes ke berbagai daerah lain yang membutuhkan dan terdampak pandemi ini sesuai dengan perkembangan situasi di masa mendatang.
Amit Saberwal, CEO dan Founder RedDoorz, mengatakan bahwa Red Heroes di Jakarta merupakan bentuk kontribusi RedDoorz dalam penanganan wabah virus corona di Jakarta. Apalagi ia sadar ada tekanan yang kuat terhadap sektor kesehatan dan juga bagi tenaga medis yang menangani pandemi tersebut.
"Hal inilah yang mendasari kami dalam meluncurkan program Red Heroes di Jakarta sebagai bagian dari upaya untuk mendukung usaha pemerintah Indonesia. Situasi ini tidak akan berubah, kecuali kita dapat menyatukan upaya bersama dan menggunakan berbagai sumber daya yang kita miliki untuk melawan COVID-19," katanya.
RedDoorz Beri Penginapan Gratis Bagi Tenaga Medis yang Tangani Virus Corona (10214)
Mock up properti RedDoorz. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Selain memberikan penginapan gratis bagi tenaga medis, RedDoorz juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para pelanggan, serta karyawan hotel.
ADVERTISEMENT
Seperti menyediakan hand sanitizer di berbagai area publik di seluruh properti hotel dan meningkatkan frekuensi pembersihan serta penyemprotan disinfektan. Khususnya di area-area publik hotel, seperti lobi, lift, ruang serba guna, dan toilet.
Sebelum memberikan penginapan gratis di Jakarta, RedDoorz rupanya juga telah melakukan hal yang sama di Singapura. Platform penginapan berbiaya murah ini menyediakan kamar untuk mengisolasi diri selama 14 hari yang biayanya ditanggung oleh Kementerian Tenaga Kerja Singapura.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!